Cari di Blog Ini

Selasa, 17 Juli 2012

Qatar ajukan pembelian 24 unit helikopter AH-64D Apache Block III Longbow

AH-64D Apache Block III Longbow
Keagenanan kerjasama pertahanan dan keamanan AS pada 10 Juli lalu melaporkan kepada Kongres kemungkinan pembelian 24 unit helicopter serang AH-64D Apache Block III Longbow beserta paket pendukungnya oleh militer Qatar. Paket pembelian peralatan persenjataan tersebut diperkirakan mencapai nilai US$ 3 miliar.

Jika kontrak pembelian ini bisa direalisasikan, akan memberikan kontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS. Akuisisi armada helikopter tempur ini juga akan meningkatkan keamanan negara sekutu seperti Qatar yang telah menjadi kekuatan penting bagi kemajuan politik dan ekonomi AS di kawasan Timur Tengah. Hingga saat ini Qatar menjadi tempat Komando Sentral AS yang dapat difungsikan jika terjadi krisis di wilayah tersebut.

Rencana pembelian armada helikopter itu juga bisa diintegrasikan dalam latihan bersama pasukan AS yang berkontribusi terhadap keamanan regional dan interoperabilitas.

Armada AH-64D Apache tersebut akan menggantikan armada lama yang sudah dianggap uzur. AH-64D Apache mampu memenuhi persyaratan untuk keperluan dukungan udara, pengintaian, dan pertempuran anti tank. Helikopter-helikopter tersebut akan memberikan kemampuan pertahanan dan ofensi jangka panjang pada Semenanjung Qatar serta meningkatkan perlindungan terhadap infrastruktur minyak dan gas bumi yang sangat vital bagi AS dan kepentingan ekonomi pihak barat.

Rencana penjualan armada AH-64D Apache kepada Qatar tidak akan mengubah keseimbangan militer secara mendasar di wilayah tersebut. Proyek pengadaan pembelian paket persenjataan oleh Qatar ini akan melibatkan beberapa pelaku utama industry pertahanan seperti Boeing, Lockheed Martin, General Electric, Longbow Ltd, dan Raytheon.

www.defencetalk.com