Cari di Blog Ini

Kamis, 09 Agustus 2012

Angkatan Laut AS tawarkan pelatihan awak kapal selam TNI-AL

Pangkalan Kapal Selam AS di Pearl Harbor, Hawaii.
AS siap fasilitasi latihan awak kapal selam

Angkatan Laut Amerika Serikat melalui Pangkalan Kapal Selam Grup 7 di Hawaii siap memfasilitasi program pelatihan bagi awak dan calon awak kapal selam TNI AL. Tawaran itu disampaikan Komandan Kapal Selam AS Grup 7, Rear Admiral Philip Sawyer, saat melakukan kunjungan ke Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) di Surabaya, Rabu.

Rombongan diterima Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo didampingi Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat, dan Direktur Pengkajian dan Pengembangan Kolonel Laut (P) Rudwin Thalib.

Mengutip keterangan tertulis Kepala Bagian Penerangan Kobangdikal Mayor Laut (KH) Rohman Arif, fasilitas pelatihan itu tidak hanya untuk prajurit yang berada di Satuan Kapal Selam, tetapi juga mereka yang menempuh pendidikan Sekolah Kapal Selam di Kobangdikal.

Saat diskusi dengan Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, Philip Sawyer juga menyampaikan keprihatinannya atas musibah kecelakaan yang menimpa prajurit kapal selam TNI AL saat melakukan latihan penyelamatan di Perairan Pasir Putih Situbondo, Jatim, beberapa waktu lalu. "Semua prajurit kapal selam adalah satu keluarga. Jika salah satu mengalami musibah, semua prajurit akan ikut merasakan kesedihan yang dialami," katanya.

Dalam kesempatan itu, Philip yang didampingi Atase Pertahanan Angkatan Laut AS Kapten Adrian Jansen, mendapat penjelasan tentang profil Kobangdikal yang salah satunya juga mendidik calon-calon awak kapal selam. Selanjutnya, mereka meninjau Sekolah Kapal Selam (Sekasel) dan fasilitas latihan serta mendapatkan penjelasan mengenai program pendidikan dan pelatihan bagi calon pengawak kapal selam di lembaga tersebut.

www.kemhan.go.id