Jumat, 11 Januari 2013



: Posted on Jumat, 11 Januari 2013 - 03.51

Sistem senjata meriam sinar laser berkekuatan tinggi rancangan perusahaan pertahanan Rheinmetall Defence, Jerman, dikabarkan berhasil menembak jatuh sebuah pesawat UAV pada uji coba yang dilakukan baru-baru ini. Sinar laser dengan daya 40 kW ini menembak sasaran benda terbang tersebut pada jarak lebih dari 1,6 km. Sistem senjata laser itu menggunakan radar dan optik untuk menetukan target dengan akurasi tinggi.
Senjata Laser Rheinmetall Defence Jerman
Senjata Laser Rheinmetall Defence Jerman
Senjata Laser Jerman Tembak Jatuh Pesawat

Sistem senjata laser yang selama ini hanya ada dalam film fiksi bakal menjadi kenyataan. Pasalnya, perusahaan militer Jerman Rheinmetall Defence berhasil menciptakan senjata laser yang mampu menembak jatuh pesawat tanpa awak pada jarak lebih dari 1,6 kilometer.

Perusahaan pertahanan Jerman ini menggunakan peralatan laser berenergi tinggi untuk menjatuhkan sebuah pesawat yang bergerak cepat. Sistem yang menggunakan dua senjata laser, juga mampu digunakan untuk memotong obyek girder baja berjarak beberapa kilometer.

Menurut BBC (8/1), perusahaan ini berencana membuat sistem senjata laser mobile dan mengintegrasikannya sebagai meriam otomatis. Sistem senjata laser 50kW menggunakan sistem optik dan radar untuk mendeteksi dan melacak dua obyek tanpa awak.

Sistem senjata terkunci ke unmanned aerial vehicles (UAV) dengan menggunakan radar untuk membuat perkiraan kasar lokasi target, kemudian melakukan pelacakan dengan menggunakan sistem optik untuk eksekusi. Rheinmetall sendiri telah menguji sistem laser ini dalam berbagai kondisi cuaca, termasuk salju, sinar matahari, dan hujan.

Sejumlah negara dan perusahaan pertahanan sedang mengembangkan senjata yang menggunakan laser. seperti Raytheon Company misalnya. Perusahaan pertahanan Amerika Serikat (AS) itu yang meluncurkan laser 50kW antipesawat di Farnborough Airshow di 2010. Bahkan, Juni 2012 Angkatan Darat AS merilis rincian senjata yang dapat menghalau target dengan laser.

www.jpnn.com


Bagikan :


Artikel militer terkait :

Copyright © 2013. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara