Cari di Blog Ini

Rabu, 22 Januari 2014

India Sukses Uji Peluncuran Rudal Nuklir Agni-IV

India Sukses Uji Peluncuran Rudal Nuklir Agni-IV. Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India dilaporkan telah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik berkepala nuklir generasi baru, Agni-IV. Rudal jarak jauh tersebut ditembakkan dari sebuah peluncur bergerak yang berada di Pulau Wheeler yang berlokasi di Teluk Benggala lepas pantai Odisha pada Senin, 20 Januari 2014.
Rudal Nuklir Agni-IV. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
India Uji Peluncuran Rudal Balistik Generasi Baru Agni-IV

Media lokal di India melaporkan pada Senin (20/1/2014), bahwa pihak militer negara tersebut telah berhasil melakukan uji peluncuran Agni-IV, generasi baru rudal balistik berkepala nuklir. Rudal balistik ini mampu mencapai target hingga jangkauan 4.000 kilometer (2.500 mil). Agni-IV yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO), diluncurkan dari sebuah platform bergerak yang berada di Pulau Wheeler, Teluk Benggala di lepas pantai Odisha.

Ini merupakan kesusesan peluncuran ketiga dalam serangkaian uji coba pengembangan dua tahap. Rudal dengan bahan bakar padat ini mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 1 ton. Dua uji peluncuran sebelumnya telah berhasil dilakukan pada tahun 2011 dan 2012.
M.V.K.V. Prasad, penasihat dari kementerian pertahanan yang juga menjabat sebagai direktur DRDO mengatakan bahwa keberhasilan uji peluncuran ini menandai bahwa rudal generasi baru ini telah mendekati tahap kesiapan untuk dioperasikan dalan kesatuan angkatan bersenjata India.

Agni-IV merupakan bagian dari seri rudal jarak menengah dan rudal balistik antarbenua buatan India. Pada 2008, generasi rudal Agni telah terdiri dari tiga varian operasional, yaitu Agni-IV dan Agni-V yang masih dalam tahap pengujian. DRDO (Defense Research and Development Organization) dilaporkan saat ini sedang mengembangkan rudal keenam dari seri Agni, yaitu Agni-VI yang memiliki kemampuan jelajah hingga jarak 10.000 kilometer (6.200 mil).

en.ria.ru