Cari di Blog Ini

Sabtu, 25 Agustus 2012

Rusia berminat memproduksi tank Centauro dibawah lisensi Oto-Melara

B1 Centauro
Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin pada ajang pelaksanaan pameran produk militer di Ural, Jumat (24-8-2012) menyampaikan pernyataan bahwa Rusia tidak akan melakukan pembelian skala besar pada produk kendaraan militer lapis baja buatan negara lain. Militer Rusia hanya memerlukan beberapa contoh produk dari negara lain dengan pertimbangan keuntungan yang bisa Rusia peroleh dari kerjasama perakitan kendaraan lapis baja yang diinginkan. Hal tersebut hanya dilakukan pada beberapa produk yang belum dimiliki Rusia.

Pernyataan tersebut muncul setelah terlihat tank Centauro dengan roda penggerak 8x8 buatan Italia tampak diturunkan dari kapal di pelabuhan Novorossisyk. Pihak Oto Melara yang membuat tank Centauro tersebut pada Mei 2012 lalu mengatakan bahwa Rusia sedang menguji kendaraan tempur tersebut dan mempertimbangkannya untuk memproduksi sendiri dibawah lisensi Oto Melara Italia. Dua unit Centauro yang masing-masing bersenjata meriam kaliber 105 mm dan 125 mm sedang diuji di Moskow.

Yury Borisov, wakil kepala dari komisi industri militer Rusia mengatakan bahwa Rusia hanya akan membeli contoh produk militer negara lain untuk dipelajari teknologinya dan kemudian mereka akan memproduksinya sendiri.

Sebagai negara produsen, hingga saat ini Italia diketahui telah mengoperasikan 400 unit Centauro.

Pada bulan Januari 2012 lalu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Sukhorukov mengatakan bahwa pada bulan Desember 2011 Rusia dan Italia telah menandatangani kesepakatan perakitan 60 unit kendaraan lapis baja ringan multi-peran (LMV) Lynx buatan Iveco.

en.rian.ru