Selasa, 07 Februari 2012

IX-529 Sea Shadow, Kapal Siluman Buatan Lockheed Martin

IX-529 Sea Shadow adalah sebuah kapal siluman eksperimen yang dikembangkan dan dibangun oleh Lockheed Martin untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal siluman IX-529 Sea Shadow dibuat dan diuji coba untuk menentukan bagaimana sebuah profil radar yang rendah bisa dicapai dan untuk menguji konfigurasi hull stabilitas tinggi yang telah digunakan di kapal oseanografi.
IX-529 Sea Shadow (Foto 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
IX-529 Sea Shadow dibangun pada tahun 1985 dan digunakan dalam dinas rahasia tapi normal sampai debut publik di tahun 1993, untuk menguji penerapan teknologi siluman pada kapal angkatan laut. Selain itu, kapal itu dirancang untuk menguji penggunaan otomatisasi untuk memungkinkan pengurangan ukuran awak. Kapal itu diciptakan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), Angkatan Laut AS dan Lockheed. Sea Shadow dikembangkan di Lockheed's Redwood City, California fasilitas, di dalam Hughes Pertambangan Tongkang, yang berfungsi sebagai drydock mengambang selama konstruksi dan pengujian. Dia kadang-kadang disebut sebagai "USS Sea Shadow", namun, penunjukan ini tidak pantas karena ia tidak pernah benar-benar menugaskan sebuah kapal Angkatan Laut AS. Laut Shadow memiliki desain lambung petak. Berikut terendam air hulls kembar, masing-masing dengan baling-baling, stabilizer belakang, dan hidrofoil kapal. Bagian dari kapal atas air tersambung ke lambung melalui dua struts siku. Desain petak membantu kapal tetap stabil bahkan di air yang sangat kasar hingga laut negara 6 (gelombang tinggi 18 kaki (5,5 m) atau "sangat kasar" laut). Bentuk superstruktur kadang-kadang dibandingkan dengan penjara dari domba jantan yang kuat CSS Virginia dari Perang Saudara Amerika. Kapal-kapal oseanografi Agos T-19-dan-23-kelas mewarisi stabilizer dan metode desas-desus untuk membantu melakukan misi stabilitas sensitif mereka surveilans. Sea Shadow hanya memiliki 12 ranjang kapal, satu oven microwave kecil, lemari es dan meja. Ini tidak pernah dimaksudkan untuk misi mampu dan tidak pernah ditugaskan, meskipun ia terdaftar dalam Daftar Kapal Angkatan Laut. Laut Shadow diturunkan kepada publik pada tahun 1993, dan bertempat di San Diego Naval Station sampai dengan September 2006, ketika itu direlokasi dengan-HMB 1 ke Teluk Suisun Cadangan Armada di Benicia, CA. Kapal yang tersedia untuk sumbangan ke museum maritim. Sea Shadow adalah kerajinan tes yang dikembangkan dalam program gabungan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA), Angkatan Laut, dan Lockheed Martin Missiles and Space Company. Laut Shadow Program dimulai pada pertengahan 1980-an. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi berbagai teknologi baru untuk kapal permukaan, termasuk kontrol kapal, struktur, otomatisasi untuk berjaga berkurang, seakeeping dan kontrol tanda tangan. IX-529 Sea Shadow dibangun pada pertengahan 1980-an oleh Lockheed di Hughes Pertambangan Tongkang (HMB-1) di Redwood City, CA. Kendaraan ini 160-ft. panjang, 70-ft. lebar, menggantikan 560 ton dan memiliki draft 14 ft Ia memiliki kecepatan maksimum sekitar 13 knot dan ini didukung oleh sekrup kembar elektronik drive diesel. Kapal itu memiliki kecepatan maksimum 14 knot dan mampu beroperasi di Laut Negara 5 (sangat kasar) kondisi. Kendaraan biaya sekitar $ 50 juta untuk membangun dan program uji total sekitar $ 195.000.000 selama sekitar 10 tahun. Hal ini dimiliki oleh TNI AL dan dioperasikan oleh personel LMSC. Sea Shadow adalah platform mobilitas terbatas digunakan untuk pengujian dan penelitian teknologi kapal maju, dan bukan merupakan prototipe untuk mengikuti pada konstruksi. Sea Shadow menggabungkan Air Plane Wilayah Twin Hull Kecil (petak) bentuk lambung dengan struts miring memperpanjang bawah garis air lambung berbentuk torpedo. Desain ini