Cari di Blog Ini

Rabu, 06 November 2013

SR-72 Blackbird, Pesawat Pengintai Berkecepatan Mach 6 Yang Sedang Dikembangkan Lockheed Martin

Berita Hankam: SR-72 Blackbird, Pesawat Pengintai Berkecepatan Mach 6 Yang Sedang Dikembangkan Lockheed Martin. SR-72 Blackbird merupakan jenis pesawat UAV untuk keperluan militer di bidang pengawasan dan pengintaian. Kabarnya Lockheed Martin telah mengembangkan pesawat suksesor SR-71 ini sejak beberapa tahun lalu, bahkan rumor tentang pesawat ini sempat beredar di media pada tahun 2007.
Lockheed Martin SR-72 Blackbird. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Lockheed Martin SR-72 Blackbird

Lockheed Martin SR-72 Blackbird merupakan pesawat tanpa awak yang dirancang untuk menjadi penerus SR-71 Blackbird yang telah dipensiunkan operasionalnya oleh Amerika Serikat sejak tahun 1998. Akronim SR pada nama dua pesawat berkecepatan tinggi tersebut adalah Strategic Reconnaissance (Pengintai Strategis). SR-71 yang akan diteruskan tugasnya oleh SR-72 diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengisi kesenjangan antara cakupan pesawat subsonik pengintai berawak, pesawat UAV untuk keperluan intelijen, pengawasan dan pengintaian, serta misi penyerangan.

Pesawat dan satelit pengintai yang biasa digunakan saat ini rawan menjadi target serangan musuh karena makin berkembangnya teknologi persenjataan anti satelit, kontra stealth (siluman), dan taktik anti akses area. Sebuah pesawat pengintai berkecepatan tinggi seperti Lockheed Martin SR-72 Blackbird yang dirancang mampu melesat hingga Mach 6 dianggap bisa mengatasi ancaman-ancaman tersebut. SR-72 dianggap memiliki kans untuk menembus deteksi dan pencegatan dari pihak musuh.

Pada tahun 2007 sempat beredar rumor bahwa Lockheed Martin sedang mengembangkan sebuah model pesawat pengintai yang memiliki kecepatan hingga Mach 6 untuk Angkatan Udara AS. Baru pada tanggal 1 November 2013 lalu Skunk Works (salah satu divisi khusus pada Lockheed Martin) mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan SR-72 Blackbird. Konfirmasi tersebut dipublikasikan pada situs Aviation Week & Space Technology yang dengan segera memancing perhatian masyarakat luas.

Untuk membuat pesawat yang mampu melesat hingga kecepatan Mach 6, sejak tahun 2006 Lockheed Martin telah bekerjasama dengan Aerojet Rocketdyne untuk merancang sebuah mesin yang dibutuhkan. Aerojet Rocketdyne mengembangkan mesin scramjet HTV-3X, namun pengembangannya dihentikan pada tahun 2008.

SR-72 dirancang bakal memiliki kecepatan dua kali kecepatan pesawat SR-71 dan mampu mencapai ketinggian 24.000 meter. Mesin ramjet yang ada saat ini akan tidak bisa beroperasi pada kecepatan diatas Mach 4, dan mesin turbofan biasanya memiliki performa terbaik hingga kecepatan Mach 2.2. Pesawat SR-72 akan menggunakan sistem siklus gabungan berbasis turbin (TBCC: Turbine-Based Combined Cycle) sebagai tenaga pendorongnya. Pada kecepatan rendah, pesawat ini menggunakan mesin turbin, dan pada kecepatan tinggi akan menggunakan mesin scramjet. Mesin turbin dan scramjet tersebut menggunakan inlet dan nozzle yang sama tapi jalur aliran udara yang berbeda.

Prototipe pesawat ini (berawak) direncanakan akan dibuat pada tahun 2018. Prototipe pesawat tersebut memiliki panjang 18 meter dan menggunakan mesin berskala penuh. Prototipe ini akan diterbangkan (dijadwalkan pada tahun 2023) selama beberapa menit pada kecepatan Mach 6. SR-72 diharapkan bisa digunakan oleh Angkatan Udara AS pada tahun 2030.

wikipedia.org