Jet tempur Northrop F-5E Tiger II adalah jenis pesawat tempur ringan berkecepatan supersonik yang diproduksi oleh perusahaan Northrop, Amerika Serikat. Jet tempur Northrop F-5E Tiger II dikembangkan dari desain pesawat tempur generasi sebelumnya yaitu F-5 Freedom. Meskipun dibuat di Amerika Serikat, namun negara ini tidak pernah menggunakan Northrop F-5E Tiger II menjadi bagian dari armada tempur udaranya.
|
Northrop F-5E Tiger II (Foto 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Jet Tempur Northrop F-5E Tiger II. |
Northrop F-5E Tiger II pesawat terbang jet tempur buatan Northrop, Amerika Serikat. Pengembangan pesawat jet tempur supersonik Northrop F-5E Tiger II dimulai pada 1954 ketika sebuah tim Northrop melakukan tur Eropa dan Asia untuk memeriksa kebutuhan pertahanan negara NATO dan SEATO. Sebuah perusahaan desain 1955 studi untuk pesawat tempur supersonik ringan yang akan relatif murah, mudah untuk mempertahankan, dan mampu beroperasi dari landasan pacu pendek. Angkatan Udara awalnya tidak terlihat baik pada proposal, karena tidak perlu untuk tempur ringan. Namun, hal itu perlu seorang pelatih baru untuk menggantikan Lockheed T-33, dan pada bulan Juni tahun 1956 Angkatan Udara mengumumkan bahwa ia akan memperoleh versi pelatih, T-38 Talon. Pada tanggal 25 April 1962, Departemen Pertahanan mengumumkan bahwa mereka telah memilih pesawat untuk Program Bantuan Militer nya (MAP). NATO dan SEATO Amerika sekutu sekarang akan dapat memperoleh pesawat perang supersonik kualitas kelas dunia dengan biaya yang wajar. Pada 9 Agustus 1962 pesawat diberi sebutan resmi F-5A Freedom Fighter. Dioptimalkan untuk peran udara-ke-darat, F-5A hanya memiliki sangat terbatas udara-ke-udara kemampuan, dan tidak dilengkapi dengan radar kontrol api.
Northrop F-5E Tiger II. F-5B adalah versi dua kursi dari F-5A. Itu umumnya mirip dengan F-5A satu kursi tapi ada dua kursi tandem untuk dual tempur / pelatih tugas. Walaupun semua produksi F-5A dimaksudkan untuk PETA, pada bulan Oktober 1965, USAF "dipinjam" 12-siap tempur F-5AS dari pasokan MAP dan mengirim mereka ke Vietnem dengan Wing Fighter 4503 Taktis untuk uji layanan operasional. Program ini diberi kode nama * Skoshi Tiger "(" kecil "Tiger) dan itu selama ini perjalanan dinas yang F-5 Tiger mengambil julukan nya.. Pada tanggal 20 November 1970, masuknya Northrop dinyatakan sebagai pemenang IFA (International Pesawat Fighter) menjadi F-5A / penerus B penekanan ini berada di peran udara keunggulan bagi negara menghadapi ancaman dari lawan beroperasi akhir generasi MiG-21.. Perintah ditempatkan selama lima pengembangan dan produksi pesawat 325 Pada bulan Januari 1971., hal ini telah dipindahkan ke F-5E. Pesawat ini kemudian dikenal sebagai * Tiger II * The US Navy Fighter Senjata Sekolah (yang disebut "Top Gun" sekolah) di NAS Miramar diperoleh total sepuluh F-5Es dan tiga F-5Fs untuk pelatihan pertempuran udara berbeda. Karena karakteristik F-5, yang sama dengan MiG-21, digunakan sebagai pesawat 'agressor', melengkapi FWS dan VF- 126 NAS di Miramar, ditambah VF-43 di NAS Oceana Ketiga unit kemudian dibuang mereka Tiger IIs berpihak pada General Dynamics F-16N.. ini IIs Tiger diteruskan kepada VF-95 di Key West NAS dan VFA-127 di NAS Fallon Selama TA 1996,. VFC-13 dipindahkan dari NAS Miramar, CA, untuk NAS Fallon, NV, dan dialihkan dari 12 sampai 25 F/A-18 F-5 pesawat. penerbangan Program jam VFC-13 akan meningkat untuk mengimbangi dekomisioning dijadwalkan dari dua skuadron sisa musuh Komponen Aktif, VF-45 dan VFA-127.
Northrop F-5E Tiger II. ini transisi ke pesawat F-5 lawan akan memberikan Aktif dan Angkatan Laut Cadangan pilot dengan udara-ke-udara pelatihan tempur di tabungan yang signifikan terhadap wajib pajak Perkiraan terakhir. menunjukkan bahwa F-5 dapat dioperasikan pada sepertiga dari biaya untuk mengoperasikan sebuah F/A-18.
|
Northrop F-5E Tiger II (Foto 2). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara |
|
|
Northrop F-5E Tiger II (Foto 3). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara |
|
|
Northrop F-5E Tiger II (Foto 4). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara |
|
|
Northrop F-5E Tiger II (Foto 5). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara |
|
Galeri Wallpaper Foto Jet Tempur Northrop F-5E Tiger II :
F-5E Tiger II adalah bagian dari keluarga pesawat tempur supersonik ringan yang dirancang dan diproduksi oleh Northrop, di Amerika Serikat, sejak tahun 1960-an. Ratusan pesawat ini masih dipakai oleh berbagai angkatan udara di dunia sampai abad ke-21, dan pesawat ini juga menjadi dasar untuk pengembangan beberapa pesawat lainnnya. Produksi pesawat F-5A dan F-5E berakhir pada tahun 1972 dan 1987.
Pengembangan pesawat F-5E Tiger II ini berawal sebagai pesawat tempur ringan Northtrop yang dibiayai oleh swasta, pada tahun 1950-an. Generasi pertama F-5 Freedom mulai dipakai pada tahun 1960-an. Sampai 1972, lebih dari 800 pesawat diproduksi untuk negara sekutu Amerika Serikat pada Perang Dingin, sementara Angkatan Udara Amerika Serikat membeli sekitar 1100 pesawat.
Generasi kedua, keluarga
F-5E Tiger II, juga banyak digunakan oleh negara sekutu Amerika Serikat, dan di Amerika Serikat sendiri dipakai sebagai pesawat latih tempur. Jumlah Tiger II yang diproduksi sampai tahun 1987 mencapai 1.400 buah. Pesawat F-5 yang masih dipakai sampai tahun 1990-an dan 2000-an telah melalui banyak modifikasi pembaruan.
Pesawat ini awalnya dirancang oleh Northrop, dengan nama N-156, sebagai pesawat tempur ringan, harga rendah, dan dengan perawatan mudah. Pesawat ini dirancang untuk menggunakan mesin modifikasi dari General Electric J85, yang awalnya dibuat untuk digunakan pada pesawat kecil McDonnell ADM-20 Quail yang dibawa sebagai drone oleh pesawat pengebom B-52.
Angkatan Darat Amerika Serikat tertarik untuk menggunakan pesawat ini sebagai pesawat serang darat, namun penggunaan pesawat bersayap tetap merupakan tugas Angkatan Udara Amerika Serikat, dan Angkatan Udara AS tidak menyetujui pemakaian N-156.
Walaupun belum diterima di Angkatan Udara AS,
F-5E Tiger II ternyata sukses digunakan oleh para sekutu Amerika Serikat. Tetapi, F-5 tetap tidak digunakan oleh Amerika Serikat untuk pemakaian di garis depan. Angkatan Udara AS hanya mengadopsi T-38 Talon, versi pesawat latih dari F-5, yang menjadi pesawat latih supersonik pertama. Selain itu, pesawat ini juga menjadi dasar untuk pengembangan YF-17, yang kemudian berkembang menjadi F/A-18 Hornet.
TNI-AU juga menjadi pengguna pesawat tempur jenis F-5E Tiger II ini yang ditempatkan di kesatuan Skuadron Udara 14 yang bermarkas di Pangkalan Udara Iswahyudi, Madiun. Skuadron 14 memiliki armada 12 unit pesawat F-5E Tiger II dan 4 unit pesawat F-5F.
Spesifikasi Jet Tempur F-5E Tiger II :
Karakteristik umum
- Kru: 1
- Panjang: 47 ft 4¾ in
- Lebar sayap: 26 ft 8 in
- Tinggi: 13 ft 4½ in
- Luas sayap: 186 ft²
- Airfoil: NACA 65A004.8 root, NACA 64A004.8 tip
- Bobot kosong: 9.558 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 24.664 lb
- Mesin: 2 unit General Electric J85-GE-21B turbojet
- Zero-lift drag coefficient: 0,0200
- Drag area: 3,4 ft² (0,32 m²)
- Aspect ratio: 3,86
- Bahan bakar internal: 2.563 L
- Bahan bakar eksternal: 1.040 L per tanki eksternal
Kinerja
- Kecepatan maksimum: 917 knot (1.700 km/jam)
- Radius tempur: 760 nm
- Jarak jangkau ferri: 2.010 nm
- Batas tertinggi servis: 51.800 ft
- Laju panjat: 34.400 ft/min
- Lift-to-drag ratio: 10,0
Persenjataan
- Senjata api: 2 unit meriam Pontiac M39A2 20 mm, 280 butir/meriam
- Rudal: Total sampai 3.200 kg munisi, AIM-7 Sparrow, AIM-9 Sidewinder, AGM-65 Maverick, AIM-120 AMRAAM
- Bom: M129 Leaflet, 500 lb (225 kg) Mk82, 2.000 lb (900 kg) Mk84, CBU-24/49/52/58 munisi kluster
wikipedia.org
Video Jet Tempur F-5E Tiger II :
|
Video F-5E Tiger II |
Video manuver terbang pesawat jet tempur F-5E Tiger II. |