Cari di Blog Ini

Kamis, 09 Mei 2013

ADAM System, Model Senjata Laser Buatan Lockheed Martin

Sebuah model system persenjataan laser yang disebut ADAM system berhasil diuji coba untuk yang ke sekian kalinya. Persenjataan laser ADAM System yang dikembangkan oleh Lockheed Martin ini mampu menembak hancur beberapa benda terbang berupa roket kaliber kecil pada jarak 1,5 km.
ADAM System. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Pada Rabu (8/5/2013) lalu Lockheed Martin mengumumkan telah berhasil mendemonstrasikan kemampuan produk militer terbarunya, ADAM System, yang menghancurkan dengan tembakan berkas sinar laser pada sebuah benda terbang berupa roket kaliber kecil. Prototip system laser ini telah menghancurkan 8 roket yang menjadi target penembakan pada jarak sekitar 1,5 kilometer. Uji coba tersebut dilakukan pada periode Maret 2013 hingga April 2013

ADAM (Area Defense Anti-Munitions) System adalah model persenjataan laser yang portable, bisa dipindahkan pada lokasi yang diinginkan, dan merupakan system persenjataan permukaan. Senjata laser ini digunakan untuk perlindungan terhadap ancaman serangan benda terbang seperti roket atau rudal, pesawat UAV, dan kapal berukuran kecil pada jarak pendek.

Tes yang dilakukan oleh Lockheed Martin tersebut merupakan uji coba dengan skenario penembakan yang semakin kompleks dan realistis. Pada tahun 2012 lalu, system ini hanya diuji coba untuk menembak 11 roket kaliber kecil dalam sebuah simulasi ancaman serangan. Roket-roket tersebut diikat pada kabel sehingga seolah sedang terbang, lalu ditembak menggunakan berkas sinar laser dari ADAM System pada jarak 2 kilometer.

ADAM System menggunakan laser berkekuatan 10 kilowatt yang mampu menghancurkan target hingga pada jarak 2 km. Sedangkan sistem optiknya mampu mendeteksi ancaman serangan benda terbang hingga pada jarak 5 km.

Lockheed Martin telah merintis pengembangan persenjataan laser berenergi tinggi sejak 30 tahun yang lalu. Perusahaan pertahanan global ini berpusat di Bethesda, Maryland, AS. Mempekerjakan tidak kurang dari 118 ribu karyawan di seluruh dunia. Bergerak dalam bidang penelitian, desain, pengembangan, manufaktur, integrasi dan memelihara kelestarian sistem teknologi canggih, produk dan jasa. Pada tahun 2012 lalu, perusahaan ini telah membukukan angka penjualan bersih senilai US$ 47,2 miliar.

www.lockheedmartin.com