Cari di Blog Ini

Sabtu, 01 Desember 2012

Satgas Indobat Konga XXIII-F/UNIFIL Kembali Ke Tanah Air

Satgas Indobat Konga XXIII-F/UNIFIL
Satgas Indobat Konga XXIII-F/UNIFIL sudah bertugas Lebanon sejak November 2011 lalu dan setelah masa tugasnya selesai satuan ini digantikan oleh Satgas Konga XXIII-G/UNIFIL. Penugasan para prajurit TNI di beberapa kawasan dunia yang mengalami konflik merupakan perwujudan dari Pembukaan UUD 1945 alinea 4, "ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial". PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Satgas Indobat Konga XXIII-F/UNIFIL Kembali Ke Tanah Air.
Prajurit TNI di Lebanon Pulang ke Tanah Air

Setelah bertugas selama satu tahun di Lebanon, Timur Tengah, 147 prajurit TNI kembali ke tanah air. Pelepasan gelombang pertama kepulangan prajurit Batalyon Indonesia Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL tersebut berlangsung di lapangan Soekarno, Markas Indobatt UN Posn 7-1, Adshid Al Qusayr, Lebanon Selatan, Jumat kemarin.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Pusat Penerangan TNI, Sabtu (1/12/2012), dijelaskan, para pajurit tersebut dilepas dalam upacara yang dipimpin Komandan Satuan Tugas Indobat (Indonesian Batallion) Konga XXIII-F/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon), Letkol Inf Suharto Sudarsono. Gelombang pertama kepulangan ini dipimpin Wadansatgas Indobatt Letkol Mar FJH Pardosi.

Letkol Inf Suharto Sudarsono menyampaikan terima kasih atas dedikasi, disiplin, dan loyalitas seluruh prajurit Indobatt dalam melaksanakan tugas, mengemban misi perdamaian UNIFIL di Lebanon, sehingga dapat menghantarkan Satgas Batalyon Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. Ia juga berharap, walaupun tugas misi perdamaian telah usai namun kebersamaan dan ikatan kekeluargaan yang. terjalin dengan baik selama ini, hendaknya dipelihara hingga sekembalinya ke tanah air dan kesatuan masing-masing.

Usai memberikan sambutan, Dansatgas memberikan plakat penghargaan kepada seluruh prajurit Indobatt sebagai tanda terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan tugas yang telah ditunjukan.

Personel Satgas Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) berjumlah 1.018 orang, kepulangannya ke tanah air dibagi menjadi 6 gelombang penerbangan. Misi mereka di Libanun selanjutnya dilanjutkan oleh Satgas Konga XXIII-G/UNIFIL.

nasional.kompas.com