Cari di Blog Ini

Senin, 23 April 2012

Iran berhasil kuasai teknologi dan kode rahasia pesawat UAV RQ-170 Sentinel

RQ-170 Sentinel
Iran Mulai Tiru Pesawat Tak Berawak AS

Jenderal Amir Ali Hajizadeh, kepala divisi kedirgantaraan Pengawal Revolusi Iran mengatakan kepada kantor-kantor berita Iran bahwa para ahli juga memperoleh data dari pesawat tak berawak RQ-170 Sentinel itu, hari Minggu (22/4). Pesawat itu dikuasai oleh Iran bulan Desember lalu di Iran timur.

Para pejabat Amerika telah mengakui kehilangan pesawat pengintai itu. Mereka mengatakan Iran akan kesulitan memanfaatkan data dan teknologi dalam pesawat itu karena Amerika telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi nilai intelijen dalam pesawat-pesawat tak berawak yang beroperasi di atas wilayah musuh.

Hajizadeh mengatakan pesawat mata-mata itu sekarang tidak memiliki rahasia lagi, karena semua kode rahasia dalam pesawat tersebut telah terpecahkan. Termasuk diantaranya informasi mengenai sejarah 'perjalanan' pesawat tak berawak itu.

Menurut Hajizadeh, informasi dalam pesawat tersebut mengindikasikan pesawat itu telah terbang di atas tempat persembunyian pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden dua minggu sebelum dia dibunuh.

www.voaindonesia.com