Cari di Blog Ini

Jumat, 13 Juni 2014

TNI AU Siapkan Landasan Pesawat Tempur Di Perbatasan Malaysia Di Kalimantan Barat

Lapangan pesawat terbang yang berlokasi di Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, akan difungsikan kembali sebagai lokasi pendaratan dan tinggal landas pesawat tempur milik TNI-AU. Lapangan terbang peninggalan Belanda yang berada dekat dengan perbatasan Malaysia tersebut akan memiliki landasan pacu dengan panjang 2.500 meter yang bisa melayani berbagai jenis pesawat tempur milik TNI hingga jenis pesawat berbadan lebar.

Jet Tempur Sukhoi TNI-AU. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Jet Tempur Sukhoi TNI-AU.
TNI AU Bangun Landasan Pacu Pesawat Tempur di Perbatasan Malaysia.

Pasca pembangunan tiang pancang dan manuver helikopter Malaysia di perairan Tanjung Datok, Kalimantan Barat, TNI AU berencana memperkuat pertahanan udara. Landasan pacu eks peninggalan Belanda bakal difungsikan kembali untuk pendaratan pesawat tempur. "Ini instruksi Panglima TNI untuk memfungsikan kembali landasan pacu di Paloh, di perbatasan Malaysia menjadi landasan pangkalan AU," kata Asisten Operasi KASAU, Marsekal Muda Sudipo Handoyo, kepada wartawan saat berada di Lanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (9/6/2014).

Di Paloh, memang memiliki landasan pacu sepanjang 750 m dan telah dibersihkan dalam 5 hari terakhir ini. Landasan pacu itu sendiri dibangun sekitar 1978 silam dan berada dalam posisi strategis di perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia. Sudipo menerangkan, di Temajuk, Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, TNI AU juga akan menempatkan 500 personelnya sebagai penambahan kekuatan di pangkalan TNI AU. "Akan ada 500 personel di Temajuk setingkat batalion. Penguatan ini sebagai bentuk antisipasi provokasi dari Malaysia. Kita lakukan survei untuk analisis sejauh mana kekuatan yang dibutuhkan," ujar Sudipo.

Tidak hanya untuk TNI AU, lahan seluas 100 hektar juga tengah dipersiapkan untuk lahan markas TNI AL dan TNI AD. Dengan begitu, seluruh satuan akan ditempatkan di perbatasan utara Kalimantan Barat dengan Malaysia. "Landasan pacu Pangkalan AU yang kita benahi nanti akan memiliki panjang hingga 2.500 meter dan bisa didarati Boeing," tegasnya.

Pemerintah RI sempat memprotes pembangunan 3 tiang pancang suar oleh Malaysia di perairan Tanjung Datok, Sambas, Kalimantan Barat. Nelayan pun takut untuk melaut pasca pembangunan itu. Akhirnya melalui pertemuan dan pembicaraan kedua negara baru-baru ini, Malaysia menyepakati untuk menghentikan pembangunannya. Kedatangan Sudipo di Lanud Supadio, turut didampingi oleh Pangkoops AU 1 dan Dankorpaskhas serta Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Ibrahim Saleh. Selanjutnya dia bersama rombongan menuju ke Temajuk, Kabupaten Sambas, untuk mengecek lahan pembangunan pangkalan AU di wilayah itu

news.detik.com