Cari di Blog Ini

Senin, 10 November 2014

Senjata Laser Buatan China Berhasil Diuji Coba

Sebuah sistem senjata laser yang dikembangkan oleh China telah berhasil diuji coba. Dalam uji coba tersebut, senjata laser ini berhasil menembak jatuh pesawat drone dari jarak 1,2 mil. Senjata laser ini dikembangkan oleh lembaga China Academy of Engineering Physics (CAEP) dan China Jiuyuan Hi-tech Equipment Corporation.

Dikong Weishi, Senjata Laser Buatan China. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Dikong Weishi, Senjata Laser Buatan China.
Media pemerintah China, Xinhua, melaporkan bahwa negeri tirai bambu itu berhasil mengembangkan sistem senjata laser yang sangat akurat dan berhasil menembak jatuh pesawat drone ringan yang terbang pada ketinggian rendah. Lembaga yang mengembangkan sistem senjata laser tersebut, China Academy of Engineering Physics (CAEP), mengatakan bahwa senjata laser ini memiliki jangkauan tembak hingga 1,2 mil dan mampu menembak jatuh target dalam waktu 5 detik.

Sistem senjata laser yang dikembangkan oleh China Academy of Engineering Physics (CAEP) dan China Jiuyuan Hi-tech Equipment Corporation itu diharapkan bisa berperan efektif dalam mengantisipasi ancaman dari udara pada kegiatan penting yang mengharuskan berkumpulnya banyak orang di suatu tempat dan kegiatan pemetaan udara tanpa izin. Meriam laser ini efektif untuk menembak jatuh pesawat terbang ukuran ringan pada ketinggian maksimum 500 meter yang terbang dengan kecepatan 50 meter/detik.

Seorang pejabat dari China Jiuyuan Hi-Tech Equipment Corp, Yi Jinsong, mengatakan bahwa pesawat tak berawak ukuran kecil dan berbiaya murah cenderung bisa digunakan untuk sebuah serangan teroris dari udara. "Menjatuhkan drone seperti itu biasanya menjadi tugas para penembak jitu dan helikopter. Tapi cara ini seringkali mengakibatkan kerusakan yang tidak diinginkan," kata Yi Jinsong.

Pihak CAEP mengungkapkan bahwa sistem senjata laser ini bisa diinstal pada kendaraan darat. Dalam uji coba yang dilakukan, senjatan laser tersebut telah menembak jatuh 30 drone dengan tingkat keberhasilan 100%. Saat ini CAEP juga sedang mengembangkan sistem senjata laser yang sama, namun dengan kekuatan yang lebih besar dan jangkauan tembak yang lebih jauh.

www.theguardian.com


Tidak ada komentar: