Cari di Blog Ini

Senin, 04 Juni 2012

6 kapal perang Indonesia dan AS terlibat latihan CARAT 2012 di Pantai Banongan, Situbondo

USS Germantown (LSD-42)
13 tank amfibi AS mendarat di Banongan

Sebanyak 13 tank serbu amfibi atau "amphibious assault vechicle" (AAV) milik Angkatan Laut Amerika Serikat, Senin pukul 10.00 WIB, mendarat di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur. Wartawan ANTARA Edy M Ya'kub yang mengikuti perjalanan kapal perang AS "United States Ship (USS) Germantown LSD-42" melaporkan, pendaratan 13 tank amfibi itu menandai dimulainya latihan bersama bersandi "CARAT" antara Angkatan Laut AS dengan TNI Angkatan Laut. "Tantangan kami hanya menyesuaikan waktu antara peluncuran tank ke laut dengan waktu pendaratan untuk memulai latihan di Pantai Banongan," kata 'Deck Chief Boatwains Mate' Buc (Sw) Ian Thrasher.

Setelah keluar dari "mulut" kapal USS Germantown LSD-42 itu, ke-13 tank amfibi itu "bertemu" dengan empat panser penyerbu BTR-50 milik TNI AL yang keluar dari "mulut" KRI Banda Aceh-593 untuk bergerak bersama melakukan "penyerbuan" Banongan yang disimulasikan sudah "dikuasai" musuh. Dalam skenario latihan, simulasi penyerbuan musuh itu, pasukan AS dan Indonesia akan mendapatkan bantuan helikopter yang diberangkatkan dari kapal USS Germantown LSD-42 pada Senin sore.

Secara terpisah, Komandan Satgas CARAT 2012 dari AS, Capt David A Welch, menegaskan bahwa pihaknya senang dengan kerja sama AS dengan Indonesia dalam latihan bersama CARAT 2012. "Saya senang, karena persiapan di darat dan di laut sangat memuaskan, apalagi kami sudah 18 tahun bekerja sama dengan Indonesia, baik di kawasan perairan Indonesia di wilayah barat maupun timur," ucapnya.

Tentang pilihan latihan di Banongan, Capt David A Welch mengaku hal itu merupakan rekomendasi pemerintah Indonesia, namun Banongan sendiri sudah lama menjadi lokasi latihan bersama antara TNI AL dan AL AS. "Dari sini, kami akan menggelar latihan serupa di Malaysia. Di sana, latihan juga digelar secara rutin dari wilayah yang bergantian, seperti di Lumut (pangkalan AL Malaysia) dan Kuanta," ujarnya, didampingi Ensign (Letda) Jason Tross dan penghubung media dari TNI AL, Letda (P) H.I. Yaman.

Dalam CARAT 2012, ketiga kapal AS bersama tiga KRI (kapal perang RI) menempuh perjalanan dari Surabaya ke Banongan dengan melintasi Selat Jawa selama sehari semalam sejak Minggu (3/6) pukul 07.48 WIB, dan akhirnya tiba di Pantai Banongan pada Senin (4/6) pukul 07.10 WIB. Dalam perjalanan, posisi kapal saat berangkat adalah USS Vande Grift di barisan terdepan, lalu diikuti KRI Sultan Iskandar Muda - 367, USCGC Waeshe, KRI Silas Papare - 384, KRI Banda Aceh - 593, dan USS Germantown LSD-42 yang berada di posisi paling belakang.

www.kemhan.go.id