Cari di Blog Ini

Kamis, 25 September 2014

Pesawat A400M Atlas Pertama Pesanan Malaysia Masuki Tahap Akhir Produksi

1 unit pesawat A400M Atlas pertama dari total 4 unit pesawat sejenis yang dipesan Malaysia dari perusahaan Airbus Defence and Space (DS) sudah hampir selesai dirakit. Selanjutnya pesawat tersebut akan menjalani uji manuver di landasan dan uji penerbangan. Keseluruhan pesawat A400M Atlas pesanan Malaysia ini akan selesai diserahkan kepada Angkatan Udara Diraja Malaysia pada tahun 2016.

Pesawat Angkut Militer A400M. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
Pesawat Angkut Militer A400M.
Pada tanggal 8 Desember 2005 lalu Malaysia telah memesan 4 unit pesawat angkut militer A400M Atlas dari produsen pertahanan dan pesawat Airbus Defence and Space (DS). Pada 23 September 2014 perusahaan tersebut mengumumkan bahwa pesawat pertama dari pesanan Malaysia ini telah memasuki tahap akhir proses perakitan.

Setelah menjalani uji manuver di landasan dan uji kelaikan udara, pesawat A400M Atlas ini akan diserahkan kepada Royal Malaysia Air Force (RMAF) / Angkatan Udara Diraja Malaysia pada kuartal pertama tahun 2015. Dua unit pesawat tersebut akan dikirimkan pada tahun tersebut dan pesawat terakhir akan diserahkan pada tahun 2016.

Kelompok pertama pilot dari Malaysia sudah menjalani pelatihan di Airbus DS International Training Centre di Seville - Spanyol, dan akan bergabung dengan para teknisi pemeliharaan dalam beberapa minggu mendatang.

Malaysia menjadi negara pertama pembeli pesawat A400M ketika mendaftar untuk program ini pada tahun 2005. 4 unit pesawat angkut militer A400M Atlas yang dibeli negara ini akan memperkuat armada C-130H Hercules yang direncanakan akan menjalani program retrovit.

Kontrak pengadaan 4 unit pesawat A400M Atlas pesanan Malaysia ini dilaporkan menelan biaya MYR 8 miliar atau setara USD 2,5 miliar. Namun demikian Malaysia mendapatkan MYR 907 juta dari kontrak tersebut karena perusahaan Composites Technology Research Malaysia Sdn Bhd (CTRM) juga dilibatkan dalam pembuatan beberapa komponen pesawat ini.

www.janes.com


Tidak ada komentar: