Cari di Blog Ini

Minggu, 22 April 2012

Jet latih tempur Yakovlev Yak-130 Mitten

Yakovlev Yak-130 adalah jet latih tempur yang dapat dapat mensimulasikan taktik pesawat tempur yang berbeda. Pesawat jet latih tempur Yakovlev Yak-130 dikembangkan dan diproduksi oleh Yakovlev (Rusia) dan Aermacchi (Italia). Ada satu centreline hardpoint pesawat dan jumlah cantelan sayap untuk suspensi muatan senjata telah meningkat menjadi delapan dengan enam underwing dan dua titik ujung sayap, meningkatkan berat muatan tempur untuk 3.000 kg. Pesawat ini dapat membawa senjata, tangki bahan bakar dihentikan, polong pengintai dan berbagai polong peperangan elektronik termasuk radar jammers dan penanggulangan inframerah.
Yakovlev Yak-130 (Foto 1)
Arsitektur rangkaian avionik terbuka diinstal pada Yakovlev Yak-130 memungkinkan berbagai sistem senjata barat dan peluru kendali untuk diintegrasikan termasuk Sidewinder AIM-9l, Magic 2 dan RUPS-65 Maverick. Senjata cocok termasuk Vikhr dipandu laser rudal, R-73 inframerah yang dipandu udara-ke-udara rudal (NATO sebutan AA-11 Archer) dan Kh-25 ML (NATO penunjukan AS-10 Karen) udara-ke-permukaan Laser dipandu rudal. Sebuah Platan elektro-optik polong bimbingan yang dipasang di bawah pesawat untuk penyebaran bom KAB-500Kr dipandu. Pesawat ini dilengkapi dengan meriam 30mm GSH-301 atau meriam GSH-23 berbentuk polong dipasang di bawah pesawat. Hal ini juga dapat menyebarkan terarah B-8M dan B-18 roket, bom 250kg dan 50kg dan bom cluster. Yakovlev Yak-130 dilengkapi dengan 8GHz untuk 12.5GHz Osa atau Oca (Wasp) radar yang dikembangkan oleh NIIP Zhukovsky. Radar memiliki kapasitas untuk melacak delapan target udara secara bersamaan, secara bersamaan terlibat empat target di semua sudut dan sekaligus melacak dua target darat. Jangkauan deteksi terhadap 5m ² target penampang adalah 40km ke arah belakang dan 85km ke arah depan. Kunci-on jangkauan untuk operasi dalam modus pelacakan otomatis adalah 65km. Radar, yang memiliki bentuk gelombang adaptif dan sidelobes, memiliki mode permukaan pemetaan yang mencakup gambar pembekuan dan zooming pada bidang yang diminati. Sebuah fit radar alternatif adalah Kopyo (Tombak) radar. Pesawat ini juga dapat dilengkapi dengan Platan berbentuk polong (Palm Tree) pencari infra merah dan sistem jalur penargetan. Pesawat ini memiliki rasio daya dorong-ke-berat tinggi sekitar 0,85. Demonstran ini didukung oleh dua mesin turbofan Povazske Slovakia Strojarne DV-2SM, masing-masing peringkat 2.200 dorong kg. Produksi pesawat dilengkapi dengan dua kuat tinggi ekonomi AI-222-25 mesin turbofan, masing-masing peringkat 2.500 kg didorong dan dikembangkan di bawah program Rusia dan Ukraina dengan motor sich, Zaporozh'e Kemajuan Biro Desain dan Moskow Salyut Bermotor Perusahaan Gedung Produksi . Varian ekspor Yak-130 dapat dipasang dengan mesin DV-2SM. Tank-tank bahan bakar internal, yang terdiri dari dua tangki sayap pesawat dan tangki pusat, membawa sampai 1.750 kg bahan bakar. Dengan dua tangki bahan bakar ditangguhkan (masing-masing 450l) beban bahan bakar total maksimum sebesar 2.650 kg. Pesawat ini dilengkapi dengan titik tekanan atau pengisian bahan bakar gravitasi opsional. Pesawat ini dapat dipasang dengan probe pengisian bahan bakar dalam penerbangan. Varian ekspor Yakovlev Yak-130 dapat dipasang dengan mesin DV-2SM. Sesuai dengan kebutuhan negara pelanggan, pesawat dapat dipasang dengan probe pengisian bahan bakar dalam penerbangan.

Yakovlev Yak-130 (Foto 2)

Yakovlev Yak-130 (Foto 3)

Yakovlev Yak-130 (Foto 4)

Yakovlev Yak-130 (Foto 5)

Galeri Wallpaper Foto Jet Latih Tempur Yakovlev Yak-130 :
Yakovlev Yak-130 adalah sebuah pesawat jet latih buatan Rusia yang terbang pertama kali pada 26 April 1996 oleh A. Sinitsyn. Yakovlev (Rusia) dan Aermacchi (Italia) bekerjasama mengembangkan Yak-130. Setelah kedua rekan ini tidak mampu mengatasi beberapa perbedaan, masing-masing mengembangkan pesawatnya dengan memakai desain dasar pesawat yang sama. Versi Aermacchi adalah Aermacchi M-346.

Varian
  • Yak-130/Aermacchi - prototipe latih.
  • Yak-130-01 - Russian-Italian joint training and combat fighter. 90% menjelma menjadi Yak-130. Avionik oleh "Elektroavtomatika", SPB, Russia. Produksi by "Sokol". Penerbangan pertama dilakukan pada kuarter ke IV 2003.
Spesifikasi Jet Latih Tempur Yakovlev Yak-130

Karakteristik umum
  • Kru : 2
  • Panjang : 11,49 m
  • Lebar sayap : 9,72 m
  • Tinggi : 4,76 m
  • Luas sayap : 23,52 m²
  • Bobot kosong : 4.600 kg
  • Bobot terisi : 6.350 kg
  • Bobot maksimum lepas landas : 6.500 kg
  • Mesin : 2 unit Klimov RD-35 turbofan, masing berdaya dorong 21,58 kN
Kinerja
  • Kecepatan maksimum : 1.037 km/jam (644 mph)
  • Kecepatan jelajah : 887 km/jam (551 mph)
  • Kecepatan stall: 165 km/jam (103 mph)
  • Jarak jangkau : 2.546 km
  • Batas maksimum ketinggian penerbangan : 13.000 m
  • Laju panjat : 50 m/detik
  • Beban sayap : 276,4 kg/m²
  • Dorongan/berat : 0,68
Persenjataan
Senjata 9 cantelan untuk beragam senjata Rusia untuk udara ke udara (jarak pendek dan menengah) dan bom (tanpa kendali)

Wikipedia.org

Video Jet Latih Tempur Yakovlev Yak-130 :

Video manuver pesawat jet latih tempur Yakovlev Yak-130.