Cari di Blog Ini

Sabtu, 08 September 2012

Australia Memulai Proyek Pembuatan Kapal Destroyer Senilai US$ 8 Miliar

Álvaro de Bazán class
Álvaro de Bazán class adalah kapal frigate milik Spanyol yang digunakan sebagai desain dasar pembuatan kapal AWD. Australia telah memulai pembuatan 3 unit kapal AWD yang diklaim memiliki kemampuan tempur lebih baik dibanding kapal jenis destroyer lainnya. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. Australia Memulai Proyek Pembuatan Kapal Destroyer Senilai US$ 8 Miliar.
Australia Memulai Proyek Pembuatan Kapal Destroyer Senilai US$ 8 Miliar

Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith pada Kamis (6/9/2012) lalu telah menghadiri upacara peletakan lunas pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan kapal destroyer pertama buatan Australia. Jenis kapal perang pada proyek ini disebut Air Warfare Destroyer (AWD) yang rancang desainnya dikerjakan oleh perusahaan Navantia, Spanyol. 3 unit kapal AWD yang juga disebut Hobart Class Destroyer ini direncanakan akan dibuat dan keseluruhannya menelan biaya US$ 8 Miliar (Rp 76 triliun).

Pembangunan kapal perang AWD ini merupakan proyek pengadaan militer terbesar di Australia. Hampir sekitar 2.500 orang dilibatkan langsung pada proyek ini, termasuk 1.500 pekerja galangan kapal di Adelaide, Newcastle dan Melbourne.

Kapal AWD dirancang untuk memiliki kemampuan melindungi pasukan bersenjata Australia yang beroperasi di kawasan pesisir. Selain memiliki kemampuan defensif dan ofensif berlapis, AWD juga mendapatkan peningkatan pada kemampuan standar kapal destroyer seperti pertahanan udara, anti kapal selam dan permukaan.

Proyek AWD melibatkan pembuatan 90 blok baja yang terpisah (30 blok untuk setiap kapal) dan 3 blok sonar (1 blok untuk setiap kapal). Komponen-komponen kapal tersebut dibuat di sejumlah galangan kapal di Australia dan negara lain. Pabrikan kapal ASC di Adelaide akan menyelesaikan sebagian besar pembuatan kapal ini, dan selebihnya akan dikerjakan bersama oleh perusahaan BAE Systems di Melbourne, Forgacs di Newcastle dan Navantia di Spanyol.

Tiga kapal destroyer yang direncanakan dibangun itu adalah HMAS Hobart (AWD01) yang rencananya akan diselesaikan pembangunannya pada Maret 2016, HMAS Brisbane (AWD02) direncanakan selesai pembangunannya September 2017 dan HMAS Sydney (AWD03) pada Maret 2019.

www.defpro.com