Cari di Blog Ini

Rabu, 30 Juli 2014

Prototipe Keempat Jet Tempur Siluman Chengdu J-20 Laksanakan Uji Penerbangan Perdana

Prototipe keempat jet tempur siluman J-20 buatan China dikabarkan melakukan tes uji coba terbang beberapa waktu lalu. Pesawat tempur bermesin jet ini dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) China. Prototipe keempat jet tempur yang mengusung teknologi stealth dan punya nama lengkap Chengdu J-20 Black Eagle tersebut memiliki kode nomor ekor 2012.

Chengdu J-20 Black Eagle. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Chengdu J-20 Black Eagle.
Sebuah prototipe keempat dari jet tempur siluman buatan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) China, Chengdu J-20 Black Eagle, dilaporkan telah melakukan uji coba terbang yang pertama pada tanggal 26 Juli 2014 pagi. Laporan ini disampaikan oleh sebuah situs penerbangan di China.

Menurut media lokal tersebut, prototipe Chengdu J-20 itu terbang selama kurang lebih hampir dua jam. Sebelumnya pesawat jet tempur siluman ini telah melakukan tes manuver di landasan pada awal Juli 2014. Prototipe keempat Chengdu J-20 ini memiliki nomor ekor 2012 disinyalir terdengar kabarnya pada akhir Juni 2014 dan kemunculan yang jelas melalui foto terlihat pada pertengahan Juli 2014.

Pada foto, tampilan J-20 2012 menunjukkan adanya beberapa perbaikan dibanding prototipe ketiga J-20 (2011). Diantaranya perbaikan pada sistem penargetan elektro-optik, penyesuaian pada pengambilan aliran udara pada mesin, dan perbaikan pada stabilisator ekor vertikal.

Prototipe keempat J-20 ini juga menampilkan pemasangan mesin turbofan yang diluar kebiasaan perusahaan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) China. Pemakaian mesin mesin turbofan WS-15 masih diragukan akan menjadi permanen. Ada kemungkinan pada konsep awal jet tempur siluman ini akan menggunakan mesin jet buatan Rusia, yaitu Saturn AL-31 atau versi mesin yang lebih baru, Saturn AL-117.

Pada pertengahan Juni 2011 prototipe pesawat ini dilaporkan meninggalkan lapangan udara CAC untuk bergabung dengan dua pesawat sejenis yang lain di China Flight Test Establishment (CFTE), Pangkalan Udara Yanliang yang berlokasi di Provinsi Xian.

Pada akhir April 2014 lalu, sumber pemerintah China mengatakan bahwa 20 unit jet tempur J-20, atau sekitar satu resimen, akan mulai dioperasikan pada tahun 2020.

www.janes.com