Cari di Blog Ini

Jumat, 08 November 2013

Guizhou Soar Dragon, Pesawat UAV Pengintai Buatan China

Berita Hankam: Guizhou Soar Dragon, Pesawat UAV Pengintai Buatan China. Guizhou Soar Dragon dirancang sebagai pesawat tanpa awak dengan tugas pengintaian yang mampu terbang dalam waktu lama dengan ketinggian yang sangat tinggi. Pesawat ini juga bisa dipersenjatai dengan rudal Udara-ke-Permukaan untuk melakukan misi penyerangan bersifat khusus. Guizhou Soar Dragon dirancang oleh perusahaan Chengdu dan diproduksi oleh perusahaan Guizhou.
Guizhou Soar Dragon. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
China Ungkap Pesawat Tak Berawak Buatannya

Guizhou Soar Dragon, (bahasa Cina: pinyin : xiang panjang) adalah sebuah kendaraan udara tak berawak dari jenis High-Altitude Long Endurance (HALE), menampilkan yang tidak biasa bergabung, tandem wingplan. Pada 2011 ini sedang dikembangkan oleh Republik Rakyat Cina untuk pengintaian dan kemungkinan misi anti - pengiriman. Guizhou Soar Dragon, dirancang oleh Chengdu Aircraft Corporation dan dibangun oleh Guizhou Aircraft Industry Corporation untuk layanan dengan Tentara Pembebasan Rakyat Angkatan Udara, awalnya ditampilkan sebagai model di Zhuhai Air Show 2006. Dioptimalkan untuk misi panjang ketahanan pada ketinggian tinggi, pesawat memiliki tandem yang tidak biasa, bergabung dengan platform yang sayap. Kecuali untuk sayap, Melambung Naga mirip dalam penampilan dan misi ke Northrop Grumman RQ - 4 Global Hawk dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Besar oleh standar UAV, bergabung sayap Melambung Dragon memungkinkan untuk lebih kaku, planform sayap kurang fleksibel dibandingkan konfigurasi lainnya, dengan manfaat dikatakan termasuk peningkatan angkat-to - tarik rasio dan kontrol penerbangan kurang kompleks daripada HALE UAV dengan sayap konvensional akan membutuhkan. Pesawat ini didukung oleh Guizhou WP - 13 turbojet mesin, salinan dikembangkan dari Tumansky Soviet R - 13; diantisipasi bahwa lebih baru, mesin ditingkatkan, akan dipasang di pesawat produksi. Asupan udara untuk mesin yang dipasang di atas badan pesawat, dengan mesin itu sendiri dipasang di bagian belakang pesawat. The Soar Naga tidak diketahui belum melakukan penerbangan perdananya, namun itu adalah menjalani radar cross section dan tes elektromagnetik lainnya dalam mengantisipasi uji penerbangan. Dalam layanan dengan PLAAF, misi utama dari Soar Naga diharapkan akan pengintaian udara, namun sudah diperkirakan bahwa pesawat juga akan dilengkapi dengan sensor yang cocok untuk menunjuk kapal angkatan laut untuk penargetan oleh rudal balistik anti - kapal dan rudal jelajah.
Sebuah pesawat tak berawak yang diyakini produksi China mengundang kehebohan di dunia maya. Pesawat tersebut menunjukkan upaya keras China untuk mengembangkan teknologi militernya. Badan pesawat itu sekilas mirip pesawat tak berawak milik Amerika Serikat (AS) Global Hawk, hanya ukurannya lebih kecil. Namun tetap ada perbedaan dari pesawat milik China ini dengah Global Hawk, khususnya pada bagian sayap. Demikian diberitakan Reuters, Kamis (7/11/2013).

Kemampuan China untuk membuat pesawat tak berawak atau biasa disebut drone ini, tentunya membantu kerja militer Negeri Tirai Bambu. Berdasarkan ukurannya, pesawat tersebut sepertinya ditujukan untuk penerbangan jarak jauh.

Drone pada dasarnya adalah pesawat kecil yang dikendalikan dari jauh. Pesawat ini bisa digunakan sebagai pesawat mata-mata atau pun dilengkapi dengan senjata dan menyerang target terpencil tanpa diketahui musuh. Pesawat kali ini memiliki desain sama yang diungkap oleh Chengdu Aircraft Industry Corporation. Mereka menyebut pesawat itu dengan Soar Dragon dan sempat muncul di media dua tahun lalu. Produksi pesawat yang baru beredar di internet ini, memang jauh lebih kecil dibandingkan Soar Dragon. Tetapi badan pesawat sepertinya lebih mirip dengan drone milik AS.

China terus berupaya keras membuat desain drone yang baru. Diperkirakan, drone milik China ini akan dipasarkan ke luar negeri.

Karakteristik Umum Pesawat UAV Guizhou Soar Dragon :
- Awak : Tanpa awak (UAV)
- Panjang : 14,33 m
- Rentang Sayap : 24,86 m
- Tinggi : 5,41 m
- Mesin Pendorong : 1 unit Guizhou WP-13 turbojet, 43.1 kN

Kinerja :
- Kecepatan Jelajah : 750 km/jam
- Jangkauan : 7.000 km
- Jangkauan Tempur : 2.000 km
- Kemampuan Lama Terbang : 10 jam
- Ketinggian Maksimal Penerbangan : 18.000
- Daya Dorong/Berat : 5.8

international.okezone.com