Cari di Blog Ini

Selasa, 05 Juni 2012

USS Tripoli (LHA-7), kapal kedua generasi terbaru kapal serbu amfibi Angkatan Laut AS

USS Tripoli (LHA-7)
USS Tripoli (LHA-7), kapal kedua generasi terbaru kapal serbu amfibi Angkatan Laut AS

Angkatan Laut AS pada 31 Mei 2012 lalu telah menyepakati kontrak senilai US$ 2,38 miliar dengan perusahaan Huntington Ingalls Industries untuk pembuatan kapal serbu amfibi Tripoli (LHA 7). Kapal itu akan dibangun oleh divisi pembuatan kapal Ingalls.

Tripoli (LHA 7) akan menjadi kapal kedua dari generasi terbaru kapal serbu amfibi milik US Navy. Sebelumnya US Navy telah memesan pembuatan USS America (LHA 6). Tripoli akan memiliki dimensi panjang 844 kaki, lebar 106 kaki, dan bobot 44.971 long-ton. Dengan mengandalkan sistem propulsi turbin gas, Tripoli akan mampu berlayar dengan kecepatan lebih dari 20 knot.

Kapal ini mampu menampung 1.059 awak dan 1.687 pasukan. Sebagai kapal serbu, Tripoli akan mengangkut unit ekspedisi mariner, termasuk helikopter tiltrotor MV-22 Osprey dan jet tempur F-35B Joint Strike Fighter (JSF). Dengan kemampuan seperti itu, Tripoli bisa berperan sebagai kapal induk kecil seperti yang ditunjukkan oleh kapal LHD-Class pada operasi Pembebasan Irak.

Seperti USS America (LHA 6), LHA 7 juga memiliki penambahan dek hangar yang diperbesar untuk meningkatkan kapasitas layanan pesawat terbang. Peningkatan juga meliputi penataan dan perluasan fasilitas pemeliharaan pesawat serta fasilitas pendukung lainnya. Tripoli mampu beroperasi sebagai pemimpin dalam sebuah grup ekspedisi serbu.

Sebelumnya, Huntington Ingalls Industries telah membangun 5 unit kapal kelas Tarawa (LHA 1) dan 8 unit kapal kelas Wasp (LHD 1). Sedangkan pembangunan kapal serbu amfibi yang pertama dari America-Class (LHA 6) dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juni ini.

www.defpro.com