Cari di Blog Ini

Minggu, 12 Agustus 2012

Jet tempur Sukhoi T-50 dilengkapi sistem radar canggih terbaru

Sukhoi T-50 PAK FA
Perusahaan Sukhoi menyampaikan bahwa mereka telah memulai lakukan uji coba sistem radar baru pada pesawat tempur generasi ke-5, Sukhoi T-50, pada rabu (8-8-2012) lalu.

Radar X-Band baru itu secara bertahap telah diinstal pada prototip ketiga pesawat tempur Sukhoi T-50 dan menunjukkan kinerja yang lebih stabil dan efektif dibandingkan dengan sistem radar canggih yang ada selama ini.

Sistem radar tersebut dikembangkan oleh Tikhomirov Scientific Research Institute of Instrument Design yang berbasis di Moskow dengan menggunakan elemen nanoteknologi.

Radar ini memiliki kisaran akuisisi target yang diperpanjang dimana mode pemindaian udara dan darat bisa dioperasikan secara bersamaan sehingga mampu menyerang beberapa sasaran sekaligus. Radar ini juga memiliki kemampuan penanggulangan perang elektronik.

Jet tempur T-50 yang juga dikenal sebagai proyek PAK-FA pertama kali terbang pada Januari 2010 dan secara resmi ditampilkan pertama kali kepada publik pada pelaksanaan Moscow Air Show 2011.

Saat ini ada tiga prototip pesawat Sukhoi T-50 yang sedang diuji dibawah program pengembangan PAK-FA. Sementara pesawat keempat diharapkan bisa untuk mengikuti program yang sama pada tahun ini juga.

Kementerian pertahanan Rusia berencana untuk membeli 10 pesawat Sukhoi T-50 versi evaluasi setelah tahun 2012 dan kemudian membeli 60 pesawat versi standar setelah tahun 2015.

www.defencetalk.com