Cari di Blog Ini

Senin, 05 November 2012

Jet Tempur J-15 Latihan Pendaratan Dan Lepas Landas Diatas Dek Kapal Induk Liaoning

Shenyang J-15
Shenyang J-15, jet tempur multi-peran yang dirancang untuk berpangkalan diatas kapal induk. Shenyang J-15 dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation (SAC) dan melakukan penerbangan perdana pada 31 Agustus 2009. Desain dasar pesawat tempur ini diduga menggunakan model jet tempur Su-33 buatan Rusia. Pada tahun 2001, China memperoleh prototipe Su-33 dari Ukraina yang kemudian dikembangkan menjadi J-15. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Jet Tempur J-15 Latihan Pendaratan Dan Lepas Landas Diatas Dek Kapal Induk Liaoning.
Militer China pada Minggu (4/11/2012) lalu telah mengkonfirmasikan bahwa pesawat tempurnya telah melakukan latihan pendaratan dan lepas-landas di atas dek kapal induk Liaoning. Menurut laporan resmi yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan China, jet tempur tersebut melakukan manuver pendaratan, tanpa menghentikan gerakan lalu segera lepas landas lagi (Touch and Go).

Beberapa foto di internet yang diunggah oleh beberapa sumber tidak resmi memperlihatkan gambar jet tempur Shenyang J-15 melakukan beberapa kali manuver diatas dek kapal induk Liaoning. Para pengamat militer menduga bahwa para pilot J-15 tersebut sedang melakukan manuver touch-and-go.

Lan Yun, editor sebuah majalah perkapalan modern di Beijing mengatakan bahwa manuver touch-and-go adalah langkah terakhir dalam pelatihan utama untuk pilot pesawat tempur yang berpangkalan diatas kapal induk. "Dalam penerbangan nyata diatas dek kapal induk, jika pilot tidak dapat menyelesaikan pendaratan, mereka harus segera menyalakan afterburner dan segera lepas landas lagi dari dek," kata Lan.

Seorang pakar angkatan laut China pada 19 Oktober lalu mengatakan kepada People's Daily Online bahwa latihan manuver touch-and-go memungkinkan pilot untuk mengatasi faktor kecemasan atau perasaan takut.

Pengumuman kementerian pertahanan China ini dilakukan sehari setelah foto pesawat tempur J-15 dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation (SAC) untuk berpangkalan diatas kapal induk, beredar di internet. Sumber-sumber tidak resmi pengupload foto tersebut juga mengatakan bahwa jet tempur J-15 tersebut melakukan penerbangan dari Shenyang pada hari Sabtu, dua hari setelah penerbangan perdana jet tempur siluman Shenyang J-31 (baca: Jet Tempur Siluman Shenyang J-31 Berhasil Jalani Uji Terbang).

www.globaltimes.cn