Cari di Blog Ini

Minggu, 01 April 2012

Kapal selam nuklir India akan mulai berpatroli tahun ini

INS Arihant
INS Arihant
| PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. Kapal selam nuklir India akan mulai berpatroli tahun ini
India Segera Operasikan Dua Kapal Selam Nuklir

| PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. Guna mendorong kemampuan militer bawah lautnya, India dalam dekat akan mengoperasikan kapal selam terbaru buatan Rusia dengan bertenaga nuklir, Nerpa. Uji coba ditetapkan pada minggu pertama bulan April. Nerpa, yang juga akan disebut Chakra INS ini, dijadwalkan tiba di pangkalan atas Visakhapatnam pada minggu pertama bulan April dan secara resmi akan dioperaikan dalam Angkatan Laut India oleh Menteri Pertahanan AK Antony pada 5 April mendatang. Demikian kata pejabat Kementerian Pertahanan India pada AFP, Senin (19/3). Kapal selam itu akan disewa pemerintah India selama sepuluh tahun dengan nilai lebih dari 920 juta dolar Amerika, kata mereka. Dengan bergabungnya Chakra INS pada armada angkatan laut India, maka untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade, Angkatan Laut India akan memiliki kapal selam serang bertenaga nuklir. Hal ini juga akan menjadikan India satu dari enam negara elit pengoperasi kapal selam nuklir. India sendiri kini terus mengembangkan teknologi kapal selam nuklir dari kelas Arihant. Tiga kapal selam pertama India, INS Arihant, baru-baru ini telah diujicobakan dan akan memulai berpatroli akhir tahun ini. Bukan hanya itu, India kini juga telah memiliki missil bertenaga nuklir seri Agni, Prithvi, rudal Dhanush, dan kapal selam Sagarika.
India dalam waktu dekat akan mengoperasikan dua kapal selam bertenaga nuklir setelah INS Arihant, kapal selam nuklir buatan asli India, resmi dioperasikan. Demikian ditegaskan Kepala Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) VK Saraswat, Sabtu (31/3/2012). "INS Arihant sudah memasuki tahap lanjut. Kapal selam ini akan siap dioperasikan dalam beberapa bulan mendatang," tutur Saraswat, seperti dikutip harian The Economic Times di India.

Selain Arihant, India juga akan mengoperasikan Nerpa, kapal selam nuklir kelas Akula II dari Rusia yang disewa India selama 10 tahun. Kapal Rusia tersebut akan diberi nama INS Chakra.

Saraswat juga mengatakan, pihaknya telah menguji coba rudal Sagarika K-15 yang nantinya akan melengkapi persenjataan INS Arihant. Lebih dari 10 uji tembak rudal tersebut telah dilakukan di Teluk Bengala. Rudal tersebut memiliki jarak tembak 700 kilometer dan mampu membawa hulu ledak seberat 1.000 kilogram.

internasional.kompas.com


Tidak ada komentar: