Cari di Blog Ini

Sabtu, 11 Agustus 2012

2 kapal selam nuklir Kelas Borey AL Rusia akan ditempatkan di Armada Pasifik

K-535 Yuri Dolgoruky Borey Class Nuclear Submarine
Deputi Menteri Pertahanan Rusia Alexander Sukhorukov pada Rabu lalu (8-8-2012) mengatakan bahwa dua kapal selam nuklir Borey Class milik AL Rusia akan dikerahkan untuk memperkuat Armada Pasifik.

Dua kapal selam nuklir strategis kelas Borey yang masing-masing bernama Yury Dolgoruky dan Alexander Nevsky yang saat ini sedang melakukan uji coba pelayaran di Laut Putih tersebut diharapkan sudah dapat dioperasikan secara penuh pada akhir tahun 2012. "Saya pastikan bahwa kapal selam Kelas Borey pertama itu akan ditempatkan memperkuat Armada Utara dan selanjutnya akan didistribusikan ke Armada Pasifik setelah semua infrastruktur benar-benar siap," kata Sukhorukov.

Kedua kapal selam Kelas Borey itu dibangun di galangan kapal Sevmash yang berlokasi di kota pelabuhan Severodvinsk di Laut Putih.

Hingga tahun 2020 mendatang, Angkatan Laut Rusia diperkirakan akan menerima sedikitnya 10 kapal selam nuklir strategis kelas Borey.

Armada kapal selam yang akan dipersenjatai rudal balistik Bulava tersebut akan menjadi inti kekuatan kapal selam strategis Rusia setelah tahun 2018.

en.rian.ru