Cari di Blog Ini

Rabu, 04 Juli 2012

Presiden SBY sarankan negara-negara Asia Pasifik adakan latihan militer penanganan bencana alam bersama

Susilo Bambang Yudhoyono
SBY Usulkan Latihan Militer Tangani Bencana kepada Australia dan Amerika

Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Selasa (3/7) mengusulkan diadakannya latihan militer penanganan bencana bersama di antara Indonesia, Australia, dan Amerika Serikat. Hal ini terungkap dalam acara "Pertemuan Tahunan Kedua Para Pemimpin Indonesia-Australia" yang berlangsung di Darwin, Selasa (3-7-2012).

Dalam pertemuan tahunan itu, Yudhoyono juga menyarankan agar negara-negara di kawasan Asia-Pasifik lainnya termasuk Cina, juga bisa bergabung dengan Amerika Serikat untuk melakukan latihan militer yang terkait dengan operasi bantuan bencana. "Kami berharap Amerika Serikat, Cina dan juga negara-negara lain di Asia-Pasifik dapat bergabung dengan kami menghadapi bencana alam," kata Yudhoyono seperti dilaporkan Yahoo News, Selasa (3/7).

Seperti diketahui, Australia telah menerima kehadiran anggota tentara Angkatan Laut AS di wilayahnya. Bahkan, pangkalan militer AS tersebut akan segera dibangun di Darwin, yang wilayahnya dekat dengan Indonesia.

Sekitar 2.500 marinir AS akan dikirim ke Darwin pada 2016-2017 mendatang. Menurut otoritas AS dan juga Australia, kehadiran marinir tersebut bisa berguna dalam memberikan bantuan darurat jika terjadi bencana di Asia-Pasifik, seperti tsunami di Aceh tahun 2004 lalu.

www.pikiran-rakyat.com