Cari di Blog Ini

Kamis, 27 Desember 2012

AS Umumkan Rencana Penjualan Pesawat UAV Global Hawk Kepada Korea Selatan

RQ-4 Global Hawk
RQ-4 Global Hawk adalah pesawat UAV pengintai canggih yang akan dijual AS kepada Korea Selatan untuk mengantisipasi serangan militer dari Korea Utara. Korea Selatan akan menjadi negara ketiga selain AS dan Jerman yang mengoperasikan pesawat UAV RQ-4 Global Hawk yang mampu terbang selama 28 jam non-stop pada ketinggian 18.288 meter ini. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | AS Umumkan Rencana Penjualan Pesawat UAV Global Hawk Kepada Korea Selatan.
Amerika Jual Pesawat Tak Berawak ke Korsel

Pemerintahan Obama telah dengan resmi mengusulkan penjualan pesawat mata-mata tak berawak kepada Korea Selatan, dalam usaha untuk memperkuat kemampuan pemerintah Seoul melindungi diri terhadap serangan Korea Utara yang mempunyai angkatan bersenjata yang sangat besar itu.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Amerika mengatakan dalam pernyataan bahwa badan itu telah dengan resmi memberitahu Kongres mengenai rencana penjualan $1,2 miliar pesawat tak berawak Global Hawk yang terbang tinggi serta pelatihan dan dukungan logistik. Para analis mengatakan Kongres kemungkinan besar akan menyetujuinya.

Korea Selatan direncanakan akan mengambil-alih wewenang atas pasukannya dari Amerika Serikat tahun 2015, dan badan keamanan tadi mengatakan Seoul tidak akan mempunyai kesulitan menyerap sistem wewenang baru itu ke dalam angkatan bersenjatanya. Sistem wewenang Amerika yang berlaku sekarang berasal dari peranan Amerika dalam perang Korea tahun 1950-1953, yang menghentikan serbuan Korea Utara untuk merebut kekuasaan atas Selatan.

Pesawat tak berawak Global Hawk, dengan radarnya yang menembus awan, membawa kamera digital resolusi-tinggi dan pengindera infra-merah. Pesawat itu kabarnya mampu mendeteksi benda yang panjangnya kurang dari 30 centimeter dari ketinggian kira-kira 20 kilometer.

www.voaindonesia.com