Cari di Blog Ini

Senin, 20 Oktober 2014

13 Tank Marder Perkuat Batalyon Infanteri 413/ Bremoro

Sebanyak 13 unit tank Marder buatan Jerman telah diterima oleh satuan Batalyon Infanteri 413/ Bremoro yang berbasis di Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Armada tank Marder yang sejatinya masuk dalam kategori kendaraan tempur angkut personil tersebut tiba di markas Batalyon Infanteri 413/ Bremoro pada Jumat, 17 Oktober 2014.

Tank Marder 1A3 TNI-AD. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Tank Marder 1A3 TNI-AD.
Batalyon Infanteri 413/ Bremoro Sambut 13 Tank Marder.

Sebanyak 13 Tank Marder buatan Jerman tiba di Kompi A Batalyon Infanteri 413/Bremoro, Jalan Solo-Tawangmangu, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (17/10/2014). Satu persatu tank seberat 33 ton itu, diangkut dengan trailer khusus. Pertama, tank yang baru datang dari Surabaya, Jawa Timur itu, tiba pukul 09.30 WIB. Puluhan personel TNI pun ikut mengamankan penurunan tank yang masuk ke Markas Kompi A. Bahkan hal itu menjadi tontonan ratusan warga. “Penasaran dengan tank. Saya nunggu sejak jam 08.00,” celetuk warga Sutarto (50).

Dan Brigif 6/2 Kostrad, Kolonel Agung Pambudi melalui Kepala Staf Brigade, Letkol Aminton menerangkan, jika 13 tank baru saja digunakan untuk HUT TNI ke-69 di Surabaya. Nantinya 13 tank akan digunakan untuk prajurit Batalyon Infanteri 413/Bremoro. "Sesuai arahan Mabes TNI, dijadikan Batalyon Mekanik. Semua sudah diperiapkan, mulai dari sumber daya manusia (SDM) dan perlengkapan," terangnya memimpin pembongkaran tank dari atas trailer.

Aminton menjelaskan, kedatangan 13 tank juga dikawal oleh dua mekanis ahli dari Jerman. Tank tersebut dalam kondisi prima, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa dioperasikan. Dengan belasan tank itu, akan menambah alusista. "Menambah kekuatan keamanan di Soloraya. Ada rencana untuk dikenalkan kepada warga Soloaraya. Kami masih konsolidasikan soal itu. Yang penting tank yang ditunggu beberapa bulan ini, akhirnya tiba," jelasnya.

Dia menambahkan, Brigif 6/2 Kostrad membawahi tiga batalyon. Yakni 411 di Salatiga, 412 di Purworejo dan 413 di Palur, Sukoharjo. Khusus untuk 413, memang diproyeksikan menjadi batalyon khusus mekanik.

berita.suaramerdeka.com


Tidak ada komentar: