Cari di Blog Ini

Minggu, 26 Februari 2012

Lomba renang antar personil TNI untuk meningkatkan keterampilan para prajurit

Lomba renang antar personil TNI untuk meningkatkan keterampilan para prajurit.
Prajurit TNI Ditutut Harus Terampil Berenang

Prajurit TNI dituntut untuk menguasai keterampilan berenang. Pasalnya, keterampilan itu sangat dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan tugas, terutama bagi TNI di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) yang bertanggung jawab membina wilayah teritorial. Prajurit yang tidak menguasai keterampilan berenang diyakini akan mengalami hambatan dalam melaksanakan tugasnya. Hal itu disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0708/Purworejo, Letkol Inf Ade Adrian, dalam sambutannya saat membuka lomba renang antar personil TNI di lingkungan Kodim 0708/Purworejo di kolam renang Artha Tirta, Minggu (26/2). "Kemampuan berenang anggota harus terus diasah. Jangan sampai ada anggota yang gagal melaksanakan tugasnya hanya gara-gara tidak bisa berenang," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Dandim, aparat TNI teritorial memiliki tugas utama membina wilayahnya, termasuk juga membantu dalam penanganan kejadian-kejadian bencana. Kabupaten Purworejo sebagai salah satu daerah rawan banjir menuntut aparat TNI yang bertugas di daerah ini harus siap jika sewaktu-waktu terjadi banjir dan ditugaskan untuk menolong korban. "Di Purworejo ini banyak sungai. Sering sekali ada kejadian orang tenggelam. Anggota TNI harus siap jika sewaktu-waktu diminta bantuannya melakukan pencarian atau menolong korban tenggelam. Itulah pentingnya TNI harus terampil berenang," katanya.

Untuk mengasah kemampuan anggota TNI tersebut, sambung Dandim, pihaknya menyelenggarakan lomba renang yang diikuti 17 kelompok dari Kodim dan seluruh Koramil yang ada di Kabupaten Purworejo. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengisi minggu militer. Selain untuk mengasah keterampilan renang anggotanya, lomba renang juga bertujuan untuk pembinaan satuan. Kegiatan semacam itu akan rutin dilaksanakan. "Pola-pola pembinaan satuan seperti ini akan terus dilakukan secara rutin. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan anggota dan menunjang tugas-tugas keprajuritan yang diembannya," katanya.

www.suaramerdeka.com


Tidak ada komentar: