Cari di Blog Ini

Kamis, 18 Oktober 2012

Belanja Militer Negara-negara Asia Makin Meningkat

Militer Asia
Militer Asia. Negara-negara di Asia makin meningkatkan jumlah anggaran pertahanan dari tahun ke tahun. Ini bertolak belakang dengan negara-negara Eropa dan AS yang justru melakukan pemotongan anggaran militer selama beberapa tahun terakhir. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Belanja Militer Negara-negara Asia Makin Meningkat.
Kawasan Asia dipandang makin penting. Meskipun dunia dilanda krisis keuangan sejak 2008, kebanyakan negara di Asia tidak banyak terpengaruh oleh krisis tersebut bahkan kini negara-negara tersebut makin meningkatkan pengaruhnya dalam kegiatan global.

Indikasi peningkatan peran global negara-negara Asia ini ditanggapi Amerika Serikat dengan menuangkan sikapnya dalam Pedoman Strategis yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS. Dengan memproyeksikan bahwa anggaran pertahanan negara di kawasan Asia yang melebihi Eropa pada akhir tahun 2012, AS terus melanjutkan menggeser kekuatan militernya yang bakal terkonsentrasi di kawasan Asia-Pasifik.

Saat ini beberapa negara Asia sudah masuk dalam kelompok negara dengan anggaran pertahanan terbesar di dunia. Selain itu, tidak seperti anggaran pertahanan negara-negara di kawasan lain, anggaran militer Asia terus meningkat. Tren ini sangat bertolak belakang terutama dengan Eropa dan AS yang justru makin mengurangi anggaran militernya beberapa tahun terakhir ini.

Analisa dari sebuah laporan menyampaikan lima negara dengan anggaran pertahanan terbesar di Asia pada periode 2000 hingga 2011, yaitu China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Pada tahun lalu (2011), secara kolektif lima negara tersebut telah menghabiskan dana sebesar US$ 224 miliar untuk bidang militer.

www.defencetalk.com