Cari di Blog Ini

Rabu, 20 November 2013

Fotros, Pesawat Drone Terbaru Buatan Iran

Berita Hankam: Fotros, Pesawat Drone Terbaru Buatan Iran. Fotros merupakan pesawat tanpa awak (drone) terbesar yang pernah dibuat Iran. Pesawar UAV ini memiliki jangkauan terbang hingga 2.000 kilometer dengan ketinggian hingga 25.000 kaki. Selain berfungsi sebagai pesawat pengamat dan pengintai, Fotros juga bisa melaksanakan misi serangan udara untuk menembakkan rudal Udara-ke-Permukaan.
Fotros Drone Iran. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Iran Perkenalkan Drone Baru Berdaya Jelajah 2.000 Km

Iran meluncurkan pesawat tanpa awak versi militer terbaru buatannya yang diberi nama Fotros, pesawat tak berawak terbesar mereka sampai saat ini. Menurut pemerintah Iran yang berafiliasi kantor berita Fars, pesawat drone Fotros bisa terbang hingga 1.250 mil atau 2.000 kilometer dengan waktu terbang antara 16 dan 30 jam pada ketinggian 25.000 kaki. Sementara baru bagi Iran, statistik ini menempatkan dengung tepat antara Predator Angkatan Udara AS (yang bisa terbang hanya setinggi untuk sama panjang, tapi kurang jangkauan) dan Reaper (yang dapat terbang lebih tinggi, di hampir kisaran yang sama, hanya selama). Ini adalah alat tambahan bagi Iran, tapi ini hampir tidak perlombaan senjata proporsi apokaliptik. Hal aneh tentang " drone perlombaan senjata, " jika memang ada satu, adalah bahwa drone ini tidak akan pernah melawan drone lainnya. Lengan Sebelumnya ras, seperti abad ke-20 awal selama satu kapal perang atau persaingan Perang Dingin lebih terus meningkatkan jet tempur high-end, sekitar kendaraan yang dirancang outfight satu sama lain. Bahkan perdebatan utama di kalangan angkatan laut sekarang, tentang cara terbaik untuk mengatasi senjata anti - kapal baru, melibatkan teknologi yang dirancang untuk melawan satu sama lain. Drone seperti Fotros, atau rekan American Reaper, tidak benar-benar seperti itu - setidaknya belum. Ini adalah pesawat lambat, dirancang terutama untuk pengintaian dan pengawasan, mereka berfungsi sebagai kamera terbang yang kadang menjatuhkan bom. Yang membuat mereka buruk di pertempuran udara - ke-udara, di mana mereka harus bergantung pada pesawat lain dan senjata anti-udara untuk mendukung mereka. Untuk Amerika Serikat, yang terampil menembak jatuh pesawat lawan, ini berarti itu tidak terlalu sulit untuk membersihkan langit sehingga Reapers dapat terbang penuh kisaran 1.150 mil dengan impunitas relatif. Fotros Iran, meskipun jangkauan mengklaim sekitar 1.250 mil, tidak hanya dibatasi oleh pesawat tak berawak itu sendiri, tetapi juga oleh ketersediaan perlindungan oleh Angkatan Udara Iran. Ada kemungkinan bahwa Fotros paling mampu, drone terpanjang -range Iran. Tapi jangan berharap Iran untuk memulai pertempuran menggunakan drone seperti Amerika Serikat tidak tanpa peningkatan yang cukup di seluruh Angkatan Udara Iran pertama.
Pemerintah Iran, Senin (18/11/2013), memamerkan pesawat tanpa awak (drone) terbarunya, seperti dikabarkan kantor berita IRNA. Pesawat tanpa awak yang dinamai Fotros ini dipersenjatai peluru kendali dan diklaim bisa terbang sejauh 2.000 kilometer. "Drone Fotros memiliki daya jelajah operasional hingga 2.000 kilometer dan bisa terbang di ketinggian 25.000 kaki (7.620 meter), selama 16-30 jam," kata Menteri Pertahanan Iran Mohammad Dehgan.

Dehgan menambahkan, drone ini bisa menjalankan misi pengintaian atau melakukan serangan dengan menembakkan peluru kendali udara ke darat. "Pesawat ini sukses menjalankan uji coba sekaligus menunjukkan bahwa sanksi internasional bukan halangan untuk kemajuan industri pertahanan Iran," ujar Dehgan dalam upacara peresmian drone Fotros.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Iran mengembangkan proyek drone yang ambisius dan mengakibatkan kekhawatiran bagi AS dan negara-negara Barat. Pada akhir September lalu, pasukan elite Garda Revolusi mengumumkan produksi massal drone "Shahed 129", yang diklaim mampu terbang sejauh 1.700 kilometer, mampu membawa delapan peluru kendali, dan terbang selama 24 jam.

Dalam bulan yang sama, Iran memamerkan drone yang dinamai "Yasser". Drone ini memiliki kemampuan misi pengintaian, mampu terbang selama delapan jam dengan jangkauan 200 kilometer di ketinggian 4.500 meter. Yasser diproduksi berdasarkan drone AS, ScanEagle, yang diklaim Teheran berhasil ditangkap pada Desember 2012. Angkatan Darat Iran juga mengumumkan tengah mengembangkan drone bernama Rad-85.

internasional.kompas.com