Cari di Blog Ini

Selasa, 22 Januari 2013

TNI-AL Dan US Navy Akan Gelar Latihan Peperangan Ranjau

Perencanaan Latihan Peperangan Ranjau yang akan dilaksanakan TNI-AL dan US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) telah dibicarakan pada rapat yang dilaksanakan di Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmatim pada Senin 21 Januari 2013. Latihan Peperangan Ranjau yang akan digelar TNI-AL dan US Navy tersebut dikenal dengan nama Joint MINEX–EODEX 2013 tersebut adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh kedua Angkatan Laut dari Indonesia dan AS. Joint MINEX–EODEX 2013 direncanakan akan digelar dari tanggal 18 Februari 2013 sampai dengan 27 Februari 2013.
Markas Komando Armada RI Kawasan Timur. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Markas Komando Armada RI Kawasan Timur
Koarmatim Akan Gelar Latihan Bersama Peperangan Ranjau

Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) akan menggelar latihan bersama peperangan ranjau Mine Exercise (MINEX)/Explosive Ordonance Disposal Exercise (EODEX) tahun 2013 dengan Angkatan Laut Amerika (US Navy). Rencana latihan bersama dibahas dalam rapat di Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmatim, Senin (21/1/2012). Joint MINEX–EODEX 2013, merupakan latihan bilateral antara TNI Angkatan Laut dengan US Navy yang dilaksanakan setiap tahun sekali.

Rapat perencanaan dipimpin oleh Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmatim Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, dan dihadiri oleh peserta latihan dari Satkopaska Koarmatim, Dislambair Koarmatim, Diskes Koarmatim personel Kapal Perang Republik Indonesia ( KRI ) dan tim pendukung lainnya.

Rencananya gladi peperangan ranjau tersebut akan dilaksanakan tanggal 18 sampai dengan 27 Februari 2013, bertempat di Surabaya dan perairan Pasir Putih, Situbondo Jawa Timur. Penyelengaraan latihan dilaksanakan empat tahap yaitu, tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran.

Tujuan dari latihan bersama bilateral tersebut untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan kerja sama, interoperabilitas serta kesepahaman bersama antara TNI AL dan US Navy khususnya mengenai peperangan ranjau serta pertukaran informasi tentang kemampuan, perkembangan teknologi dari masing-masing negara.

Adapun sasaran latihan yaitu memperkuat hubungan antar kedua angkatan laut melalui latihan bersama dan interaksi sosial, meningkatkan interoperabilitas dan pemahaman doktrin peperangan ranjau antara TNI-AL dan USN, Memadukan presepsi dalam pelaksanaan penyebaran ranjau, pemburuan ranjau, penyapuan ranjau dan EOD. .

www.tni.mil.id