Cari di Blog Ini

Senin, 16 Juni 2014

F-22 Raptor Dilibatkan Dalam Latihan Cope Taufan 2014 Di Malaysia

Cope Taufan merupakan latihan militer yang didominasi unsur Angkatan Udara dan merupakan latihan militer dua tahunan yang diikuti Angkatan Udara Diraja Malaysia dan Pacific Air Forces. Dalam latihan ini melibatkan lebih dari 450 personil udara dan empat Airframes Angkatan Udara AS dengan penyertaan perdana pesawat tempur siluman F-22 Raptor untuk latihan militer di Asia Tenggara.

F-22 Raptor. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
F-22 Raptor.
Skuadron tempur 199 Hawaii National Guard bersama dengan Skuadron tempur 19 hadir dengan armada F-22 Raptor pada latihan tahun ini. Unit lain yang mendukung latihan termasuk jet tempur F-15 Eagle dari Skuadron 131 Massachusetts Air National Guard, pesawat C-130 Herculer dari Skuadron Angkut Udara 36 Yokota Air Base, Jepang; pesawat C-17 C-17 Globemaster III dari Skuadron 517 Pangkalan Udara Elmendorf-Richardson, Skuadron 535 dan Skuadron 204 Pangkalan Pearl Harbor-Hickam.

"Ini adalah latihan yang terbesar di sini untuk saat ini," kata Kolonel Keith Gibson yang bertindak sebagai komandan pada latihan Cope Taufan 2014. "Biasanya kami hanya melibatkan satu Airframe, tapi tahun ini kami mengerahkan empat Airframe dari seluruh PACAF dan melawan Airframe Malaysia yang berada di dua lokasi yang berbeda."

Partisipan latihan adalah unit penerbang dan unit darat dari PACAF, Komando Operasi Khusus Pasifik, RMAF dan Angkatan Darat Malaysia. Operasi udara termasuk superioritas udara, bantuan udara jarak dekat, pencegatan, angkut udara taktis, dan Combat SAR. "Ini merupakan tahun pertama kami menggabungkan latihan di dua lokasi. Koordinasi antara Subang dan di sini akan sangat aktif dan interaktif. Dengan kecanggihan latihan ini kami berharap dapat berbagi apa yang kita pelajari dan pengalaman kita di semua tingkat dari Royal Malaysia Air Force", kata Kolonel Ben Suri Mohamad Daued, komandan latihan kepala RMAF untuk Cope Taufan 2014.

Latihan ini dilaksanakan mulai 9 Juni 2014 hingga 20 Juni 2014 di PU Butterworth dan P.U. Subang. Cope Taufan dirancang untuk meningkatkan kesiapan kekuatan udara gabungan AS dan Malaysia. Tujuannya untuk meningkatkan kesiapan dan kerjasama Angkatan Udara AS dan Malaysia, meningkatkan kemampuan tempur antara kedua negara, dan mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional.

www.defencetalk.com