Cari di Blog Ini

Rabu, 19 Juni 2013

Proyek IFX/KFX Punya 2 Model Jet Tempur

Proyek IFX/KFX memiliki 2 model pesawat jet tempur, namun hanya satu model saja yang akan dipilih untuk pengembangan selanjutnya. Hal itu mengingat biaya yang sangat besar untuk pengembangan dan tahap produksi pesawat jet tempur kerjasama Indonesia dan Korea Selatan tersebut. Saat ini, proyek pengembangan pesawat jet tempur IFX/KFX atau F-33.
Jet tempur IFX/KFX. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Jet tempur IFX/KFX. (ilustrasi)
Ada Dua Model Pesawat Tempur Indonesia-Korsel

Ada dua model konsep pesawat tempur bersandi IFX-KFX hasil kerjasama Indonesia-Korsel. Kedua belah pihak akan memilih salah satu bentuk yang akan dikembangkan dalam tahapan selanjutnya. "Kalau programnya jalan lagi hanya dipilih satu model saja, sebab satu model juga sudah besar biaya dan resources yang akan digunakan," jelas juru bicara PT Dirgantara Indonesia, Sonny Saleh Ibrahim dalam keterangannya, Selasa (18/6/2013).

Dijelaskan, program jet tempur kedua negara tersebut tengah dipersiapkan memasuki tahapan kedua. Sebelumnya, kedua negara berhasil menuntaskan proses awal berupa technology development selama 18 bulan. Menurut Sonny Saleh Ibrahim, tahapan kedua program pesawat baru tersebut berupa engineering manufacturing development. Dalam tahapan itu, sebanyak 72 item teknologi gres akan menempel di pesawat generasi 4,5 dari hasil pengembangan pesawat tempur itu. Sebanyak 30 item di antaranya masih harus disiapkan. "Tahap engineering manufacturing development itu terdiri dari detail design, manufacturing, prototyping, dan ground and flight testing dan certification. Waktu yang dibutuhkan 8 tahun," tandasnya.

Dijelaskan, proses tersebut merupakan tahapan terakhir produksi serial untuk pertahanan kedua negara. Ditargetkan, pesawat tempur berkemampuan siluman tersebut rampung pada 2020.

Program pesawat tempur IFX/KFX yang sudah berjalan 18 bulan tersebut melibatkan seluruh komponen bangsa di antaranya Balitbang Kemhan, BPPT, PTDI, dan ITB. Ketika sudah beroperasi, pesawat tersebut disebut-sebut hanya kalah dengan F-35, pesawat paling canggih AS. Pesawat itu disebut setara F-16 plus plus.

www.suaramerdeka.com