Cari di Blog Ini

Selasa, 20 Maret 2012

Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon adalah pesawat tempur multi-peran dengan mesin jet ganda dan memiliki kemampuan manuver terbang yang sangat lincah dan baik. Jet tempur Eurofighter Typhoon dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan yang merupakan konsorsium beberapa negara Eropa, yaitu Inggris, Jerman, Italia, Spanyol. Kelincahan bermanuver, sudah mengadopsi teknologi stealth, dan sistemnya yang canggih, membuat jet tempur Eurofighter Typhoon bisa disetarakan dengan F-22 Raptor dan Sukhoi Su-35.
Eurofighter Typhoon
Empat negara Eropa yangt bekerja sama mengembangkan pesawat jet tempur multi peran Eurofighter Typhoo adalah Inggris, Jerman, Italia, Spanyol. foreplane delta-sayap, di luar visual-range, udara pesawat tempur erat dengan kemampuan serangan permukaan. Eurofighter telah 'supercruise' kemampuan; dapat terbang pada kecepatan yang berkelanjutan lebih dari Mach 1 tanpa menggunakan afterburner. Pengembangan pesawat telah dilakukan oleh Eurofighter GmbH yang berpangkalan di Munich dan dimiliki sepenuhnya oleh BAE Systems dari Inggris, Alenia Aeronautica Italia dan EADS Deutschland (dahulu DaimlerChrysler) dan EADS Spanyol (dahulu CASA). Pada bulan Januari 2003, Norwegia menandatangani perjanjian untuk partisipasi industri di proyek, tetapi belum berkomitmen untuk pembelian pesawat tempur. Pesawat ini akan tetap beroperasi sampai 2040. Kontrak produksi secara keseluruhan untuk pesawat 620 pada Januari 1998 dengan 232 untuk Inggris, 180 untuk Jerman, 96 untuk Italia dan 87 untuk Spanyol. Jumlah pesawat yang dipesan oleh Angkatan Udara Italia berkurang 121-96 karena perlambatan keuangan global. Eurofighter Typhoon. Negara itu akan menghemat $ 2.6bn. Pada pertengahan 2009, sebanyak 707 pesawat Eurofighter Typhoon telah diperintahkan termasuk 72 untuk Arab Saudi dan 15 untuk Austria. Eurofighter disampaikan pertama empat Topan Eurofighter untuk Angkatan Udara Jerman pada tanggal 16 Desember 2009 menjadi Wing Udara Jagdbombergeschwader 31 Boelcke. Pesawat ini akan digunakan untuk menjalankan udara untuk operasi darat. Pada November 2009, EADS mengumumkan bahwa mereka akan melakukan inspeksi industri ON pesawat dijadwalkan layanan (OASIIS) untuk armada Angkatan Udara Spanyol yang terletak di Pangkalan Udara Moron dekat Seville. Layanan ini akan disediakan sebagai bagian dari kontrak sepuluh tahun € 150m yang meliputi pemeliharaan dan pengadaan bahan habis pakai untuk armadanya. Sebuah pesawat Eurofighter Typhoon disampaikan ke X Gruppo Skuadron Angkatan Udara Italia pada tanggal 14 Juli 2010. Ini adalah Skadron Italia keempat menggunakan Eurofighter untuk partrolling dan menjaga wilayah udara dari Albania. Sebuah niat untuk membeli 24 Topan Eurofighter senilai £ 1.4bn ($ 2.13bn) dikirim oleh Oman ke Inggris pada bulan April 2010. Pesawat ini akan digunakan oleh Royal Air Force nya. Seri produksi pesawat sedang berlangsung di Pesawat Militer EADS (Jerman), BAE Systems, Alenia Aeronautica dan EADS CASA (Spanyol). Empat seri pesawat produksi pertama untuk empat negara peserta mengambil penerbangan perdananya pada bulan Februari 2003 dan Eurofighter Typhoon mendapat penerimaan jenis pada 30 Juni 2003.

Eurofighter Typhoon (Foto 2)

Eurofighter Typhoon (Foto 3)

Eurofighter Typhoon (Foto 4)

Eurofighter Typhoon (Foto 5)

Galeri wallpaper foto Eurofighter Typhoon :
Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur multi peran delta-canard bermesin ganda super lincah, dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983. Dalam rancangan dia menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, Dassault Rafale Perancis dan Saab JAS-39 Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern dia dipandang luas sebagai pesawat tempur hebat.

Pada 1979 BAE Inggris dan MBB Jerman membuat proposal European Combat Fighter. Pada Oktober 1979 Dassault Perancis bergabung dan studi tiga negara ini dinamakan European Combat Aircraft (ECA) , pada saat ini nama Eurofighter pertama kali digunakan. Pada 1981 Proyek ini berakhir karena beberapa hal, Perancis memaksa untuk menjadi pemimpin pada proyek ini. Inggris menginginkan mesin RB199 yang digunakan sedangkan Perancis lebih menyukai Snecma M88.

Kemudian tiga perusahaan yang bermitra membuat Tornado dalam Panavia yaitu BAE, MBB, dan Aeritalia meluncurkan program Agile Combat Aircraft (ACA), pada April 1982. Program ini menghasilkan pesawat demostrator ACA yaitu Experimental Aircraft Programme (EAP) pada 1983.

Pada 1983 Inggris, Perancis, Jerman, Itali dan Spanyol meluncurkan program Future European Fighter Aircraft (FEFA). Pesawat ini memiliki kemampuan take Off dan landing dengan jarak pendek (STOL) dan perang diluar jangkauan mata (beyond visual range, (BVR)). Pada 1984 Perancis memasukan kebutuhannya akan versi kapal induk dan menginginkan posisi sebagai pemimpin dalam program ini. Inggris , Jerman Barat dan Itali memilih untuk keluar dari program dan memulai program EFA baru.

Di Turin pada 2 Agustus 1985, Itali, Jerman Barat, dan Inggris setuju untuk melanjutkan program jet tempur Eurofighter Typhoon. Pengumuman ini mengkonfirmasi bahwa Perancis dan Spanyol memilih untuk tidak menjadi anggota proyek. Dikemudian hari dengan tidak memedulikan desakan dari Perancis, Spanyol bergabung kembali pada September 1985. Perancis secara resmi mengundurkan diri dari Proyek Eurofighter dan melanjutkan proyeknya sendiri yang dikemudian hari menjadi Dassault Mirage 2000.

Pada tahun 1986 EAP terbang untuk pertama kalinya, pekerjaan mendesain dalam 5 tahun kedepan menggunakan data dari EAP. Pembelian awal adalah: Inggris 250 pesawat, Jerman 250, Itali 165, dan Spanyol 100. Prosentase bagian produksi mengikuti jumlah pembelian - British Aerospace (33%), Daimler-Benz (33%), Aeritalia (21%), dan Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) (13%). Pada 1986 juga didirikan Eurofighter Jagdflugzeug GmbH untuk mengatur proyek ini dan EuroJet Turbo GmbH, aliansi dari Rolls-Royce, MTU Aero Engines, FiatAvio (sekarang Avio), and ITP untuk mengembangkan mesin EJ200.

Dalam pengembangan banyak sekali pertentangan, misalnya pada 1990 terjadi perdebatan besar dalam pemilihan radar, Inggris, Spanyol, dan Itali menginginkan ECR-90 (Ferranti Defence Systems) sedangkan Jerman menginginkan memakai radar MDS2000 (Hughes, GEC-Marconi, AEG). Polemik berakhir setelah Inggris menggaransi bahwa GEC boleh membeli Ferranti Defence Systems, sehingga membuat GEC tidak lagi mendukung pengembangan MDS2000.

Akhirnya Peter Weger kepala tes pilot Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB) dapat menerbangkan prototipe pesawat ini (kemudian dikenal sebagai Eurofighter EF 2000) pada 27 Maret 1994 di Bavaria setelah ditahun 90-an kita melihat pertentangan-pertentangan hebat dalam pembangunan pesawat ini. Pertentangan itu meliputi banyak hal, contohnya adalah masalah pembagian pekerjaan, spesifikasi pesawat dan bahkan partisipasi tiap negara dalam proyek ini.

Ketika kontrak produksi final ditandatangani pada 1997, pembelian total adalah sebagai berikut: Inggris 232, Jerman 180, Itali 121, and Spanyol 87. Produksi kemudian juga dialokasikan menurut jumlah pembelian: British Aerospace (37%), DASA (29%), Aeritalia (19.5%), dan CASA (14%).

Spesifikasi Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Karakteristik Umum :
  • Kru : 1 (pesawat operasional) dan 2 (pesawat latih)
  • Panjang : 15,96 m
  • Lebar sayap : 10,95 m
  • Tinggi : 5,28 m
  • Luas area sayap : 51,2 m²
  • Berat kosong : 11.150 kg
  • Berat isi : 16.000 kg
  • Berat maksimum lepas landas : 23.500 kg
  • Mesin penggerak : 2 unit Eurojet EJ200
  • Kapasitas bahan bakar : 4.500 kg
Kinerja :
  • Kecepatan maksimum : Mach 2 (2.495 km/jam)
  • Jangkauan : 2.900 km
  • Radius tempur : 1.389 km
  • Jangkauan terjauh : 3.790 km
  • Batas tinggi penerbangan : 19.812 m
  • Laju panjat : 315 m/detik
  • Daya angkat sayap : 312 kg/m²
  • Gaya berat : 1.15
  • g-limit : +9/−3 g
Persenjataan :
  • Cannon: 1 unit Mauser BK-27 kaliber 27 mm dengan 150 putaran
  • Rudal :
    Udara-ke-Udara : AIM-9 Sidewinder, AIM-132 ASRAAM, AIM-120 AMRAAM, IRIS-T, MBDA Meteor
    Udara-ke-Permukaan : AGM-65 Maverick, AGM-88 HARM Storm Shadow (AKA Scalp EG), Brimstone, Taurus KEPD 350, Penguin, AGM Armiger
  • Bom : 6 unit 500lb Paveway IV, Paveway II/III/Enhanced Paveway, Joint Direct Attack Munition (JDAM), HOPE/HOSBO
Avionik :
  • Euroradar CAPTOR
  • Passive Infra-Red Airborne Tracking Equipment (PIRATE)
wikipedia.org

Video Jet Tempur Eurofighter Typhoon
Video manuver pesawat jet tempur Eurofighter Typhoon.