Cari di Blog Ini

Selasa, 11 November 2014

USV Bonefish, Kapal Perang Tanpa Awak Yang Dikembangkan PT Lundin dan SAAB

Unmanned Surface Vessels (USV) Bonefish adalah jenis kapal perang tanpa awak yang saat ini sedang dikembangkan oleh PT Lundin yang bekerjasama dengan perusahaan SAAB dari Swedia. USV Bonefish ini bakal dilengkapi dengan sistem persenjataan antara lain rudal RBS15 Mk3 dan senapan otomatis 40Mk4. Untuk sistem sensornya, kapal perang tanpa awak ini didukung radar Sea Giraffe 1X 3D.

USV Bonefish. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
USV Bonefish.
Kapal Laut Tanpa Awak Ini Curi Perhatian Menhan Ryamizard.

Produsen alat pertahanan nasional, PT Lundin tengah dalam proses pembuatan Kapal laut tanpa awak. Bekerja sama dengan perusahaan asal Swedia, SAAB, PT Lundin masih dalam tahap membangun kapal bernama Unmanned Surface Vessels (USV) Bonefish. "Kita bekerja sama dengan SAAB. Mereka yang kerjakan teknologinya. Kita yang buat platformnya," ujar salah satu staf PT Lundin di Indo Defence 2014 Expo&Forum yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (5/11/2014).

Kapal ini dilengkapi dengan rudal RBS15 Mk3 yang berkecepatan subsonik. Rudal ini memiliki hulu ledak HET seberat 200 kg. Selain itu kapal ini juga dipersenjatai dengan naval gun 40Mk4. Tak hanya itu, radar Sea Giraffe 1X 3D yang memiliki berat 150 kg terpasang USV Bonefish ini. Radar ini disebut mampu mereduksi efek lengkung bumi.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu didampingi KSAL Laksamana Marsetio sempat mengunjungi stan yang menunjukkan prototype kapal tanpa awak ini. Ke depan, PT Lundin berharap agar bisa benar-benar produk unggulan itu secara mandiri. "Kan kita ada transfer teknologi supaya teknisi kita bisa buat sendiri," kata petugas yang sama.

news.detik.com


Tidak ada komentar: