Cari di Blog Ini

Selasa, 09 September 2014

India Pertimbangkan Beli 126 Jet Tempur Eurofighter Typhoon Dari Jerman

126 unit jet tempur Eurofighter Typhoon buatan Jerman dikabarkan akan dibeli oleh India. Pembicaraan tentang rencana pembelian armada jet tempur ini sedang dalam proses negosiasi, menurut media Deutsche Presse-Agentur.

Eurofighter Typhoon. Prokimal Online Kotabumi Lampung Utara
Eurofighter Typhoon.
Para pejabat tinggi negara India dan Jerman sekali lagi menegosiasikan kesepakatan kontrak bernilai jutaan dolar AS untuk pembelian 126 jet tempur Eurofighter Typhoon buatan Jerman kepada India, seperti yang dilaporkan oleh media Deutsche Presse-Agentur, mengutip pernyataan dari Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Sebenarnya pihak India dan Jerman sudah pernah membahas kesepakatan pembelian jet tempur Eurofighter Typhoon. Tapi saat itu India menghentikan kelanjutan pembahasan rencana tersebut pada tahun 2012 dan memilih untuk membeli jet tempur Dassault Rafale yang diproduksi oleh Prancis (baca: 126 jet tempur Rafale akan perkuat militer India). Namun, kesepakatan dengan Prancis ini pun belum tercapai sejauh ini.

Menurut Deutsche Presse-Agentur, kontrak pembelian pesawat tempur ini diperkirakan akan bernilai sekitar US$ 9,8 miliar. Jet tempur Eurofighter Typhoon akan diproduksi oleh Bavaria, sebuah perusahaan yang berbasis Eurofighter GmbH.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier saat ini sedang berada di India. Pejabat negara Jerman ini telah melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj. Menurut Kementerian Luar Negeri India, topik-topik yang sedang dibahas adalah perdagangan, investasi, kerjasama teknologi tinggi dan kolaborasi energi terbarukan.

en.ria.ru