Avro Canada CF-105 Arrow adalah jet tempur interceptor (pencegat) dengan sayap delta, kursi ganda, dan dua mesin jet pendorong. Pesawat ini mulai dirancang pada tahun 1953 dan prototipenya mulai diproduksi pada tahun 1957 dan berhasil melakukan penerbangan perdana pada tanggal 25 Maret 1958. Avro Canada CF-105 Arrow merupakan pesawat tempur tangguh dan canggih pada masa itu. Jet tempur ini menjadi bukti kehebatan pencapaian negara Kanada di bidang teknologi dirgantara. Namun sayang pembatalan proyek jet tempur interceptor masih menjadi misteri hingga sekarang. |
CF-105 adalah delta-bersayap, besar, interceptor cepat. Pesawat produksi akan memiliki mesin 11700kg Orenda Iroquois, tapi prototipe didukung oleh J75 jauh lebih kuat. Arrow adalah pesawat yang sangat menjanjikan, namun dibatalkan karena alasan politik, bersama-sama dengan mesin Iroquois dan Sparrow 2 rudal. Enam dibangun. Pada tahun 1950, AVRoe Kanada dari Malton Ontario mengembangkan bermesin ganda, delta bersayap pencegat supersonik untuk RCAF. Ini dirancang untuk mengatasi ancaman pembom nuklir Soviet datang Arktik. Dari tahun 1953 hingga tahun 1959, tim Avro dirancang dan dibangun salah satu pesawat paling canggih di dunia. Itu disebut Avro CF-105 Arrow. Pesawat ini adalah dari waktu ke depan dan masih bisa menjadi seorang pejuang garis depan dalam perang dunia teknologi tinggi saat ini. Namun sayangnya, pemerintah Konservatif waktu, yang dipimpin oleh John Diefenbaker, membatalkan proyek dan memerintahkan semua pesawat untuk dihancurkan. Arrow sangat canggih untuk waktu, dan memiliki banyak orang fitur tersembunyi desain waktu tidak menyadari. Pertama, tidak ada prototipe. Pesawat pertama datang dari jalur perakitan adalah untuk bisa masuk ke layanan di RCAF. Desain tes dilakukan pada model jig dan alat-alat pengembangan yang dirancang untuk digunakan pada semua pesawat produksi. Pada awalnya, Arrow dirancang akan didukung oleh dua Rolls-Royce RB-106 mesin, tapi pembangunan itu diatur kembali dan akhirnya proyek itu dibatalkan. Oleh karena itu, Arrow hampir selesai dalam pengembangan, tetapi tidak memiliki mesin untuk daya nya. Oleh karena itu Orenda Mesin, divisi mesin Avro, dipanggil untuk mengembangkan mesin untuk mengisi dua "46 lubang inch" pada panah dan kekuatannya. Mesin harus memiliki rating dorong 20.000 lbs dorong masing-masing, di dorong kering (thrust optimal tanpa afterburner). Pengembangan mesin melihat beberapa masalah di sana-sini, tetapi biaya pengembangan tidak melebihi $ 90 juta. Cukup terjangkau, bahkan di tahun 1950-an, untuk turbojet yang paling kuat di Amerika Utara! Di sisi lain, badan pesawat itu sendiri juga sangat maju. Itu 80ft panjang, memiliki rentang sayap 50 kaki dari dan 21 ft tinggi (di ujung sirip). Ini memiliki kapasitas bahan bakar 2800 galon bahan bakar dan bisa terbang di mach 1 selama 2,5 jam tanpa pengisian bahan bakar. Hal ini juga bisa menarik 2G dengan kecepatan Mach 1,5 tanpa kehilangan satu inci dari ketinggian atau simpul kecepatan. Arrow juga pesawat pertama yang mengadopsi "fly-by-wire" teknologi, yang merupakan jenis sistem kontrol di mana komputer membantu pilot dalam mengemudikan pesawat, membuat pesawat lebih mudah untuk terbang dan manuver. Sistem ini disebut Flight Control System Otomatis, dan terus pesawat stabil dalam keadaan darurat dan dapat melakukan pendaratan otomatis dan take-off. Ini juga adalah semacam pesawat "cruise-control" yang terus pesawat di lapangan set dan kecepatan. Fly-by-Wire teknologi hanya mulai muncul di pesawat jasa lainnya 20 tahun kemudian. Hal ini juga memiliki senjata teluk roomier dibandingkan dari B-29 atau Lancaster, dua pembom besar dari WW II. Setiap jenis senjata bisa dipasang, dan ini membantu dalam membuat panah lebih fleksibel. Karena bisa membawa pilihan senjata, itu adalah pencegat-tempur-bomber pemogokan-anti pesawat kapal. Tapi itu semata-mata dirancang sebagai interceptor, tapi itu mampu memberikan rudal, bom, roket dan torpedo. Hal ini membuat sebuah pesawat udara superioritas, pesawat tempur universal. Ketika kritikus mengatakan bahwa Panah tidak memiliki banyak keuntungan, mereka tidak tahu Arrow. Hal ini juga memiliki kabin semi-bertekanan dan kru dua pria, dalam konfigurasi pilot navigator. Navigator ada di sana untuk mengontrol radar dan sistem navigasi (meskipun pilot juga memiliki konsol navigasi, dalam hal penerbangan solo). Arrow itu harus dilengkapi dengan Canadian dirancang dan dibangun sistem pengendalian kebakaran ASTRA-Sparrow II untuk pengiriman senjata. Tapi sistem ini melihat banyak kesulitan dan pemerintah membatalkan sebelum sisa Arrow, mencoba untuk memotong biaya. Pintu senjata Teluk dibuka pada 0,3 detik dan rudal ditembakkan dalam 2 detik (pintu dibuka, dikerahkan, dibersihkan dan dipecat). Anehnya, Arrow juga memiliki sistem iklim, untuk mendinginkan tangki bahan bakar, teluk senjata dan dingin atau panas kokpit. Arrow dirancang untuk kecepatan tinggi, yang berarti panas dari gesekan, dan terbang di udara Arktik, yang berarti udara kering dingin di sekitar pesawat. Jendela memiliki de-fogging sistem, kontrol iklim kanopi dan de-icing dan anti-icing sistem otomatis di daerah yang paling penting. Hal ini juga memiliki sistem hidrolik yang sangat kuat untuk kontrol penerbangan dan roda pendaratan. Sebagai contoh, diukur bahwa tekanan hidrolik diterapkan pada lift dapat dengan mudah mengangkat 6 gajah besar! Arrow terungkap ke publik pada 4 Oktober 1957. Sayangnya pada tanggal tersebut, Soviet meluncurkan Sputnik, satelit buatan pertama. Acara ini mencuri sorotan dari Arrow, dan mengakibatkan mengubah cara orang berpikir tentang pertahanan udara. Karena Iroquois masih dalam pengembangan pada tahun 1957, Avro memutuskan untuk daya lima pertama Arrows dengan Pratt & Whitney J75 turbojet. Ini mesin Amerika bahkan tidak memenuhi dorong kering dari PS-13 di afterburner penuh. Ini pertama lima Arrows yang ditunjuk Mk. (Mark) 1, dan semua pesawat Kanada dengan mesin Iroquois akan Mk.2s. Uji penerbangan dimulai segera setelah mesin dipasang di Arrow 201, pesawat pertama. Hal itu membuat penerbangan pertama, tanpa masalah, pada 25 Maret 1958. Januz (Jan atau Yan, sebagai orang-orang memanggilnya) "Zura" Zurakowski adalah orang pertama yang terbang Arrow. Dia mengatakan itu terbang seperti sebuah keajaiban dan lebih mudah untuk terbang daripada banyak pesawat umum lainnya dari waktu. Kecuali beberapa landing gear dan peredam masalah, pengujian penerbangan tanpa masalah, dan tidak ada yang tewas atau terluka selama pengujian penerbangan. Hanya 2 pendaratan kecelakaan terjadi ketika landing gear tidak selaras dengan benar, tetapi masalah ini dengan cepat diperbaiki dan bug telah dihapus. Pada saat yang sama, Iroquois menjalani tes penerbangan. Mesin Iroquois diuji di tempat tidur uji statik, dan ketika hasilnya menguntungkan untuk tes penerbangan, Orenda dipinjamkan B-47 bomber dari USAF. Canadair dibangun cowling pada sisi bomber enam bermesin, untuk memasukkan Iroquois. Setelah Iroquois dipasang, tes penerbangan dimulai segera. Pada penerbangan pertama, USAF bomber besar diangkat di udara, enam mesin yang menjerit dan memancarkan asap hitam tebal. Pada 15000 ft, ketinggian aman, mereka menyala Iroquois tersebut. Itu begitu kuat, mereka harus memotong-off enam mesin lain, atau pesawat akan pergi supersonik; kecepatan itu tidak bisa menahan tanpa over-menekankan. Dan mereka tidak bisa mendorong throttle masa lalu 60% karena akan terguncang pesawat berkeping-keping. Kita harus mengatakan bahwa bahkan dengan kokoh, B-47 tidak dirancang untuk menahan turbojet paling kuat di dunia pada itu pesawat belakang. The Iroquois disampaikan £ 20.000 dorong tanpa setelah-pembakar, dan melaju pembom sendiri, dan pada kecepatan itu tidak dirancang untuk melebihi. Pada afterburner, tercatat bahwa Iroquois bisa melampaui £ 26.000 dorong. Dengan dua mesin, ini memberikan dorongan maksimum lebih dari 50.000 pound untuk Arrow, kekuatan bahkan dongeng Tomcat dapat mencapai, dan mungkin aku memberitahu Anda, F-14 adalah pesawat yang sangat kuat. The Iroquois adalah turbojet paling kuat di Benua Amerika Utara, dan ketika itu dirancang, itu yang paling kuat di dunia. Tapi semua bahan ini dan ketenaran teknis tidak cukup untuk Konservatif di kantor di Ottawa. Dan sementara program ini berjalan pada kecepatan yang besar dari pengembangan dan perbaikan, pemerintah Amerika datang untuk tahu tentang Arrow. Beberapa orang kunci USAF diundang untuk Malton untuk mengunjungi pabrik dan mendapatkan pengarahan mengenai Arrow. Mereka sangat terkesan dengan program dan disebut Arrow yang "dekat pesawat yang sempurna". Pada awal tahun 1958, Kanada menandatangani NORAD (North American Air Defence) perjanjian, yang tujuannya adalah untuk membentuk norma-norma untuk pertahanan udara Amerika Utara. The NORAD dewan memiliki anggota baik Kanada dan Amerika, tetapi Amerika memiliki keuntungan memiliki kata terakhir dan memiliki lebih banyak anggota juga. |
|
Avro Canada CF-105 Arrow (Gambar 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Avro Canada CF-105 Arrow, Kisah Tragis Jet Tempur Canggih Yang Batal Diproduksi. |
Avro Canada CF-105 Arrow (Gambar 1). |
|
Avro Canada CF-105 Arrow (Gambar 2). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. |
Gambar 2. |
|
|
Avro Canada CF-105 Arrow (Gambar 3). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. |
Gambar 3. |
|
|
Avro Canada CF-105 Arrow (Gambar 4). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. |
Gambar 4. |
|
|
Avro Canada CF-105 Arrow (Gambar 5). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. |
Gambar 5. |
|
Jet Tempur Interceptor Avro Canada CF-105 Arrow.
Avro Canada CF-105 Arrow adalah sebuah pesawat tempur pencegat dengan sayap delta, yang diciptakan oleh perusahaan Avro Aircraft Limited (Canada) di Malton, Ontario pada tahun 1953-1959. Serangkaian lima pesawat uji berhasil diuji pada 1958-1959, tetapi program ini dihentikan pada tahun 1959 oleh Pemerintah Diefenbaker , yang keputusan kontroversial-nya menyebabkan banyak perdebatan politik dan kontroversi.
Pesawat ini dirancang dan dibangun oleh Avro Canada sebagai puncak dari studi desain yang dimulai pada tahun 1953. Arrow dianggap telah menjadi prestasi teknis dan aerodinamis canggih untuk industri penerbangan Kanada.
CF-105 MK 2 mampu melesat dengan kecepatan hamper Mach 2 pada ketinggian 50.000 kaki (15.000 m) dan dimaksudkan sebagai pesawat buru sergap utama Angkatan Udara Royal Kanada pada tahun 1960 dan seterusnya.
Tahun 1958 tidak lama setelah program awal uji penerbangannya, pengembangan Arrow (termasuk mesin jet Orenda Iroquois nya) tiba-tiba dihentikan, memicu perdebatan politik yang panjang dan pahit. Kontroversi yang ditimbulkan oleh pembatalan dan penghancuran dari produksi pesawat tetap menjadi topik perdebatan di kalangan sejarawan, pengamat politik dan pakar industri.
Avro Canada CF-105 Arrow mungkin menjadi proyek pesawat paling kontroversial. Dirancang dan dibangun oleh Avro Canada pada pertengahan 1950-an, berdasarkan studi yang dilakukan oleh militer Kanada. Militer Kanada menyimpulkan dari studi mereka bahwa Soviet yang paling mungkin untuk menyerang daratan Amerika Utara dengan terbang di atas Kutub Utara menggunakan dan pembom kecepatan dan ketinggian tinggi. Cara yang paling efektif untuk memerangi ancaman ini adalah untuk mengembangkan pencegat yang tangguh.
Ketika awal Perang Dingin, Kanada muncul sebagai pemain utama dalam industri penerbangan, mampu memproduksi pesawat seperti Canadair F- 86 dan Avro Canada CF-100 Canuck.
Pada awal 1950-an, Kanada menemukan Angkatan Udara tidak memiliki pencegat supersonik. Sementara itu, para insinyur di Avro Canada yang sebagian adalah dari program CF-103 gagal. Meskipun program CF-103 adalah sebuah kegagalan, ilmuwan Kanada mendapatkan pengalaman berharga yang mempengaruhi dalam desain Arrow Avro. Seperti banyak pencegat periode waktu, pesawat ini besar, sayap delta dan dua mesin yang kuat. Pesawat menggunakan turbojet Orenda Iroquois Seri II.
Pesawat ini hampir seratus persen buatan Kanada dan dipandang sebagai lambang industri kedirgantaraan negara tersebut. Tetapi pembatalan tiba-tiba terhadap program ini terjadi pada 20 Februari 1959 oleh Perdana Menteri Diefenbaker. Pembatalan mendadak tentu saja sangat mengejutkan. Langkah berikutnya dari Perdana Menteri bahkan lebih keterlaluan. Enam pesawat prototipe dan cetak biru mereka harus dipotong dan dihancurkan. Meskipun laporan resmi menyatakan bahwa semua prototipe dan peralatan terkait hancur, laporan tidak resmi mengatakan bahwa salah satu contoh dari Arrow Avro diam-diam diterbangkan ke pangkalan udara RAF Kent International, di Inggris.
Spesifikasi Jet Tempur Avro Canada CF-105 Arrow :
Karakteristik Umum :
- Crew: 2
- Panjang : 23,71 m
- Lebar Bentang Sayap : 15,24 m
- Tinggi : 6,25 m
- Luas Area Sayap : 113,8 m²
- Airfoil : NACA 0003.5 mod root, NACA 0003.8 tip
- Berat Kosong : 22.245 kg
- Berat Terisi : 25.820 kg
- Maksimum Berat Lepas Landas : 31.120 kg
- Mesin Pendorong : 2 unit mesin turbojet Pratt & Whitney J75-P-3
Kinerja :
- Kecepatan Maksimum : Mach 1.98 (2.104 km/jam)
- Kecepatan Jelajah : Mach 0.91 (977 km/jam)
- Radius Tempur : 660 km
- Batas Ketinggian Penerbangan : 16.150 m
- Daya Angkat Sayap : 226,9 kg/m²
- Dorongan/Berat : 0,825 at loaded weight
Persenjataan :
- 4 unit roket AIR-2 Genie, 8 unit rudal AIM-4 Falcon atau 3 unit rudal AIM-7 Sparrow II 2D active guidance missiles (cancelled)
Avionik :
- Sistem Kendali Tembakan Hughes MX-1179
wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar