Cari di Blog Ini

Senin, 20 Oktober 2014

Gerombolan Bersenjata Penerobos Lanud Husein Sastranegara Berhasil Dilumpuhkan

Sekelompok orang bersenjata dilaporkan berusaha menerobos dan memasuki kawasan TNI AU Husein Sastranegara dan berusaha menguasai landasan pacu (runway). Berkat kesigapan dan kesiapan pasukan Pertahanan Pangkalan, gerombolan bersenjata tersebut berhasil dilumpuhkan dan dilucuti senjatanya.

Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara.
Gerombolan Bersenjata Mencoba Terobos Landasan Pacu Lanud Husein Sastranegara.

Berdasarkan Informasi Intelijen Sejumlah Gerombolan Bersenjata berusaha masuk Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, tepatnya di landasan Run Way. Setelah menerima Laporan dari Perwira Jaga Lanud Husein Sastranegara, Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb I Nyoman Trisantosa. S.IP, M.Tr (Han), segera memerintahkan jajarannya bersiaga penuh untuk mengantisipasi hal terburuk.

Perundingan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Husein Sastranegara Letkol Nav MD. Irman F kepada Gerombolan Bersenjata juga berlangsung alot, dan mereka pun tetap berusaha merangsek masuk dengan alasan menyampaikan aspirasinya kepada Pejabat Negara yang akan Landing di Lanud Husein Sastranegara. Situasipun makin mengeruh hingga menyebabkan terganggunya arus penerbangan yang ada.

Melihat kejadian tersebut segera, Danlanud Husein Sastranegara memerintahkan personilnya untuk menertibkan hingga tidak terjadi anarkisme. Bersama 1 Regu tim Hanlan yang diterjunkan untuk mengatasi gerombolan tersebut maka dengan cepat Gerombolan tersebut dapat dilumpuhkan dan senjata mereka pun berhasil dilucuti.

Skenario diatas adalah merupakan potongan kejadian yang dilatihkan dalam rangka Latihan Hanlan (Pertahanan Pangkalan) 2014 yang di gelar di Lanud Husein Sastranegara.

Menurut Danlanud Husien Sastranegara saat membuka Latihan tersebut mengatakan bahwa Skenario ini sengaja diciptakan seperti aslinya agar para pelaku benar-benar menjiwai dan memahami tahapan dan penanggulangan jika hal tersebut benar terjadi di Pangkalan kita. Danlanud menambahkan bahwa Latihan ini selain memang menjadi program kerja Staf Operasi Lanud Husein Sastranegara juga untuk mengingat kembali akan prosedur Pertahanan Pangkalan.

www.tni.mil.id


Tidak ada komentar: