Cari di Blog Ini

Jumat, 25 Oktober 2013

Pasukan Komando Rusia Adopsi Senapan Serbu Bawah Air Terbaru

Berita Hankam: Pasukan Komando Rusia Adopsi Senapan Serbu Bawah Air Terbaru. Senapan serbu bawah air ADS, lebih tepat disebut sebagai senapan serbu amfibi karena berfungsi sama baiknya ketika digunakan di dalam air dan di permukaan. Senjata ini memiliki efektifitas dan akurasi yang melebihi senapan serbu APS yang hanya bagus digunakan saat dibawah air tapi buruk kinerjanya ketika digunakan di permukaan.
ADS Amphibious Rifle. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
ADS, Senapan Serbu Bawah Air Terbaru Buatan Rusia

Tentara Rusia direncanakan akan mengadopsi senapan serbu baru yang mampu dioperasikan secara efektif di bawah air dan di permukaan. Senapan serbu yang disebut dengan nama ADS tersebut sedang dipamerkan oleh KBP pada ajang Interpolitex 2013 yang digelar di Moskow. Senapan serbu bawah air ADS dapat menembakkan peluru standar kaliber 5,45 mm saat berada di permukaan dengan akurasi dan efektivitas yang sama seperti kemampuan senapan serbu bawah air AK-74.

Ketikan digunakan dibawah air dengan peluru PSP kaliber 5,45 mm, senapan ADS menunjukkan kemampuan yang lebih baik dibanding senapan serbu bawah air APS. Begitu juga kemampuannya dal hal akurasi dan kemudahan pengoperasiannya.

Senapan serbu bawah air baru ini dilengkapi dengan peluncur granat integral kaliber 40 mm dan pisir besi yang bisa disesuaikan. "Senapan ini akan segera digunakan oleh satuan tempur khusus dari tentara Rusia ," kata juru bicara biro desain KBP, Selasa (22/10/2013).

Selama beberapa dekade, penyelam tempur Soviet dan kemudian Rusia serta unit komando Angkatan Laut dipersenjatai dengan senjata khusus untuk pertempuran bawah air. Salah satu senjata khusus tersebut adalah pistol SPP-1 dan senapan serbu bawah air APS yang ternyata punya kinerja buruk saat digunakan di permukaan. Senapan serbu bawah air ADS membuktikan efektivitas dan kehandalan selama uji coba lapangan yang dilakukan oleh unit komando Angkatan Laut Rusia, kata seorang pejabat biro desain KBP .

Senapan serbu bawah air ADS akan menggantikan senjata APS. Hingga kini beberapa senapan serbu bawah air AK-74 M masih digunakan oleh unit pasukan khusus Rusia.

en.ria.ru