Cari di Blog Ini

Kamis, 13 Desember 2012

Yak-141 Freestyle, Jet Tempur Berteknologi VTOL Buatan Rusia

Yakovlev Yak-141 Freestyle adalah pesawat jet tempur berkecepatan supersonik yang memiliki kemampuan lepas-landas dan mendarat secara vertikal (VTOL: Vertical Take-Off and Landing). Jet tempur ini dirancang oleh perusahaan Yakovlev, Rusia yang waktu itu masih berbentuk Uni Soviet. Oleh beberapa kalangan, pesawat ini hanya disebut dengan nama Yak-41 saja. Pihak NATO menyebutnya dengan nama Freestyle dalam laporannya.

Yak-141 Freestyle (Gambar 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Yak-141 Freestyle (Gambar 1).

Yak-141 Freestyle (Gambar 2). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Gambar 2.

Yak-141 Freestyle (Gambar 3). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Gambar 3.

Yak-141 Freestyle (Gambar 4). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Gambar 4.

Yak-141 Freestyle (Gambar 5). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Gambar 5.
Yak-141 Freestyle, jet tempur berteknologi VTOL buatan Rusia, Yakovlev, Jet Tempur, Soviet, Angkatan Udara, pesawat terbang, serbu. Foto, gambar, wallpaper, spesifikasi, manuver. Yak-141 Yakovlev (NATO melaporkan nama Freestyle), juga dikenal sebagai Yak-41, adalah supersonik vertikal lepas landas / mendarat (VTOL) pesawat tempur yang dirancang oleh Yakolev. Itu tidak masuk produksi. Yakovlev Yak selalu percaya-38 menjadi pesawat sementara, dikembangkan untuk mendapatkan pengalaman merancang dan mengembangkan pesawat VTOL militer. Bahkan sebelum pengenalan Yak-38 itu, Angkatan Laut Soviet diinginkan pesawat yang lebih komprehensif, dengan kemampuan lebih besar dari Yak-38 yang ditawarkan. Hasilnya adalah desain kontrak yang ditawarkan kepada Yakovlev pada tahun 1975 tanpa kompetisi apapun. Persyaratannya adalah untuk pesawat dengan hanya satu misi: pertahanan udara armada. Berbeda dengan Yak-38, pesawat ini adalah untuk memiliki berkelanjutan kecepatan supersonik. Manuver, radar dan senjata beban diharapkan akan sama dengan arus pejuang garis depan. Untuk Angkatan Laut Soviet pesawat ini adalah untuk menjadi generasi berikutnya mereka tempur VTOL. Untuk pesawat Yakovlev dipandang sebagai cara untuk kembali ke pesawat tempur Soviet merancang. Karena pentingnya dan kompleksitas proyek, Alexander Yakovlev Sergeyevich ditugaskan sebagian besar OKB kepada pengembangan tempur VTOL baru, dengan tidak kurang dari sepuluh insinyur kepala bekerja secara bersamaan pada apa yang disebut "Produk 48" (militer telah ditunjuk itu Yakovlev Yak-141 Freestyle). Lebih dari lima puluh desain dipelajari. Satu masalah utama adalah merancang pesawat terbang dengan kedua dorong vectoring dan afterburner, yang penting untuk kecepatan supersonik berkelanjutan. Sebuah desain mesin twin-dianggap, namun ditinggalkan sebagai hilangnya mesin mendarat akan menghasilkan roll langsung ke samping. Akhirnya diputuskan bahwa pengaturan terbaik adalah nozzle vectoring tunggal yang terletak tepat di belakang pusat gravitasi, serta dorong jet yang berdedikasi vertikal diposisikan tepat di belakang kokpit. Sejumlah besar waktu yang dihabiskan dalam pengembangan nozzle, datar persegi panjang mirip dengan yang kemudian digunakan pada F-22 Raptor Amerika. Seperti nozzle terbukti cocok untuk perubahan konfigurasi yang diperlukan untuk kedua vectoring thrust dan penerbangan supersonik, dan diperbolehkan untuk ekor, tipis dangkal. Pada akhirnya, nosel melingkar digunakan, terletak di antara booming kembar mendukung ekor bersirip kembar. Bagian yang akan mengalami panas berlebihan dari mesin saat mendarat yang diproduksi dari titanium, dan tidak kurang dari 26% dari keseluruhan pesawat itu akan diproduksi dari bahan grafit atau komposit. Karena panas build-up, melayang dibatasi tidak lebih dari 2 menit ½. Semua tiga mesin dikendalikan melalui sistem digital saling terkait, yang mampu mengendalikan baik mesin start-up serta modulasi dorongan dari semua tiga mesin saat mendarat dan melayang penerbangan. Reaksi jet kembar tandem kontrol diletakkan pada ujung sayap, sementara jet yaw berputar diposisikan di bawah hidung. Kokpit bertekanan dan ber-AC. Kanopi kecil antipeluru di depan. Ini berengsel ke kanan, tetapi karena tulang belakang punggung lama tidak memiliki visi belakang. Kursi ejeksi secara otomatis bersenjata segera setelah duktus mesin diputar terakhir 30 derajat dengan kecepatan udara kurang dari 300 km / h (186 mph). Instrumentasi dalam prototipe sederhana dan mirip dengan yang sebelumnya direncanakan untuk Yak-36M. Versi produksi telah dilengkapi dengan avionik yang luas dan suite senjata termasuk doppler radar, laser TV mulai dan bertujuan, serta kepala-up display multifungsi (HUD) yang bekerja dalam kaitannya dengan sistem rudal helm-mount bertujuan seperti yang ditemukan pada Mikoyan MiG-29. Sistem ini memungkinkan pilot untuk mengunci ke sebuah pesawat musuh dengan memutar kepalanya sejauh 80 derajat dari depan. Undercarriage itu sepeda roda tiga, dan dilengkapi dengan multi-disc terbaru, rem anti-selip. Roda hidung steerable ditarik kembali ke belakang, sementara peralatan utama ditarik ke depan. Sayap atas dipasang mirip dengan Yakovlev Yak dari-36, meskipun panel luar menyapu kembali, dan dapat dilipat untuk penyimpanan kapal. Mesin utama dilayani oleh empat sisi-mount saluran serta deretan louver besar sepanjang permukaan atas untuk memungkinkan udara masuk mesin selama kekuatan penuh melayang. Mesin ini adalah R-79V-300, dua-poros ditambah turbofan dengan rasio bypass dari 1. Maksimum adalah 14.000 kg dorong (£ 30.864). Nosel belakang bisa memutar dari 0 derajat sampai 95 derajat untuk mendarat VTOL dan melayang. Dua mesin angkat adalah desain RD-41, mesin tunggal-poros sederhana yang terbuat sebagian besar dari titanium. Masing-masing memiliki 4.100 kg dorong (£ 9040). Mesin dipasang di belakang kokpit pada sudut 85 derajat. Seperti Yak-38, mesin menerima udara melalui delapan semi-dioperasikan flaps punggung, dan knalpot keluar melalui lubang perut ditutupi oleh dua pintu perut. Yakovlev memperoleh dana untuk empat prototipe. Yang pertama (48-0, dengan tidak ada callsign) adalah badan pesawat kosong untuk pengujian statis dan kelelahan. Yang kedua (48-1, panggilan tanda "48") adalah sebuah testbed powerplant non-terbang. Ketiga dan keempat (48-2 dan 48-3, panggilan tanda-tanda "75" dan "77") adalah untuk uji penerbangan. Sementara 48-1 tetap dicat, 48-2 dan 48-3 dicat abu-abu secara keseluruhan, dengan radome hitam dan topi antena sirip. Penerbangan konvensional pertama, menggunakan 48-2, berlangsung di Zhukovskii pada 9 Maret 1987, dengan tes pilot Sinitsyn utama di kontrol. Dia membuat penerbangan melayang pertama pada 29 Desember 1989 terbang 48-3, dan menggunakan pesawat yang sama untuk membuat transisi lengkap pertama dari penerbangan vertikal ke kecepatan tinggi dan mendarat vertikal pada tanggal 13 Juni 1990. Dari April 1991, berbagai jenis bergulir lepas landas dan pendaratan berjalan-on dilakukan pada landasan pacu normal dan juga "ski-melompat" landai di pusat jet lift di Saky. Sepanjang pengujian pesawat itu ditemukan untuk menunjukkan manuver tempur yang sangat baik. Kepala uji coba Sinitsyn melanjutkan untuk mengatur dua belas rekor dunia kelas baru, tetapi sebagai Yak-141 Freestyle sebutan diklasifikasikan, catatan diajukan dengan nama fiktif "Yak-141". Akibatnya, pesawat tidak diketahui sebelumnya kemudian dikenal di barat sebagai "Yak-141 Freestyle". Pada tahun 1992, Yakovlev dicat ulang kedua pesawat terbang dalam penyamaran zaitun / abu-abu, dengan lencana tricolor Rusia, dan dicat "141" putih di pesawat baik di tempat mereka sebelumnya tanda-tanda panggilan, "75" dan 77 ". Para Yak-141 ( sebelumnya Yak-41) awalnya dimaksudkan untuk menggantikan Yak-38 untuk pertahanan udara dari operator kelas Kiev / kapal penjelajah, dengan kemampuan serangan sekunder. Dirancang untuk operasi carrier-borne sebagai interceptor udara, pertempuran udara dekat, maritim dan tanah pesawat serangan, Yak-141 memiliki radar multi-mode yang sama dengan MiG-29, meskipun dengan sedikit lebih kecil antena yang ditempatkan di radome hidung. Ini fitur tripleks digital otoritas penuh terbang-oleh-kawat sistem. Para Yak-141 terus sebelumnya Soviet V / prinsip STOL, menggabungkan lift dan jet propulsi dengan dua pesawat jet dipasang lift di tandem di belakang kokpit, dengan daya jelajah yang disediakan oleh Tumansky tunggal R-79 mesin jet R-79 memiliki nosel angkat / pesiar belakang yang membelokkan ke bawah. untuk take-off sementara dua mesin angkat telah vektor belakang yang sesuai untuk memastikan stabilitas badan pesawat tersebut membuat ekstensif menggunakan bahan komposit,. dengan sekitar 28 persen berat terbuat dari serat karbon, terutama dalam perakitan ekor, sedangkan sisa struktur adalah paduan aluminium lithium terutama. Proyek ini dimulai pada tahun 1975, tapi ditunda oleh kendala keuangan serta pengembangan berlarut-larut dari mesin, yang berarti prototipe tidak terbang sampai Maret 1989. Program pembangunan dibatalkan karena pemutusan Departemen Pertahanan pendanaan. Yakolev OKB terus disempurnakan bentuk pembangunan di darat memerangi dan laut pesawat. Empat prototipe dibangun, dua terus dalam pengujian penerbangan hingga 1995, dengan dua lainnya digunakan untuk mesin dan pengujian struktural. Untuk memfasilitasi penjualan Yak-141, Yeltsin telah mengeluarkan dekrit yang memungkinkan perjanjian tri-atau quadripartite dengan sejumlah organisasi yang tertarik di Amerika Latin dan Asia Negara Asal Rusia Yakovlev Builder Peran pertahanan udara Pesawat Mirip Span 33ft 1 1/2in (10.105m);. dilipat, 19ft 4 1 / 4in (5.9m) sayap wilayah 341.56ft (2) (31.7m (2)) panjang keseluruhan 60ft 2 3/4in (18.36m) tinggi 16ft 4 1/4in (5m) roda trek Loin 9 kaki (3m) wheel base 22ft 9 1/4in (6.945m) tailplane rentang 19ft 4 1/4in (5.9m) Berat £ 25.684 (11.650 kg) kosong, dilengkapi £ 34.833 (15.800 kg) VTO max take-off berat £ 42.990 (19.500 kg) STO max mengambil- Beban berat dari £ 2.204 (1, OOOkg) VTO maks 5.732 lb beban eksternal (2.600 kg) STO maks 3.858 lb beban eksternal (1.750 kg) bahan bakar eksternal maks 30 mm Persenjataan meriam AA-10 Alamo radar jarak menengah AAM AA- 11 Archer shortrange bom rudal dipandu IR-roket terarah membatasi bahan bakar load factor 50%, 7g. Akomodasi percontohan tunggal di Power Zvezda K36V roket-nol-nol meningkatkan ejeksi kursi. Tanaman Satu Kobchenko / Soyuz R-79-300-dorong vektor angkat / turbofan pesiar berkembang £ 34.170 (15.500 kg) dengan afterburning untuk konvensional take-off, atau 23,148.5 lb (10.500 kg) kering, ditambah dua Rybinsk RD-41 turbofan engine mengangkat masing-masing dinilai pada 9.039 lb maksimum (4.100 kg) Max internal yang kapasitas bahan bakar £ 9.700 (4.400 kg) Kecepatan maksimum 675 kts (1.250 km / jam) Max tingkat kecepatan, permukaan laut 971 kts (1.800 km / jam) pada 36.089 kaki (11, OOOm) M = 1,8 Mach dicapai maks nomor tingkat memanjat vertikal 49.213 ft / menit (250m/sec) layanan langit-langit lebih dari 49.000 kaki (15.000 m +) memerangi radius 351nm (650km) VTO kisaran di permukaan laut, tidak ada senjata eksternal 372nm (690km) dengan £ 4.409 (2.000 kg) senjata beban dan take-off menjalankan 394ft (120m) 755nm (1.400 km) di 32,808-39,370 (10-12,000 m) ft 1.133 nm (2.100 km) max jangkauan, dengan bahan bakar eksternal dan pendek take-off 755nm (1.400 km) dengan lepas landas vertikal dan bahan bakar internal Yakovlev Yak-141 Freestyle. memiliki radar sama dengan Mig-31, dengan tampilan yang mirip bawah capbility menembak jatuh F-35 memiliki keuntungan dari stealth,. tapi YAK-141 tidak banyak secara keseluruhan telah highera keunggulan kecepatan F-35 kemungkinan besar lebih Agility mahal tidak diketahui. Para Yak-141 (sebelumnya Yak-41) awalnya dimaksudkan untuk menggantikan Yak-38 untuk pertahanan udara dari operator kelas Kiev / kapal penjelajah, dengan kemampuan serangan sekunder. Dirancang untuk operasi carrier-borne sebagai interceptor udara, tutup memerangi udara, maritim dan pesawat serangan darat, yang Yak-141 memiliki radar multi-mode yang sama dengan MiG-29, meskipun dengan sedikit lebih kecil antena yang ditempatkan di radome hidung. Ini fitur berupa triplex fly otoritas penuh-by-wire sistem. Para Yak-141 terus sebelumnya Soviet V / STOL prinsip, menggabungkan lift dan jet propulsi dengan dua pesawat jet angkat dipasang di tandem di belakang kokpit, dengan daya jelajah yang disediakan oleh Tumansky tunggal R-79 mesin jet. R-79 memiliki nosel angkat / pesiar belakang yang membelokkan bawah untuk take-off sementara dua mesin angkat telah vektor belakang yang sesuai untuk memastikan stabilitas badan pesawat tersebut membuat ekstensif menggunakan bahan komposit,. dengan sekitar 28 persen berat terbuat dari serat karbon, terutama di perakitan ekor, sementara sisanya struktur adalah paduan aluminium lithium terutama. Proyek ini dimulai pada tahun 1975, tapi ditunda oleh kendala keuangan serta pengembangan berlarut-larut dari mesin, yang berarti prototipe tidak terbang sampai Maret 1989. ini Program pembangunan dibatalkan karena penghentian dana Departemen Pertahanan. Yakolev OKB terus pembangunan di bentuk olahan memerangi berbasis lahan dan laut pesawat. Empat prototipe dibangun, dua terus dalam pengujian penerbangan hingga 1995, dengan dua lainnya digunakan untuk mesin dan pengujian struktural Untuk memfasilitasi penjualan Yak-141,. Yeltsin telah mengeluarkan dekrit yang memungkinkan perjanjian tri-atau quadripartite dengan sejumlah organisasi yang tertarik di Amerika Latin dan Asia. Kemampuan F-35 untuk memenangkan keterlibatan udara-ke-udara menarik perhatian meningkat sebagai militer AS dan fokus industri termasuk memperluas basis pelanggan Joint Strike Fighter di luar negara-negara inti pembelian. Selama bertahun-tahun, perdana kontraktor Lockheed Martin sepertinya puas untuk mempromosikan "pemogokan tempur" F-35 itu kemampuan, jika hanya untuk menghindari bersaing lainnya tempur utama program, F-22 Raptor Tapi dengan F-22 tidak ekspor, Lockheed Martin tampaknya ingin bicara hingga udara F-35 itu keterampilan tempur untuk meningkatkan peluang untuk baru penjualan militer asing -. yaitu ke Jepang, Turki dan Yunani Kontraktor memberitahu Aviation Week bahwa kombinasi JSF dari siluman, kesadaran situasional multisensor, maju percontohan-mesin interface dan kinerja aeromechanical dasar membuat sebuah pesawat tempur kredibel juga.. Itu adalah kunci untuk pelanggan beberapa lainnya, yang tidak mampu sehingga -disebut tinggi-rendah tempur campuran pada mana pasukan AS, Inggris dan Italia udara perencanaan Tapi Lockheed Martin adalah memfokuskan sebagian besar pada perjuangan melampaui jarak visual, dengan rentang lebih dari 18 naut. mil.. bahwa eksekutif mengatakan akan mewakili 62 % dari semua pertempuran udara. lain 31% dari keterlibatan akan jatuh ke kisaran 8-18-naut.-mi. transisi, dan hanya 7% dari pertempuran akan dekat-dalam pertempuran di mana badan pesawat yang paling ditekankan. Lockheed Martin mengatakan itu berlari F-35 melalui Pentagon simulasi petarung TAC untuk sistem analisis udara tempur, menggunakan apa yang akan menjadi yang "ideal" udara konfigurasi tempur, mengambil-konvensional lepas landas dan pendaratan F-35A, model hanya dirancang untuk melakukan penuh . manuver 9g Pesawat ini juga bisa mencapai sudut 55-derajat serangan dalam penerbangan dipangkas, sementara pejuang yang paling, tidak termasuk F/A-18, adalah terbatas pada 30 derajat Kinerja tepat dari F-35A konfigurasi saat ini.. - juga dikenal sebagai 240-4 - diklasifikasikan Tapi standar sebelumnya yang serupa (240-3) adalah dikreditkan dengan kecepatan maksimum Mach 1,67; akselerasi dari Mach 0,8 sampai Mach 1,2 pada 30.000 kaki dalam 61 detik; top.. kecepatan 370 kt balik di 9g dan 15.000 ft,. dan kemampuan gilirannya berkelanjutan pada Mach 0,8 4.95g dan 15.000 ft Selain itu, sebuah pesawat dengan angka-angka kinerja akan membawa dua melampaui jarak visual AIM-120 Lanjutan Menengah Rentang udara-ke-Udara Rudal (Amraams) di teluk senjata internal. Desain awalnya ditunjuk Yak-41M oleh militer Soviet. Setelah pengujian dimulai, dan dua prototipe mulai mengumpulkan rekor dunia kelas banyak, maka menjadi penting untuk menciptakan sebutan untuk digunakan di barat, sebagai nama Yak-41M telah diklasifikasikan. penunjukan itu Yak-141 dipilih, dan itu dengan nama ini bahwa pesawat menjadi dikenal sekutu barat, meskipun secara resmi penunjukan pesawat tetap Yak-41M dalam militer Soviet Pada tahun 1991 Lockheed-Martin. masuk ke dalam kemitraan dengan Yakovlev untuk lebih mengembangkan sebuah pesawat mereka selalu dikenal sebagai Yak-141. Sebagian besar sebagai hasil dari perjanjian ini, pada tahun 1992 Yakovlev berubah penunjukan pesawat untuk Yak-141 untuk dua prototipe yang dapat diterbangi Seri produksi di Rusia bisa menghasilkan modifikasi tambahan untuk penunjukan.. Namun, angka-angka kinerja tersebut muncul untuk meninggalkan F-35 pendek dari jenis udara-ke-udara kemampuan yang disediakan oleh pesawat tempur lain, seperti . Rusia Su-30MKI atau Topan Eropa Dan bahkan pilot uji Lockheed Martin mengakui bahwa F-35 - meskipun menawarkan akselerasi awal yang sangat tinggi karena mesin yang kuat 42,000 lb .- dorong F135 - bisa mulai kehilangan keunggulan pada kecepatan tinggi dan ketinggian ini mungkin sebagian karena luas frontal pesawat, yang dirancang untuk memungkinkan kereta internal yang senjata -. berarti dalam peran reaksi cepat mencegat tradisional, F-35 mungkin tidak bisa menyamai rival Namun demikian, petarung. pemodelan menunjukkan F-35 dapat mencapai rasio kerugian pertukaran lebih dari 400% terhadap terdekat nya "pesaing," menurut eksekutif Lockheed Martin Mereka keberatan tentang penamaan pesaing,. tapi mereka menunjukkan grafik perbandingan itu adalah Sukhoi Su-30 atau Topan. Itu rasio keterlibatan berasal dari kombinasi dari F-35 karakteristik, eksekutif berpendapat, termasuk siluman, kinerja radar APG-81 array yang aktif elektronik dipindai, fusi data menggunakan sensor link dan 360-deg. kesadaran situasional yang diberikan oleh sistem terdistribusi aperture dari sensor inframerah dan elektro-optik dan tindakan dukungan elektronik. Setelah pengumuman oleh CIS yang tidak bisa lagi dana pembangunan dari Yak-41M, Yakovlev segera mengadakan diskusi dengan beberapa mitra asing yang bisa membantu mendanai program ( taktik mereka juga mengejar untuk pengembangan pelatih Yak-130, yang akhirnya dikembangkan dalam kemitraan dengan Aermacchi dari Italia) Lockheed Martin,. yang sedang dalam proses mengembangkan X-35 untuk program Joint Strike Fighter Amerika, dengan cepat melangkah maju, dan dengan bantuan mereka 48-2 dipajang di Farnborough Airshow pada bulan September 1992. Yakovlev mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Lockheed-Martin untuk dana $ 385 hingga $ 400 juta untuk tiga prototipe baru dan sebuah pesawat uji tambahan statis untuk . tes perbaikan dalam desain dan modifikasi avionik Direncanakan untuk diusulkan Yak-41M termasuk peningkatan berat 21.500 kg STOL untuk (£ 47.400) Salah satu prototipe akan menjadi pelatih ganda-kontrol Meskipun tidak ada lagi yang dapat diterbangi, keduanya 48.. - 2 dan 48-3 dipamerkan di Moskow Airshow 1993 kemitraan ini dimulai pada akhir 1991, meskipun tidak umum diungkapkan oleh Yakovlev sampai 6 September 1992, dan tidak diungkapkan oleh Lockheed-Martin sampai Juni 1994.. Sementara itu, dan tanpa membahas karakteristik kinerja tertentu, pilot tempur angkatan udara Italia terlibat dengan F-35 Program Aviation Week memberitahu bahwa kinerja pesawat jatuh "antara F-16 dan F/A-18 dalam hal amplop penerbangan - dan sebenarnya lebih dekat untuk F/A-18, mengingat sudut tinggi serangan dan memperlambat kemampuan kecepatan manuver "F-35A., dengan berat udara-ke-udara lepas landas misi £ 49.540, memiliki rasio dorong-ke-berat dari 0,85 dan loading sayap £ 110 per kaki persegi -. tidak ideal untuk seorang pejuang anjing-mesin F135 memberikan £ 42.000 dorong, dan pejabat industri menunjukkan bahwa F-35 memasuki udara-ke-udara keterlibatan dengan 40% - atau lebih dari £ 7275 - bahan bakar internal akan memiliki rasio dorong-ke-berat 1,09 dan loading sayap £ 83 per kaki persegi Angka-angka menggambarkan gesit, meskipun tidak atas -end, tempur.
Menjawab kebutuhan Angkatan Laut Uni Sovyet pada pesawat tempur yang secara komprehensif mampu diandalkan untuk misi pertahanan udara armada laut, perusahaan Yakovlev menawarkan desain Yak-41 kepada militer Soviet pada tahun 1975. Dengan segera tawaran ini diterima tanpa melalui proses tender yang melibatkan perusahaan dirgantara Soviet / Rusia yang lain seperti Sukhoi dan Mikoyan. Dan Alexander Yakovlev Sergeyevich pun ditunjuk untuk memimpin proyek pengembangan jet tempur supersonik berteknologi VTOL ini.

Meskipun telah dibuat beberapa prototipe pesawat Yak-141 Freestyle dan telah berhasil menjalani uji coba penerbangan, namun akhirnya proyek pengembangan dan pembuatan jet tempur VTOL ini terpaksa dihentikan oleh pihak Soviet (Rusia) karena alasan tidak adanya anggaran.

Produsen : Yakovlev (Rusia)
Type : Jet tempur pertahanan udara armada laut
Penerbangan perdana : 9 Maret 1987
Proyek dan produksi secara resmi dibatalkan pada Agustus 1991

Spesifikasi Jet Tempur Yak-141 Freestyle :

Karakteristik Umum :
  • Crew: 1
  • Panjang: 18.36 m
  • Lebar Sayap: 10.105 m
  • Tinggi: 5.00 m
  • Luas Area Sayap: 31.7 m²
  • Berat Kosong: 11.650 kg
  • Berat Maksimum Lepas-Landas: 19.500 kg
  • Mesin Utama: 1 Unit MNPK Soyuz R-79V-300 lift/cruise turbofan
Kinerja :
  • Kecepatan Maksimum: 1.800 km/jam (1,118 mph, Mach 1.4+)
  • Jarak Jangkau: 2.100 km
  • Jangkauan Terjauh: 3.000 km
  • Service ceiling: 15.500 m
  • Daya panjat: 15.000 m/menit
Persenjataan :
  • Senapan: 1 Unit GSh-301 kaliber 30 mm dengan 120 putaran
  • Hardpoints: 4 dibawah sayap dan 1 dibawah body dengan total kapasitas persenjataan 2.600 kg
  • Missil: R-73 Archer, R-77 Adder atau R-27 Alamo
Wikipedia.org