Cari di Blog Ini

Kamis, 12 Juli 2012

Angkatan Laut AS order hovercraft pendarat generasi baru

Hovercraft Rancangan Textron
Angkatan Laut AS order hovercraft pendarat generasi baru

Pentagon mengumumkan bahwa Angkatan Laut AS pada hari Jumat lalu telah memerintahkan pembuatan unit hovercraft yang pertama dari generasi baru kapal pendarat, dengan total pesanan delapan unit atau lebih. Setelah bisa dioperasikan armada hovercraft baru ini akan digunakan untuk menggantikan armada hovercraft lama.

Kontrak pembuatan armada hovercraft tersebut disepakati dengan perusahaan pertahanan Textron sebesar US$ 213 juta dan akan meningkat menjadi US$ 570 juta jika delapan unit hovercraft lainnya mulai dikerjakan, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan. Unit Ship-to-Shore Connector (SSC) yang pertama dijadwalkan akan diterima Angkatan Laut AS pada tahun 2017 dan akan dioperasikan 3 tahun kemudian.

SSC hovercraft diharapkan secara bertahap akan menggantikan 91 unit Landing Craft Air Cushion-class (LCAC) hovercraft yang sudah dioperasikan sejak tahun 1982. Menurut seorang pejabat tinggi Angkatan Laut AS, Ray Mabus, biaya pembelian dan pengoperasian hovercraft SSC relatif lebih rendah dibandingkan armada hovercraft LCAC sebelumnya.

Angkatan Laut AS mensyaratkan 1 unit SSC harus dapat mengangkut beban hingga 74 ton, cukup untuk mengangkut beberapa tank, mampu melaju dengan kecepatan 35 knot (65 km/jam) lebih dengan jarak jelajah lebih dari 25 mil laut.

www.defencetalk.com