memungkinkan untuk laut yang luar biasa menjaga kinerja. Sirip dipasang di bagian depan dan belakang sisi kapal dari hulls rendah memberikan kontrol permukaan untuk memutar kendaraan, menghilangkan kebutuhan untuk kemudi konvensional dan mengurangi drag. sisi miring kapal adalah perpanjangan dari strut miring, desain yang didorong oleh pertimbangan tanda tangan, hidrodinamik dan struktural. Beberapa teknologi dari Sea Shadow telah dimasukkan ke dalam kapal-kapal Angkatan Laut termasuk kontrol tanda tangan di kapal Arleigh Burke-kelas. Juga, Laut Shadow Kecil Waterplane Area Twin Hull (petak) teknologi telah dimasukkan ke dalam-, TAGOS 19 lambung kapal samudra surveilans kembar. Pada tanggal 11 April 1993 Lockheed Missiles & Space Co dan Angkatan Laut Amerika Serikat hari ini mulai menguji siang hari Laut Shadow lepas pantai California Selatan, pertama kali pesawat itu diungkapkan kepada publik. Sebelum itu, semua pengujian kapal telah dilakukan di malam hari, dengan Laut Shadow kembali ke Hughes Pertambangan Tongkang sebelum siang hari. pengujian awal diikuti konstruksi, tetapi kendaraan sudah di gudang sejak tahun 1986. Para Hughes Pertambangan Barge (HMB-1) berfungsi sebagai platform docking untuk Sea Shadow dan menyediakan suku cadang, bahan bakar dan pantai daya dukung kendaraan selama pengujian. Pada bulan Maret 1994 dan US Navy Lockheed Missile and Space Co (LMSC) mulai menguji Sea Shadow di battlegroup operasi lepas pantai California Selatan. Pengujian dirancang untuk mengeksplorasi penerapan teknologi maju berbagai permukaan termasuk kontrol kapal kapal, struktur, otomasi, laut menjaga dan kontrol tanda tangan serta beroperasi di latihan bersama dengan kapal Angkatan Laut lainnya. Pada musim gugur tahun 1994 itu menjabat untuk pertama kalinya sebagai platform uji untuk maju Sistem prototipe Combat. Prototip ini disesuaikan dengan profil menguji Sea Shadow. Prototipe yang dirancang untuk didorong oleh radar aktif, sensor pasif, dan Taktis Data Link 11 dan 16. Uji Profil didiktekan beroperasi dalam mode menerima-hanya untuk informasi trek dari Link 11, mengandalkan sensor off-board saja. data referensi ini, termasuk peta dan saluran udara komersial, telah dimuat ke dalam prototipe untuk menutupi pengujian sepanjang pantai California Selatan. Kedua Combat Sistem prototip adalah Sistem Identifikasi Otomatis Combat (ASAM) dan Aksi Taktis Advisor (TAA). ASAM dirancang sebagai alat bantu keputusan untuk secara otomatis mengidentifikasi trek udara dan permukaan berdasarkan informasi sensor dan intelijen seperti yang didefinisikan oleh operator taktis. Sistem TAA merupakan bantuan keputusan yang mendukung Taktis Aksi Officer atau Warfare Panglima dalam menentukan ancaman untuk ownship berdasarkan tanda tangan ownship, ancaman sensor dan senjata ancaman. Sistem seperti ASAM dan TAA merupakan nilai untuk berbagai platform, tetapi sangat penting ketika persyaratan misi mendikte tidak bekerjanya sensor aktif. Pengujian dan demonstrasi dari prototipe ASAM dan TAA di Laut Shadow didanai oleh ARPA sebagai bagian dari High Performance Distributed Percobaan (Hiper-D) program. Menyusul kesimpulan pengujian, IX-529 Sea Shadow dan Hughes Pertambangan Tongkang dipindahkan ke San Diego dan berlabuh di dermaga Street 32. Pada akhir tahun 1994 Sea Shadow dipertahankan dalam status-up berbaring dan homeported di Naval Station San Diego. John Douglas Charlton, sebuah Lockheed Corporation pensiunan insinyur, ditangkap pada 25 Mei 1995 untuk berusaha menjual dokumen-dokumen rahasia dihapus dari perusahaan pada saat pensiun. Menurut Asisten Jaksa AS, rencana menyangkut Sea Shadow, sebuah proyek stealth Angkatan Laut dan Proyek penahan yang berkaitan dengan tambang yang melepaskan torpedo anti-kapal. Menurut surat dakwaan spionase 10-point, Charlton mencoba menjual informasi kepada agen FBI yang menyamar sebagai perwakilan pemerintah asing.

IX-529 Sea Shadow (Foto 2) PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

IX-529 Sea Shadow (Foto 3) PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

IX-529 Sea Shadow (Foto 4) PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

IX-529 Sea Shadow (Foto 5) PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Galeri Wallpaper Foto Kapal Siluman IX-529 Sea Shadow :
Kapal ini pernah tampil dalam salah satu seri petualangan James Bond, tepatnya pada film Tomorrow Never Die. Desainnya yang sangat futuristik dan sangat berbeda dengan penampilan kapal pada umumnya, membuatnya pantas untuk menambah suasana fantastis pada film laga seperti itu. Kapal dengan penampilan aneh ini bukan sebuah property untuk kelengkapan pembuatan film petualangan agen rahasia dari Inggris itu. Kapal yang terkenal dengan julukan Sea Shadow ini memang benar-benar sudah dibuat oleh perusahaan Lockheed Martin untuk tujuan pengembangan tekhnologi stealth pada kapal perang. Pembuatannya dilaksanakan dibawah proyek rahasia militer AS. Begitu rahasianya, hingga sembilan tahun kemudian setelah uji cobanya yang pertama, publik baru mengetahui keberadaan kapal bertekhnologi canggih ini.

Sea Shadow memiliki nama asli berupa kode IX-529. Kapal ini dibangun pada pertengahan dasawarsa 1980an oleh perusahaan Lockheed Martin yang bekerja sama dengan angkatan laut AS dibawah proyek Devence Advanced Research Projects Agency (DARPA). DARPA merupakan proyek rahasia angkatan laut AS untuk pengembangan kapal tempur bertekhnologi stealth (anti radar dan deteksi elektronik lainnya). Dan IX-529 Sea Shadow adalah pilot project yang pertama untuk misi proyek ini. Setelah sembilan tahun dirahasiakan, akhirnya pada tahun 1994 kapal bertekhnologi siluman ini diketahui oleh publik. Sebenarnya keberadaannya sudah diakui oleh Pentagon pada tahun 1993, tapi masih dengan sikap yang hati-hati. Sehubungan dengan sikap seperti itu, pada tahun 1995 seorang insinyur yang ikut dipekerjakan untuk menangani kapal ini telah dituduh melakukan penjualan informasi rahasia tentang Sea Shadow dengan perantaraan seorang agen FBI yang menyamar sebagai petugas resmi dari Perancis.

Desain hull yang diterapkan pada IX-529 Sea Shadow sebenarnya sudah umum digunakan oleh beberapa kapal konvensional lainnya. Misalnya pada kapal-kapal fery yang dioperasikan oleh beberapa negara. Desain hull ini sudah digunakan lebih dari 30 tahun. Tapi tidak seekstrim seperti hull pada Sea Shadow (IX-529) ini. Ini membuat IX-529 terlihat aneh dan futuristik. Desain hull itu membuat Sea Shadow mampu menahan gelombang setinggi 18 kaki atau lebih dari lima meter. Kapal tetap dalam keadaan stabil meskipun berada di permukaan laut dengan tinggi gelombang seperti itu.

Menurut catatan yang ada, IX-529 Sea Shadow sudah mulai direncanakan pembuatannya sejak 22 Oktober 1982. Kapal ini selesai dibangun dan mulai diuji coba pada tanggal 1 Maret 1985. Kapal ini memiliki panjang 50 meter dan lebar 21 meter dengan berat keseluruhan mencapai 572 ton. Sea Shadow digerakkan oleh diesel generator yang membuatnya mampu melaju hingga kecepatan 28 knot atau setara dengan 51 kilo meter per jam. Meskipun sebagai kapal tempur eksperimental tapi Sea Shadow sama sekali tidak dilengkapi dengan senjata. Mungkin karena sifat proyeknya hanya penekanan pada desain dan penerapan tekhnologi stealth saja.

Interior IX-529 Sea Shadow sama sekali tidak menyediakan hal-hal yang menyenangkan bagi para awaknya. Tidak seperti yang digambarkan pada film James Bond yang berjudul Tomorrow Never Die itu. Dalam film itu, kapal ini digambarkan memiliki interior yang mewah. Kenyataannya di dalam kabin hanya tersedia satu buah oven microwave, sebuah lemari es, serta meja dan kursi untuk awak yang hanya berjumlah 4 orang. Memang kapal ini dikembangkan dengan tujuan pengoperasian kapal tempur dengan jumlah awak dan biaya pengoperasian seminim mungkin. Kapal dengan desain twin hull (lunas ganda) ini sekarang berada di pangkalan angkatan laut AS, Naval Station San Diego. Dan dibawah pengoperasian dari para pegawai perusahaan Lockheed Martin.

navy.mil, fas.org