Cari di Blog Ini

Minggu, 28 September 2014

5 Kapal Cepat Rudal Buatan Indonesia Diresmikan Menteri Pertahanan

5 unit kapal perang jenis kapal cepat berpeluru kendali 40 meter (KCR-40) diresmikan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro. kapal cepat berpeluru kendali 40 meter (KCR-40) itu yang dibangun oleh PT Palindo Marine Shipyard dan PT Citra Shipyard di Batam tersebut adalah KRI Surik (645), KRI Siwar (646), KRI Parang (647), KRI Terapang (648), dan KRI Sidat (851).

KRI Terapang (648). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
KRI Terapang (648).
Lima kapal perang buatan Indonesia diresmikan.

Galangan kapal swasta nasional juga memberi andil dalam penguatan armada kapal perang TNI AL. Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, Sabtu (27/9/2014), meresmikan empat kapal perang berlabel buatan Indonesia, KRI Sidat (851), KRI Surik (645), KRI Siwar (646), KRI Parang (647) dan KRI Terapang (648) di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar, Batam. "Kapal-kapal itu resmi masuk jajaran armada TNI AL," kata Yusgiantoro dalam upacara peresmian lima kapal perang kelas kapal cepat berpeluru kendali 40 meter (KCR-40) itu. Kapal-kapal perang kelas ini sangat pas untuk operasi patroli laut terbatas dengan peluru kendali sebagai senjata utamanya.

Yusgiantoro tidak sendirian dalam peresmian itu, karena Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, juga menyaksikan, bersama sejumlah lain pimpinan di lingkungan Kementerian Pertahanan, Markas Besar TNI, dan Markas Besar TNI AL.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Protocol of Delivery oleh direktsi PT Palindo Marine dan PT Citra Shipyard Batam kepada TNI AL sebagai satuan pengguna.

Peningkatan jumlah dan kualitas kekuatan militer di laut, baik untuk kapal perang kelas KRI ataupun Kapal TNI AL alias KAL, merupakan jawaban konsekuensi atas kondisi geografis wilayah indonesia yang sebagian besar adalah lautan. "Keberadaan KRI dibangun atas karya anak-anak bangsa Indonesia, yang dijadikan bukti sebagai tanda kebangkitan industri dalam negeri guna kemandirian bangsa," kata Yusgiantoro.

Kelima KRI buatan PT Palindo Marine Shipyard dan PT Citra Shipyard rencananya akan diikutkan dalam pelayaran lintas kehormatan, di Surabaya, pada HUT ke-69 TNI, di Markas Komando Armada Indonesia di Kawasan Timur TNI AL, Ujung, Surabaya. "Ini juga sebagai bukti galangan kapal dalam negeri juga bisa menciptakan kapal berkualitas. Kami berterimakasih pada PT Palindo Marine dan Citra Shipyard yang sudah mewujudkan kapal TNI AL itu," kata Yusgiantoro.

www.antaranews.com


Tidak ada komentar: