Cari di Blog Ini

Senin, 18 Juni 2012

Indonesia-China rencanakan latihan militer bersama untuk pasukan khusus dan Angkatan Laut

Angkatan Laut China
RI-China tingkatkan kerja sama bidang pertahanan

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan dan pemerintah China terus meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan antara lain melalui pertukaran kunjungan pejabat pertahanan dan latihan bersama. Hal itu terungkap ketika Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro yang didampingi Sekretaris Jenderal Kemhan Marsekal Madya TNI Eris Herryanto, Kepala Pusat Komunikasi Publik Brigjen TNI Hartind Asrin beserta pejabat teras Kemhan lainnya menerima kunjungan anggota Komisi Militer Pusat dan Panglima Korp Artileri II (Strategic Missile Corps) CPLA Jenderal Jing Zhiyuan, di Kantor Kemhan, Jakarta, Senin (18-06-2012).

Sekretaris Jenderal Kemhan Marsekal Madya TNI Eris Herryanto mengatakan, Jenderal Jing Zhiyuan datang ke Indonesia untuk meningkatkan hubungan kerja sama di bidang pertahanan dan menindaklanjuti perkembangan kerja sama yang sudah dibicarakan antara kedua Menteri Pertahanan dua negara itu. Dalam pertemuan tersebut, kata dia, dibicarakan tentang kemungkinan latihan bersama bagi prajurit pasukan khusus dan Angkatan Laut kedua negara. "Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit Indonesia-China," ujarnya.

Menurut dia, latihan bersama akan dilaksanakan pada Juli 2012, prajurit Indonesia akan berkunjung ke China untuk latihan pasukan khusus. Selain itu, diagendakan latihan antar Angkatan Laut, tapi masih dalam pembicaraan 'navy to navy talk'. "Latihan ini untuk mengetahui bagaimana pengamanan maritim kedua negara. Direncanakan latihan bersama dilakukan di laut," kata Eris.

Kerja sama pertahanan lainnya, kata Eris, melakukan pertukaran kunjungan pejabat tinggi bidang pertahanan, khususnya Menhan secara bergantian ke negara masing-masing. "Kerja sama ini sudah berjalan dengan kunjungan Menteri Pertahanan China ke Indonesia pada tahun lalu. Tahun ini Menhan kita ke sana," katanya.

www.kemhan.go.id