Cari di Blog Ini

Kamis, 01 November 2012

Jet Tempur Siluman Shenyang J-31 Berhasil Jalani Uji Terbang

Shenyang J-31
Shenyang J-31 adalah jet tempur siluman yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation, China. Shenyang J-31 yang juga punya sebutan F-60 Gyrfalcon ini dirancang sebagai pesawat tempur yang berpangkalan diatas kapal induk. Sebelum J-31, China juga telah berhasil melakukan uji coba terbang jet tempur silumannya yang lain, Chendu J-20. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Jet Tempur Siluman Shenyang J-31 Berhasil Jalani Uji Terbang.
Harian Huanqiu Shibao pada Rabu (31/10/2012) lalu melaporkan bahwa China berhasil menyelesaikan uji terbang jet tempur generasi kelimanya yang terbaru, Shenyang J-31.

Keberhasilan uji penerbangan J-31 ini merupakan langkah penting bagi militer China yang telah menjadikan negara tersebut masuk dalam kelompok tiga negara di dunia, setelah AS dan Rusia, yang berhasil mengembangkan dan membuat pesawat tempur generasi kelima berteknologi stealth (siluman).

Shenyang J-31 adalah pesaawat jet tempur kelas menengah yang menggunakan dua mesin buatan Rusia yang saat ini masih dalam pengembangan prototipe. Versi produksi jet tempur ini akan menggunakan mesin WS-13 buatan China.

Seperti telah diketahui sebelumnya, selain Shenyang J-31, China juga telah mengembangkan jet tempur siluman Chengdu J-20 yang melakukan uji terbang perdana pada Januari 2011. J-20 juga dibekali teknologi siluman.

Uji coba penerbangan J-31 tersebut dilakukan saat makin meningkatnya ketegangan yang terjadi antara China dan negara-negara tetangganya, khususnya Jepang yang bersengketa dengan China atas kepemilikan Kepulauan Diaoyu (Kepulauan Senkaku) di Timur Laut China.

en.ria.ru