Cari di Blog Ini

Senin, 16 Juni 2014

Jelang RIMPAC 2014, Kopaska TNI AL Asah Kemampuan Tempur

Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut terus mengasah kemampuan tempur dengan melakukan berbagai latihan. Kali ini Kopaska TNI AL melaksanakan latihan simulasi pembebasan kapal atau Maritime Interdiction Operation (MIO) dengan menggunakan kapal perang KRI Banda Aceh-593 sebagai lokasi latihan. Latihan dimaksud juga untuk menyiapkan diri guna mengikuti Latihan Bersama Multilateral Rim Of Pacific (Latma Multilateral RIMPAC) 2014 di Kepulauan Hawaii yang merupakan latihan militer maritim terbesar di dunia.

Kopaska TNI AL. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Kopaska TNI AL.
Menuju Hawaii, Kopaska latihan lawan perompak di KRI Makassar.

Letusan suara dari kontak tembak menggema di lorong-lorong KRI Banda Aceh-593. Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut tengah berlatih melumpuhkan perompak yang naik ke atas kapal. Kurang dari setengah jam, satuan elit milik TNI AL pimpinan Lettu Laut (P) Mugiyono dapat mengendalikan serta menguasai kapal kembali.

Operasi tempur laut tersebut, merupakan simulasi pembebasan kapal atau Maritime Interdiction Operation (MIO), yang diselenggarakan di atas kapal saat berlayar di Perairan Samudera Pasifik. Skenario tersebut dilakukan oleh Kopaska untuk terus mengasah kemampuan maupun skill Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dari tiap individu. Selain itu, hal tersebut dipersiapkan juga guna menyambut latihan Multilateral yang akan dilaksanakan oleh KRI BAC-593 di Hawai.

KRI Banda Aceh-593 dengan Komandan Letkol Laut (P) Arief Budiman, telah dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio dalam suatu upacara pelepasan di Dermaga Kolinlamil.

Rencananya kapal perang yang berada di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) ini akan mengikuti latihan militer maritim terbesar di dunia yang bertajuk Latihan Bersama Multilateral Rim Of Pacific (Latma Multilateral RIMPAC) 2014 pada tanggal 26 Juni sampai dengan 1 Agustus 2014 di Pearl Harbour training area dan perairan Kepulauan Hawaii.

Dalam latihan RIMPAC tahun 2014 ini, TNI Angkatan Laut selain melibatkan KRI Banda Aceh-593 juga akan menurunkan 1 Kompi Marinir. Pada Latma ini ada beberapa latihan yang digelar yakni pertempuran amfibi, pendaratan helikopter di dek kapal, misi SAR, latihan emergensi dan sebagainya.

www.merdeka.com