Cari di Blog Ini

Selasa, 16 September 2014

MBT-3000, Tank Tempur Utama Buatan China Khusus Untuk Ekspor

MBT-3000 adalah jenis kendaraan tank tempur utama (MBT: Main Battle Tank) generasi 3 dari negara China yang dibuat khusus untuk diekspor ke negara-negara peminat. Di negeri asalnya, tank ini punya nama VT-4 dan diproduksi oleh perusahaan NORINCO (China North Industries Corporation). MBT-3000 merupakan versi perbaikan dari VT1A.

MBT-3000. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
MBT-3000.
Kendaraan tempur ini mirip dengan tank Type 99G yang saat ini dioperasikan PLA (Tentara Pembebasan Rakyat China). Tapi dalam hal kemampuan tempur dan lain-lain, MBT-3000 berada dibawah tank Type 99G. Keberadaan MBT-3000 ini pertama kali ditampilkan kepada publik di China pada tahun 2012. Menurut kabar, model tank ini juga ditawarkan kepada negara Pakistan untuk dikembangkan menjadi MBT Al Khalid Mk.2.

MBT-3000 tidak menggunakan desain baru yang orisinil dan sebagai dasar pengembangannya tank tempur utama ini menggunakan model tank T-72 buatan Uni Soviet yang sudah digunakan pada era perang dingin lalu. Pihak China memperoleh tank T-72 dari Rumania dan memproduksinya ulang. Bisa dikatakan bahwa MBT-3000 adalah contoh terbaik dari peningkatan kinerja tempur dari tank yang desain awalnya diambil dari model tank buatan era Uni Soviet. Meskipun begitu masih terlihat bahwa desain MBT-3000 juga terpengaruh dengan model tank-tank buatan negara-negara barat.

Sistem Perlindungan MBT-3000

MBT-3000 menggunakan teknologi yang hemat biaya karena tank ini memang dirancang untuk tujuan ekspor ke negara-negara berkembang. Ciri dari T-72 yang masih bisa dirasakan pada MBT-3000 adalah bodinya yang tidak terlalu tinggi. Lambung dan turret tank ini terbuat dari konstruksi baja yang dilas dengan lapisan baja komposit, selain itu ada penambahan modul baja pelindung dari ledakan. Pada side skirt (pelindung roda), dilengkapi dengan lapisan besi reaktif. MBT-3000 juga mengaplikasikan sistem pelindung NBC (Nuclear, Biological, and Chemical). Juga sudah ditambahkan sistem pemadam kebakaran dan peredam efek ledakan yang baru.

Pihak NORINCO juga menawarkan sistem perlindungan lainnya, yaitu sistem pencegahan pasif. Sistem ini menggunakan pelontar granat asap untuk menghindarkan tank dari target sinar laser penjejak yang biasa digunakan oleh rudal anti-tank.

Persenjataan MBT-3000

Senjata utama MBT-3000 adalah meriam smoothbore kaliber 125 mm. Meriam ini menggunakan pengisian amunisi secara otomatis (autoloader). Keberadaan autoloader ini menghapus kebutuhan awak pengisi amunisi sehingga bisa mengurangi ukuran dimensi tank. Autoloader ini mampu melakukan pengisian amunisi dengan kecepatan 8 amunisi per menit. Sistem pada meriam ini juga bisa digunakan untuk menembakan rudal anti-tank. Jenis rudal yang digunakan adalah 9K119 Refleks (AT-11 Sniper) yang sebenarnya buatan Rusia tapi kini sudah diproduksi di China dibawah lisensi. Rudal ini memiliki jangkauan tembak hingga 5.000 meter.

MBT-3000 mampu membawa 33 amunisi meriam utama, 22 unit sudah siap ditembakan, dan 11 unit berada di bagian lambung penyimpan.

Selain meriam kaliber 125 mm, tank ini dilengkapi senjata bantu berupa senapan mesin koaksial kaliber 7,62 mm yang terpasang diatap kubah. Penembak tak perlu muncul dari lubang kubah untuk mengoperasikan senapan mesin ini karena sudah bisa dikendalikan dari dalam kabin tank secara digital.

Persenjataan pada MBT-3000 memang sepenuhnya dioperasikan secara digital dan dilengkapi sistem manajemen tempur. Awak tank menggunakan monitor termal generasi kedua untuk mengoperasikan semua sistem persenjataan. Sistem ini telah dikembangkan oleh NORINCO bekerjasama dengan pihak ASELSAN di Turki. Tank tempur utama ini dilengkapi juga dengan sistem navigasi GPS.

Sistem Penggerak MBT-3000

MBT-3000 dioperasikan tiga orang awak, yaitu komandan, penembak dan pengemudi. Tank tempur utama ini didukung mesin diesel turbocharged berdaya 1 300 hp. Sebagian pengamat militer berpendapat mungkin mesin ini diimpor dari Ukraina. Tapi beberapa sumber lain melaporkan bahwa MBT-3000 kemungkinan juga dilengkapi dengan diesel yang lebih kuat dan memiliki daya 1 500 hp. Mesin ini diintegrasikan dengan gearbox otomatis. Tangki bahan bakar tambahan dapat dipasang untuk keperluan jangkauan operasional jarak jauh.

www.military-today.com