Nanchang Q-5 Fantan, Jet Tempur Dukungan Udara Buatan China. Dalam bahasa China pesawat tempur ini disebut: -5; Pinyin: Qiang-5; NATO Nama: Fantan, juga dikenal sebagai A-5 dalam versi ekspor, adalah Cina-dibangun jet darat-serangan pesawat berdasarkan Soviet MiG-19. Peran utamanya adalah dukungan udara dekat. RRC adalah pengguna antusias dari MiG-19, yang diproduksi secara lokal sebagai Shenyang J-6 dari 1958. |
Nanchang Q-5 Fantan (Gambar 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. |
Nanchang Q-5 Fantan (Gambar 1). |
|
|
|
|
Nanchang Q-5 Fantan, jet tempur buatan China, widescreen, wallpaper, Jet, Fighter, China, Angkatan Udara, Serbu, Pesawat Terbang. Foto, gambar, review, spesifikasi, pesawat tempur. Nanchang Q-5 (Cina: -5; Pinyin: Qiang-5; NATO Nama: Fantan), juga dikenal sebagai A-5 dalam versi ekspor, adalah Cina-dibangun jet darat-serangan pesawat berdasarkan Soviet MiG-19. Peran utamanya adalah dukungan udara dekat. RRC adalah pengguna antusias dari MiG-19, yang diproduksi secara lokal sebagai Shenyang J-6 dari 1958. Pada bulan Agustus 1958 Tentara Pembebasan Rakyat meminta pengembangan pesawat serangan jet untuk peran dukungan udara. Lu Xiaopeng diangkat desainer kepala proyek ini. Lu juga dirancang J-12 jet tempur. Meskipun berdasarkan MiG-19, desain baru, ditunjuk Qiangjiji-5 (serangan desain pesawat kelima), memiliki pesawat lagi, daerah memerintah untuk mengurangi transonik drag dan menampung 4 m (13 ft) panjang intern senjata teluk. Para intake udara dipindahkan ke sisi pesawat untuk membuat ruang di hidung untuk radar target yang direncanakan (yang tidak pernah benar-benar dipasang). Sayap baru dengan area yang lebih besar dan menyapu berkurang dimasukkan. Nanchang Q-5 Fantan saham Wopen J-6 yang Pengapuran WP-6 A (Tumansky RD-9) mesin turbojet. Mendesain ulang biaya beberapa kecepatan tinggi ketinggian, tapi Q-5 adalah sebagai cepat sebagai MiG-19/J-6 pada tingkat rendah, sebagian besar berkat pesawat daerah yang dikuasai. Tetap persenjataan dari Q-5 adalah dikurangi menjadi dua tipe 23-1 23 mm meriam dengan 100 putaran per pistol, dipasang di akar sayap. Dua tiang bawah setiap sayap dan dua pasang tiang tandem bawah mesin disediakan di samping teluk senjata. Sebanyak 1.000 kg (£ 2205) persenjataan bisa dilakukan secara internal, dengan 1.000 kg tambahan eksternal. Pada banyak pesawat teluk senjata sekarang digunakan terutama untuk tangki bahan bakar tambahan. Prototipe pertama selesai pada tahun 1960, namun iklim politik di Cina mengakibatkan proyek yang dibatalkan pada tahun 1961. Sebuah tim kecil tetap hidup sampai program itu dibuka kembali pada tahun 1963, ketika produksi dialihkan ke Nanchang. Penerbangan pertama akhirnya terjadi pada tanggal 4 Juni 1965. Seri produksi dimulai pada tahun 1969, dengan pengiriman dimulai pada tahun 1970 skuadron. Sekitar 1.000 pesawat yang diproduksi, 600 dari mereka menjadi diperbarui Q-5A. Sejumlah kecil, mungkin beberapa lusin, Q-5As yang dimodifikasi untuk membawa senjata nuklir; ini diyakini mempertahankan senjata teluk internal mereka. Sebuah jangka panjang Q-5i, diperkenalkan pada tahun 1983, menambahkan tangki bahan bakar bukan teluk senjata kompensasi internal, untuk itu dengan ketentuan dari dua tiang underwing tambahan. Beberapa pesawat ini melayani dengan Angkatan Laut PLA, dan rupanya telah dilengkapi dengan radar untuk memandu rudal anti kapal. Minor upgrade berikutnya termasuk Q-5IA, dengan sistem senjata / bom penampakan baru dan avionik, dan Q-5II, dengan penerima radar peringatan (RWR). Pada 1980-an, 'Fantan' diekspor ke negara-negara seperti Pakistan, Bangladesh, Myanmar dan Korea Utara, dan sering dikenal sebagai A-5 di negara-negara. Rencana untuk Q-5/A-5 ditingkatkan dengan peralatan Barat dan baru navigasi dan serangan (nav / menyerang) sistem sebagian besar dibatalkan menyusul protes Lapangan Tiananmen tahun 1989, namun 'Fantan' terus dalam pelayanan. Ini adalah pesawat ringan yang mampu menyerang, meskipun navigasi terbatas dan senjata-sistem pengiriman lebih rendah untuk pesawat yang lebih modern. Dalam beberapa tahun terakhir, PLAAF telah mulai dengan bidang model-model baru dari Q-5, yang menggabungkan beberapa teknologi yang dikembangkan selama 5M dibatalkan Q-dan Q-5K proyek. Q-5 memperkenalkan hidung-mount Laser pengintai, dan penanda laser juga kemungkinan akan dipasang sejak pesawat dikatakan dapat memberikan dipandu laser bom. Varian Q-5A diyakini mampu memberikan amunisi nuklir. Q-5D adalah upgrade dengan avionik baru, termasuk HUD dan sistem navigasi baru. Q-5E dan Q-5F model dilaporkan sedang dikerjakan, meskipun sedikit yang diketahui tentang mereka saat ini. Salah satu dari mereka berpotensi menjadi baru dua tempat duduk yang telah terlihat di beberapa foto, meskipun dua-seater tahan penunjukan Q-5J. Nanchang Q-5 Fantan [Qiang-5 Serang-5, versi ekspor yang ditunjuk A-5] adalah kursi tunggal, kembar-mesin tempur supersonik yang dikembangkan oleh Aircraft Company Nanchang Cina. Ini menawarkan kinerja memerangi peningkatan terutama pada ketinggian rendah dan super-rendah. Ini adalah jenis direnovasi terbaru yang dilengkapi dengan navigasi yang diimpor dan sistem serangan. Hal ini digunakan terutama untuk membantu pasukan darat menyerang target terkonsentrasi di darat, transportasi poin kunci dan kapal dekat pantai. Hal ini juga dapat mencegat dan melawan pesawat musuh. Ini memiliki dua WP-6 setelah pembakaran mesin jenis turbojet, sebuah pesawat 15,65 meter, tinggi 4,33 meter, dan lebar sayap 9,68 meter. Beban lepas landas maksimum 11.300 kg adalah. Ini membawa meriam di setiap sayap, dipasang di dekat pesawat, dan dapat diisi dengan udara untuk senjata udara. Hal ini dapat membawa bom dan tabung dalam cengkeramannya dan berbagai jenis bom, roket dan tangki bahan bakar cadangan di rak bawah sayapnya. Ini turunan dari pesawat tempur J-6 berasal pada bulan Agustus 1958 sebagai proposal desain Shenyang. Reponsibility ditugaskan ke Nanchang. Program prototipe dibatalkan tahun 1961, namun tetap hidup dengan tim kecil dan kembali resmi 1963. Penerbangan pertama datang pada 04 Juni 1965, dengan sertifikat desain awal diberikan dan preproducton bets resmi akhir 1965. Modifikasi lebih lanjut ditemukan yang diperlukan, yang mengarah ke uji terbang dua prototipe dimodifikasi banyak dari Oktober 1969. Seri