Cari di Blog Ini

Minggu, 30 Maret 2014

Rusia Luncurkan Kapal Selam Siluman Keempat Pesanan Vietnam

Kapal selam jenis Varshavyanka Class (Proyek 636) yang merupakan pesanan Angkatan Laut Vietnam telah diluncurkan dari galangan kapal pembuatnya di kota St Petersburg, Rusia. Kapal selam yang juga dikenal dengan nama Improved Kilo dan berkemampuan siluman ini merupakan kapal keempat dari 6 kapal selam sejenis yang dipesan oleh pemerintah Vietnam.

Varshavyanka Class. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Kapal selam buatan Rusia dari Kelas Varshavyanka yang dipesan oleh Angkatan Laut Vietnam telah diluncurkan dari galangan kapal di kota St Petersburg pada Jumat (28/3/2014) lalu. Kapal selam yang terkenal dengan sebutan Black Hole karena kemampuan stealth-nya ini merupakan kapal selam keempat dari 6 kapal sejenis yang dipesan oleh pemerintah Vietnam.

Pada Desember 2009 lalu, Vietnam dan Rusia telah menandatangani kontrak senilai US$. 2 miliar untuk pengadaan 6 unit kapal selam dengan mesin diesel sebagai tenaga penggeraknya. Oleh pihak Angkatan Laut AS, kapal selam jenis ini mendapat julukan nama "Black Hole" karena dapat beroperasi secara senyap, hampir tanpa menimbulkan suara sehingga sulit dideteksi kehadirannya.

Para pengamat militer berpendapat bahwa pembelian kapal selam oleh Vietnam ini bertujuan untuk mengimbangi pengaruh kekuatan Angkatan Laut China di kawasan Laut China Selatan.

Dua unit kapal selam dari Kelas Varshavyanka telah selesai dibangun dan dikirim ke Vietnam, sementara kapal selam ketiga sedang menjalani uji laut. Keseluruhan dari 6 kapal selam pesanan Vietnam tersebut dibangun di galangan kapal di kota St Petersburg.

Varshavyanka Class (Proyek 636) merupakan peningkatan dari kapal selam Kilo Class dan dikenal juga dengan nama Improved Kilo. Kapal selam ini telah mengusung teknologi siluman, jelajah tempur yang ditingkatkan, memiliki kemampuan menggempur target di permukaan dan target bawah air.

Kapal selam ini dapat dipersenjatai torpedo, ranjau laut, dan rudal jelajah 3M-54 (SS-N-27). Kapal ini dirancang untuk beroperasi di kawasan perairan dangkal (zona litoral). Varshavyanka Class memiliki bobot benaman hingga 3.100 ton, kecepatan maksimum 20 knot, kedalaman selam hingga 300 meter dan diawaki oleh 52 personil.

en.ria.ru