Cari di Blog Ini

Minggu, 06 April 2014

P-8 Poseidon, Pesawat Pemburu Kapal Selam Buatan Boeing

Pesawat Boeing P-8 Poseidon (Awalnya memiliki sebutan Multimission Maritime Aircraft atau MMA) adalah pesawat militer yang dikembangkan dan diproduksi oleh Boeing Defense, Space & Security untuk Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy). Pesawat ini dimodifikasi dari pesawat 737-800. P-8 didesain untuk melakukan operasi anti-kapal selam (ASW), anti penyusupan dan untuk terlibat dalam peran intelijen elektronik (ELINT).

P-8 Poseidon. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
P-8 Poseidon.
P-8 Poseidon, Pesawat Pemburu Kapal Selam Buatan Boeing.

Boeing P-8 Poseidon adalah pesawat yang digunakan untuk misi atau operasi anti-kapal selam paling baru dan canggih saat ini. Dalam kesatuan US Navy, pesawat ini menggantikan peran pesawat P-3 Orion yang sudah digunakan sejak 1950-an. Seperti apa profil dan kecanggihan pesawat ini?

Dikutip dari situs Boeing dan Flightglobal, P-8 Poseidon adalah pesawat yang awalnya diproduksi khusus untuk US Navy oleh Boeing Defense, Space, and Security. Pesawat ini merupakan modifikasi dari pesawat untuk penerbangan sipil, Boeing 737-800ER. Pesawat militer itu dikembangkan untuk beberapa tujuan utama, melakukan pemantauan dan penyerangan kapal selam maupun armada laut asing di permukaan, serta melakukan pemantauan, pengawasan, dan pengintaian untuk beragam tujuan.

Salah satu tujuan penggantian P-3 Orion dengan Boeing P-8 Poseidon sendiri adalah untuk mengurangi biaya misi serta perawatan. P-8 Poseidon dikatakan mampu membawa muatan lebih banyak, terbang di ketinggian lebih tinggi, serta menjangkau area lebih luas.
Beberapa perangkat canggih yang dimiliki pesawat sepanjang 39,47 meter ini adalah High Altitude Anti-Submarine Warfare Weapon Capability (HAAWC) serta AGM-88 Harpoon Anti-Ship Missile. P-8 Poseidon juga memiliki sensor hidrokarbon yang digunakan untuk mendeteksi uap bahan bakar kapal selam. Bisa membawa 9 awak di kabinnya, P-8 Poseidon mampu menjalankan misi selama 6 jam untuk rentang wilayah 1.100 km dan 4 jam untuk rentang wilayah 2.000 km.

P-8 Poseidon (Denah Perangkat). Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
P-8 Poseidon (Denah Perangkat).
Meski lebih maju, P-8 Poseidon tetap membawa perangkat mumpuni yang sudah dimiliki P-3 Orion yang diproduksi Lockheed Martin, yaitu Magnetic Anomali Radar (MAD), perangkat yang berfungsi mendeteksi benda logam besar di kedalaman lautan, misalnya kapal selam.

P-3 Poseidon terbang perdana dalam sebuah tes pada 25 April 2009. Penerbangan untuk tujuan tes kemampuan selanjutnya dilakukan pada Agustus 2010. Produksi massal dalam jumlah terbatas sendiri dimulai sejak 4 Maret 2012. Hingga Juli 2013, sudah ada 15 unit pesawat yang dibuat. Sampai saat ini, sudah ada beberapa tipe pesawat. P-8 Poseidon yang dikembangkan untuk US Navy dinamai P-8A. Militer India memesan pesawat P-8I Neptune. RAAF juga memesan 8 pesawat tipe P-8A. Sementara Angkatan Udara AS memesan P-8 AGS untuk melakukan pemantauan daratan.

Untuk mendeteksi keberadaan benda ukuran besar berbahan logam yang tenggelam di lautan, seperti dalam usaha pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 di kawasan Samudra Hindia beberapa waktu lalu, perangkat yang sangat berguna adalah AN/APY-10 Radar yang dibuat Raytheon Co. Radar yang ada di hidung pesawat ini mampu mendeteksi debris logam bahkan di tengah gelombang tinggi.

Pada Januari 2014, laporan Bloomberg yang mengutip sumber di Pentagon, Michael Gilmore, menyatakan bahwa pesawat dengan harga per unit sekitar 201,4 juta dollar AS (menurut laporan US Government Accountability Office pada Maret 2013) ini kurang efektif dalam pengawasan dan pengintaian kapal selam dalam area yang luas. Boeing menanggapi laporan itu dengan menyatakan bahwa pihaknya akan bekerja keras memenuhi permintaan militer. Namun, Boeing menyatakan bahwa pada dasarnya radar dan perangkat lain P-8 Poseidon sudah mumpuni, mengalahkan P-3 Orion.

Terkait laporan tersebut, US Navy sendiri belum mengubah rencananya untuk mengaplikasikan 117 P-8 Poseidon pada tahun 2019. Program mengganti P-3 Orion dengan P-8 Poseidon sendiri telah menelan dana lebih dari 30 miliar dollar AS.

Spesifikasi Pesawat P-8 Poseidon :

Karakteristik Umum :
  • Kru : Penerbangan : 2; Mission : 7
  • Panjang : 39,47 meter
  • Lebar Sayap : 37,64 meter
  • Tinggi : 12,83 meter
  • Berat Kosong : 62.730 kg
  • Max. Berat Lepas Landas : 85.820 kg
  • Powerplant : 2 unit mesin CFM56-7B turbofan, masing-masing berdaya dorong 120 kN
Kinerja :
  • Kecepatan Maksimum : 490 knot (907 km/jam)
  • Kecepatan Jelajah : 440 kn (815 km/jam)
  • Jangkauan Terbang : 1.200 nm (2.222 km) 4 jam di stasiun (Anti-kapal selam misi perang)
  • Layanan Langit-langit : 12.496 m
Persenjataan :
  • Rudal SLAM-ER, Rudal Harpoon, Torpedo Mark 54 MAKO, dan beberapa jenis bom
sains.kompas.com, wikipedia.org