produksi telah disetujui pada akhir tahun 1969, dengan pengiriman dimulai 1970. Sebanyak sekitar 1.000 pesawat dibangun, yang hampir 600 adalah varian Q-5A ditingkatkan. Jumlah kecil, mungkin beberapa lusin, dari Q-5As yang dimodifikasi untuk membawa senjata nuklir. PLAAF peralatan kepemilikan telah membaik secara perlahan, terhambat oleh kebutuhan untuk mata uang keras, karena sebagian besar upgrade peralatan Cina membutuhkan bantuan asing. Upgrade dari Q-5 pusat pesawat pada penambahan bimbingan inersia Perancis dan sistem serangan, termasuk menampilkan kepala-up dan laser range-finder. Sebagai Qiang-5 telah dilengkapi dengan laser-mulai sensor, akurasi mogok tersebut telah sangat ditingkatkan. Para ALR-1 laser mulai sensor dan kepala-up laser mulai kebakaran sistem kontrol, yang terdiri dari layar tipe baru kepala-up dan udara data komputer, keduanya memiliki komputer terus menerus point-of-dampak fungsi. Kisaran dari ALR-1 laser sensor mulai 20-10,000 meter dan ketepatan jangkauan adalah 5 meter. Kinerja secara keseluruhan secara kasar setara dengan yang dari 105D Inggris dan TMV Prancis tahun 1980-an. Sayap pertengahan terpasang, tajam menyapu kembali, dan meruncing dengan tips tumpul dan pagar sayap. Dua turbojet terletak di dalam tubuh dengan intake udara berbentuk setengah lingkaran dan dua knalpot. Pesawat tebal, diratakan, dengan lancip ke atas ke bagian belakang. Flat ekor tinggi dipasang pada tubuh, menyapu kembali, dan meruncing dengan tips persegi. Yang tajam menyapu kembali sirip ekor memiliki ujung tumpul. Q-5 secara umum merupakan pengembangan Cina pribumi berasal dari Soviet MiG-19. Pendek untuk Qiangjiji-5 (serangan pesawat 5), ketik dibangun dalam jumlah besar dan numerik tetap menjadi salah satu pesawat paling penting dalam persenjataan Cina. Nanchang Q-5 Fantan tanggal kembali ke 1950-an untuk kebutuhan pesawat dekat dukungan supersonik dengan kemampuan tempur udara sekunder. Meskipun dibatalkan pada tahun 1961, proyek ini kembali muncul setelah tahap pembangunan yang berkepanjangan dan akhirnya memasuki produksi pada akhir tahun 1960-an. Sementara eksternal mirip dengan MiG-19 dan Cina J-6, Q-5 adalah pesawat yang lebih baik. Sayap dan belakang pesawat tidak berubah, tetapi pesawat maju benar-benar baru memiliki dua inlet mesin terpecah setiap sisi hidung. Baru inlet ruang bebas untuk menunjuk hidung baru menampung sebuah radar serangan. Pesawat baru ini juga sempit, sesuai dengan aturan daerah-untuk pengurangan drag transonik, dan membentang untuk membuat ruang untuk sebuah teluk senjata diperbesar internal dan bahan bakar tambahan. Pada awal 1990-an, sekitar 1.000 contoh dari Q-5 telah dibangun untuk Angkatan Udara dan Angkatan Laut Cina. Ekspor A-5 varian juga telah diberikan ke Pakistan dan Bangladesh. Nanchang telah berhasil dikembangkan dan dijual versi upgrade avionik tambahan yang menampilkan lebih maju dengan bantuan perusahaan elektronik Barat. Meskipun yang berbasis pada teknologi usang, kesederhanaan, kekasaran, dan biaya rendah dari Q-5 membuatnya menarik bagi banyak angkatan udara. Q-5 model produksi Pertama dengan bom teluk internal yang Q-5 saya Perpanjangan model berkisar dengan teluk bom digantikan oleh tangki bahan bakar tambahan untuk muatan yang lebih besar dan kemampuan jangkauan, juga dilengkapi dengan mesin baru dan modifikasi kecil lainnya, beberapa dikirim ke Cina Angkatan Laut dengan radar hidung dan kemampuan untuk membawa torpedo atau C-801 rudal anti-kapal Q-5 IA Peningkatan Q-5 saya model dengan dua tiang underwing tambahan, peningkatan muatan, senjata sistem baru bertujuan, tekanan fasilitas pengisian bahan bakar, dan meningkatkan penanggulangan sistem Q-5 II atau Q-5B Q-5 pesawat saya dipasang dengan penerima radar peringatan dari Q-5 IA, juga dapat dilengkapi dengan radar mulai, seorang pengintai laser dan sistem penunjukan untuk digunakan dengan laser-dipandu senjata, HUD, komputer misi baru, dan penanggulangan elektronik ditingkatkan Q-5 III versi Upgraded dari Q-5 saya dengan lebih avionik Barat A-5C mampu (Q-5 III) Ekspor versi Q-5 III dengan lebih avionik Barat mampu dan kemampuan untuk menembak AIM-9 Sidewinder udara-ke-udara rudal, dibeli oleh Pakistan dan Bangladesh Q-5K Upgrade versi berbasis pada Q-5 II menampilkan avionik Barat seperti pengintai laser, INS, dan HUD Sistem dari Thomson-CSF A-5K Kong Yun Ekspor berdasarkan versi Q-5K menampilkan avionik Barat, tidak memasuki produksi Q-5M model yang dikembangkan dengan Alenia Upgrade dan menggabungkan suite avionik dari serangan tempur AMX, juga dilengkapi mesin yang lebih kuat dan dua cantelan tambahan A-5M ekspor Upgrade versi Q-5M, dibeli oleh Myanmar. Para MiG-19/J-6 menjadi titik awal, tapi desain baru, ditunjuk Qiang-5 (desain serangan kelima), memiliki pesawat lagi, daerah memutuskan untuk mengurangi transonik drag dan menampung 4 m (13 ft) panjang internal yang senjata teluk. Para intake udara dipindahkan ke sisi pesawat untuk membuat ruang di hidung untuk radar target yang direncanakan (yang tidak pernah benar-benar dipasang). Sayap baru dengan area yang lebih besar dan menyapu berkurang dimasukkan. Nanchang Q-5 Fantan saham J-6 yang Pengapuran Wopen-6A (Tumansky R-9) turbojet engine. Mendesain ulang biaya beberapa kecepatan tinggi ketinggian, tapi Q-5 adalah sebagai cepat sebagai MiG-19/J-6 pada tingkat rendah, sebagian besar berkat pesawat daerah yang dikuasai. Tetap persenjataan dari Q-5 adalah dikurangi menjadi dua tipe 23-1 23 mm meriam dengan 100 putaran per pistol, dipasang di akar sayap. Dua tiang bawah setiap sayap dan dua pasang tiang tandem bawah mesin disediakan di samping teluk senjata. Sebanyak 1.000 kg (£ 2205) persenjataan bisa dilakukan secara internal, dengan 1.000 kg tambahan eksternal. Pada banyak pesawat teluk senjata sekarang digunakan terutama untuk tangki bahan bakar tambahan. Sekitar 1.000 pesawat yang diproduksi, 600 dari mereka menjadi diperbarui Q-5A. Sejumlah kecil, mungkin beberapa lusin, Q-5As yang dimodifikasi untuk membawa senjata nuklir; ini diyakini mempertahankan senjata teluk internal mereka. Sebuah jangka panjang Q-5i, diperkenalkan pada tahun 1983, menambahkan tangki bahan bakar bukan teluk senjata kompensasi internal, untuk itu dengan ketentuan dari dua tiang underwing tambahan. Beberapa pesawat ini melayani dengan Angkatan Laut PLA, dan rupanya telah dilengkapi dengan radar untuk memandu rudal anti kapal. Mereka juga bisa drop torpedo. Minor upgrade berikutnya termasuk Q-5IA, dengan sistem senjata / bom penampakan baru dan avionik, dan Q-5II, dengan penerima radar peringatan (RWR). Rencana untuk Q-5/A-5 ditingkatkan dengan peralatan Barat dan baru navigasi dan serangan (nav / menyerang) sistem sebagian besar dibatalkan menyusul protes Lapangan Tiananmen tahun 1989, namun 'Fantan' terus dalam pelayanan. Ini adalah pesawat ringan yang mampu menyerang, meskipun navigasi terbatas dan senjata-sistem pengiriman lebih rendah untuk pesawat yang lebih modern. Dalam beberapa tahun terakhir lebih, PLAAF telah mulai bidang model-model baru dari Q-5, yang mengambil dalam beberapa teknologi yang mempelajari tentang selama 5M dibatalkan Q-dan Q-5K proyek. Q-5 memperkenalkan hidung-mount Laser pengintai, dan penanda laser juga kemungkinan akan dipasang karena fakta bahwa pesawat tersebut dikatakan dapat memberikan dipandu laser bombs.It juga diyakini mampu memberikan amunisi nuklir. Q-5D juga memiliki avionik baru, termasuk HUD dan sistem navigasi baru. Q-5E dan Q-5F juga dua model yang dilaporkan sedang dikerjakan, meskipun sedikit yang diketahui tentang mereka saat ini. Salah satu dari mereka berpotensi menjadi baru dua tempat duduk yang telah dilihat dalam beberapa photogra. RRC adalah pengguna antusias dari MiG-19, yang diproduksi secara lokal sebagai Shenyang J-6 dimulai pada tahun 1958. Pada bulan Agustus 1958 Tentara Pembebasan Rakyat meminta pengembangan pesawat serangan jet untuk peran dukungan udara. Prototipe pertama selesai pada tahun 1960, namun situasi politik Cina mengakibatkan proyek yang dibatalkan pada tahun 1961. Sebuah tim kecil menyimpannya hidup sampai itu dibuka kembali pada tahun 1963, ketika produksi dialihkan ke Nanchang. Penerbangan pertama akhirnya terjadi pada tanggal 4 Juni 1965. Seri produksi dimulai pada tahun 1969, dengan pengiriman dimulai pada tahun 1970 skuadron. Pada 1980-an, Nanchang Q-5 Fantan diekspor ke negara-negara seperti Pakistan, Bangladesh, Myanmar dan Korea Utara, dan sering dikenal sebagai A-5 di negara-negara.
Nama : Nanchang Q-5 FantanProdusen : Nanchang (China)
Type : Jet tempur dukungan udara
Penerbangan Perdana : 4 Juni 1965
Publikasi Perdana : 1970
Spesifikasi Jet Tempur Nanchang Q-5 Fantan :
Karakteristik Umum :
- Crew : 1
- Panjang : 15,65 m
- Lebar Bentangan Sayap : 9,68 m
- Tinggi : 4,33 m
- Luas Area Sayap : 27,95 m²
- Berat Kosong : 6.375 kg
- Berat Terisi : 9.486 kg
- Maksimum Berat Lepas-Landas : 11.830 kg
- Mesin Pendorong : 2 Unit Liming Wopen-6A turbojets
- Kecepatan Maksimum : Mach 1.12 (653 knots, 752 mph)
- Jarak Jangkau : 2.000 km
- Radius Tempur : 600 km
- Service ceiling : 16.500 m
- Kecepatan Panjat : 103 m/detik
- Daya Angkat Sayap : 423,3 kg/m²
- Dorongan/Berat : 0,63
- Senapan Mesin : 2 Unit Cannon Norinco Type 23-2K kaliber 23 mm dengan 100 putaran
- Hardpoint : 10 (4 dibawah badan pesawat dan 6 dibawah sayap) dengan total kapasitas 2.000 kg
- Roket : 57 mm, 90 mm, 130 mm
- Rudal : PL-2, PL-5, PL-7
- Bom : 50 kg, 150 kg, 250 kg, 500 kg bom tak berpandu, BL755,Matra Durandal