Cari di Blog Ini

Senin, 22 September 2014

Soryu-Class, Kapal Selam Militer Buatan Jepang

Kapal selam Soryu-Class atau Kelas Soryu adalah kapal selam diesel-listrik yang dirancang dan dibangun oleh Industries and Kawasaki Shipbuilding Corporation untuk Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang (JMSDF: Japan Maritime Self-Defense Force). Soryu-Class adalah versi perbaikan dari kapal selam Oyashio Class.

Kapal Selam Soryu (SS-501). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Kapal Selam Soryu (SS-501).
Jepang adalah salah satu dari sedikit negara yang sangat menguasai teknologi pembuatan kapal selam. Pada dekade awal abad 20, Jepang sudah mampu membangun kapal selamnya sendiri. Bahkan pada Perang Dunia II, negeri matahari terbit ini telah membuat rajanya kapal selam alias kapal selam terbesar pada masa itu, yaitu kapal selam Sen Toku-Class yang memiliki panjang 122 meter dan lebar 12 meter.

Kapal selam militer terbaru yang sudah dikembangkan dan dibangun oleh Jepang saat ini adalah kapal selam dari Kelas Soryu atau Soryu-Class. Kapal selam ini memiliki fitur yang cukup maju, bahkan beberapa literatur militer memasukkan Soryu-Class dalam top 10 kapal selam militer terbaik dunia. Beberapa waktu lalu, Australia yang memiliki Angkatan Laut yang cukup maju pun tertarik untuk memborong 10 unit kapal selam Soryu-Class. Apa saja kehebatan yang dimiliki oleh Soryu-Class ini?

Kapal selam Kelas Soryu adalah kapal selam diesel-listrik yang dirancang dan dibangun oleh Industries and Kawasaki Shipbuilding Corporation untuk Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang (JMSDF: Japan Maritime Self-Defense Force). Soryu-Class adalah versi peningkatan dari kapal selam generasi sebelumnya, Oyashio Class. Kapal selam pertama dari kelas Soryu (SS-501) mulai dibangun pada bulan Maret 2005 dan diluncurkan pada bulan Desember 2007, kemudian secara resmi dioperasikan pada Maret 2009.

Kapal Selam Unryu (SS-502). Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Kapal Selam Unryu (SS-502).
Jepang merencanakan mengoperasikan 10 unit kapal selam jenis ini. Saat ini baru 5 unit kapal selam Soryu-Class yang sudah diproduksi dan dioperasikan, yaitu Soryu (SS-501), Unryu (SS-502), Hakuryu (SS-503), Kenryu (SS-504), dan Zuiryu (SS-505). 1 unit kapal selam Soryu-Class, yaitu Kokuryu (SS-506), masih dalam proses produksi dan direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2015.

Desain dan Fitur Kapal Selam Soryu-Class

Soryu-Class mengusung desain hidrodinamik berdasarkan kelas kapal selam Oyashio Class. Memiliki perpindahan yang lebih besar daripada kapal selam kelas lainnya yang dioperasikan oleh JMSDF. Lambungnya terbuat dari baja bertekanan tinggi dan ditutupi dengan lapisan anechoic untuk mengurangi pantulan gelombang akustik. Interior kapal selam mengandalkan komponen keras isolasi akustik.

Kapal selam ini dilengkapi dengan mesin Stirling untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan propulsi bawah air. Mesin ini mendukung keunggulan operasional bawah air. Sistem sonar dengan kinerja tinggi pada kapal ini makin meningkatkan kemampuan pengawasan. Soryu-Class juga dilengkapi fitur stealth (siluman).

Kapal selam ini memiliki panjang keseluruhan 84 meter, lebar 9,1 meter, dan draft normal 8,4 meter. Memiliki bobot perpindahan ketika berada dipermukaan 2.900 ton dan bobot perpindahan ketika menyelam sebesar 4.200 ton. Soryu-Class mampu mengangkut 65 awak kapal. Saat berlayar di permukaan, kapal selam ini memiliki kelajuan 13 knot (24 km/jam) dan kelajuan saat menyelam adalah 20 knot (37 km/jam). Untuk jangkauan pelayaran, Soryu-Class mampu menempuh hingga 6.100 nautikal mil (11.297 km). Kapal selam ini mampu menyelam hingga kedalaman 500 meter.

Kapal Selam Hakuryu (SS-503). Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Kapal Selam Hakuryu (SS-503).
Persenjataan Kapal Selam Soryu-Class

Kapal selam ini dilengkapi dengan enam tabung torpedo HU-606 kaliber 533 mm untuk torpedo Type 89 dan rudal anti-kapal UGM-84 Harpoon. Type 89 adalah torpedo yang dipandu homing aktif dan pasif. Torpedo ini memiliki kecepatan maksimum 130 km/jam dan dapat diluncurkan mengincar target hingga jarak 50 km. Type 89 memiliki hulu ledak seberat 267 kg. Sedangkan rudal anti-kapal UGM-84 Harpoon memiliki jangkauan lebih dari 124 km dan kecepatan 864 km/jam.

Sensor dan Radar Kapal Selam Soryu-Class

Kapal selam ini dilengkapi dengan sistem navigasi ZPS-6F atau radar permukaan pencarian, sistem sonar yang mengintegrasikan empat array frekuensi rendah, busur-array dan array sonar ditarik.

Sistem Perlindungan Kapal Selam Soryu-Class

Kapal selam ini didukung sistem EMS (electronic support measures) ZLR-3-6. Ada dua tabung yang terpasang untuk melindungi Soryu-Class dari pancaran pencari sumber akustik (ADC).

Propulsi Kapal Selam Soryu-Class

Kapal selam ini didukung oleh sistem propulsi diesel-listrik yang terdiri dari dua unit mesin diesel Kawasaki 12V 25/25 SB dan empat unit mesin Stirling Kawasaki Kockums V4-275R yang memberikan daya dorong sebesar 2.900 kW untuk berlayar di permukaan dan 6.000 kW ketika melaju saat menyelam.

Soryu-Class adalah kapal selam pertama dari JMSDF yang sudah dilengkapi dengan mesin Stirling yang diproduksi oleh perusahaan Kockums asal Swedia. Stirling adalah mesin pembakaran eksternal dengan tingkat suara mesin yang sangat rendah. Sistem propulsi Kockums Stirling pada kapal selam ini mengurangi kebutuhan untuk pengisian baterai yang membuat kapal harus sering muncul di permukaan sehingga dengan demikian meningkatkan daya tahan menyelam kapal ini.

Motor listrik penggerak baling-baling melalui poros tunggal. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan kemudi X untuk memberikan kemampuan manuver yang tinggi saat kapal selam berada pada kedalaman yang sangat dekat dengan dasar laut. Konfigurasi kemudi X ini awalnya dikembangkan oleh Kockums untuk kapal selam Gotland Class . Sistem propulsi ini menyediakan kecepatan maksimum 20 knot (37 km/jam).

naval-technology.com, wikipedia.org